Kapan Waktu Tepat Menggunakan Sabun Sirih?

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 24, 2019 Waktu baca: 2 menit
Kapan Waktu Tepat Menggunakan Sabun Sirih?

Membuat area kewanitaan segar dan kesat menjadi tugas para wanita agar bisa merasa percaya diri saat berhubungan badan dengan pasangan. Memang tidak bisa di pungkiri bahwa vagina memiliki aroma khas yang mungkin bisa menimbulkan pasangan kurang nyaman. 

Oleh karena itu banyak para wanita yang menggunakan produk kewanitaan untuk menghilangkan bau tidak sedap dari vagina itu sendiri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Salah satu produk yang paling banyak digunakan oleh wanita yaitu penggunaan sabun sirih untuk memberikan rasa segar pada area kewanitaan. 

Akan tetapi Anda harus mengetahui satu hal penting yang tidak boleh Anda abaikan, yaitu bahwa vagina mampu membersihkan dirinya sendiri, sehingga menggunakan produk kewanitaan yang belum jelas keamanannya tidak dianjurkan untuk digunakan.

Sirih memiliki kandungan antibakteri yang dapat mencegah infeksi. Akan tetapi penggunaan sabun sirih setiap hari tidak dianjurkan. Sedangkan penggunaan sabun sirih harus sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan agar tidak berpengaruh pada kesehatan vagina Anda. 

Berikut ini waktu yang tepat untuk menggunakan sabun sirih, yaitu:

Gunakan sabun sirih pada saat keputihan

Pada saat vagina mengalami keputihan, wanita tidak hanya kehilangan rasa nyamannya saja, akan tetapi bau yang ditimbulkan oleh vagina terkadang membuat wanita tidak percaya diri. 

Sedangkan keputihan yang normal biasanya tidak akan menimbulkan bau yang menyengat. Anda diperbolehkan menggunakan sabun sirih pada saat Anda keputihan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Jika Anda tidak sedang mengalami keputihan, ada baiknya jika Anda tidak menggunakan sabun sirih. Apabila Anda ingin melakukan perawatan pada vagina, cukup dengan mencucinya menggunakan air hangat.

Gunakan sabun sirih di saat vagina terasa gatal

Rasa gatal pada vagina yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama dapat meninggalkan rasa nyaman pada wanita. Terlebih lagi untuk wanita yang sering kali melakukan aktivitas di luar rumah, tentu saja tidak mungkin bila harus menggaruk-garuk vagina di tempat umum secara terus menerus. 

 Sedangkan rasa gatal bisa disebabkan karena banyak faktor, salah satunya kurangnya kebersihan.

Apabila Anda sudah menjaga kebersihan vagina namun tetap terasa gatal pada area kewanitaan Anda, cobalah menggunakan sabun sirih. Akan tetapi untuk penggunaan sabun sirih hanya diperbolehkan digunakan pada area luar saja. 

Jangan menggunakan sabun sirih pada area dalam, karena hal ini justru akan menimbulkan bakteri pada vagina.

Gunakan sabun sirih saat Anda sedang menstruasi

Saat menstruasi, vagina memang cenderung memiliki aroma yang amis dan tidak sedap. Jika hal ini menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi Anda, maka Anda bisa menggunakan sabun sirih untuk mencuci vagina. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Dengan sabun sirih itulah yang akan membantu Anda menghilangkan aroma amis dari vagina dan memberikan kesegaran pada area vagina Anda.

Sama seperti penggunaan sabun sirih saat vagina Anda merasa gatal atau keputihan, bahwa sabun sirih tidak boleh digunakan di dalam area dalam vagina. Karena hal ini dapat menimbulkan iritasi pada vagina. Cukup gunakan sabun sirih di area luar vagina saja.

Anda diperbolehkan untuk menggunakan sabun sirih apabila Anda mengalami ke 3 kondisi seperti yang ada di atas. Akan tetapi apabila Anda memiliki kondisi vagina yang normal, Anda tidak perlu menggunakan sabun sirih. 

Apabila Anda ingin membersihkan area organ intim Anda, cukup dengan menggunakan air biasa saja. Bersihkan vagina dengan arah yang benar, yaitu dari depan ke belakang. 

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Feminine hygiene products: Are they safe?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325360.php#1)
The 10 Best Vagina Soaps - Vulvar Cleansers, According To Ob-Gyns. Women's Health. (https://www.womenshealthmag.com/health/g27614313/vagina-soap/)
5 Vagina-Friendly Cleansing Products That Gynecologists Don’t Hate. Healthline. (https://www.healthline.com/health/womens-health/vulva-vagina-products#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app