Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Jenius! 13 Cara Alami Mengatasi Gigitan Serangga

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.066.244 orang

Jenius! 13 Cara Alami Mengatasi Gigitan Serangga

Meski terlihat sepele, gigitan serangga bisa menimbulkan reaksi alergi yang berbahaya. Rasa gatal yang Anda rasakan bisa segera reda jika reaksinya hilang. Namun jika sudah menimbulkan ruam, sebaiknya lakukan penanganan secepatnya.

Tidak perlu menggunakan obat di apotek, karena Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara alami. Untuk mendapatkan bahan alami sangat mudah, karena tersedia di sekitar Anda. Pengolahannya pun cepat dan tidak ribet. Serangan serangga bisa hilang dengan segera.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh bersifat antibakteri sehingga bisa mencegah infeksi akibat gigitan serangga. Menurut penelitian para dokter, khasiat minyak alami ini juga mampu mengurangi rasa gatal, nyeri, serta bengkak. Jangan menggaruk jika mengalami gigitan serangga supaya tidak menyebabkan luka terbuka.

2. Madu

Madu merupakan bahan alami yang dipercaya dapat mengurangi rasa gatal. Selain itu, madu juga bersifat antiinflamasi. Meski agak sedikit lengket, dengan mengoleskan madu bisa membuat gatal dan bengkak segera reda.

3. Minyak Lavender

Hanya membutuhkan satu atau dua tetes minyak lavender, bisa mengurangi rasa gatal. Ada beberapa produk minyak lavender yang bersifat asam. Jadi sangat disarankan mencobanya dulu untuk mengetahui reaksi terhadap kulit.

4. Susu dan Air

Kandungan protein yang ada pada susu memberikan efek menenangkan dan meringankan rasa gatal. Cara membuat ramuan alami ini cukup mudah. Campurkan susu dengan air secukupnya. Kemudian celupkan kapas dan oleskan pada  bagian tubuh yang terkena gigitan serangga. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara teratur hingga gatal mereda.

5. Jus Lemon

Buah Lemon bersifat antibakteri sehingga bisa meredakan rasa gatal secepatnya. Saat pemakaian, sebaiknya hindari sengatan matahari langsung agar kulit tidak terbakar.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bekerja tiga kali lipat dalam mengatasi masalah gigitan serangga. Tidak hanya meredakan gatal, tetapi juga memberi efek menenangkan. Selain itu, bahan alami ini juga melindungi kulit dari serangan bakteri. Oleskan minyak kelapa pada bagian yang terkena gigitan. Hasilnya bisa Anda rasakan secepatnya.

7. Pasta Gigi

Kandungan mentol atau peppermint pada pasta gigi, mampu meredakan rasa gatal karena serangga. Selain itu, pasta gigi juga bersifat astringen yang bisa membantu mencegah pembengkakan.  

8. Daun Kemangi

Manfaat daun kemangi tidak sekedar sebagai bahan dapur saja, tapi juga bisa meredakan gatal. Sensasi dingin membuat kulit Anda merasa lebih tenang. Untuk mengaplikasikan bahan alami tersebut sangat mudah. Haluskan daun kemangi secukupnya lalu oleskan pada bagian yang terkena gigitan serangga.

9. Cuka Sari Apel

Kandungan asam yang terdapat pada bahan alami yang satu ini cukup rendah. Cuka sari apel bermanfaat untuk meredakan rasa gatal. Pemakaiannya bisa dengan dioles atau dicampurkan kedalam air hangat untuk berendam. Kinerja sari apel jauh lebih efektif jika diaplikasikan secara teratur.

10.Es Batu

Mengompres menggunakan es batu bisa menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi rasa gatal. Cara yang cukup sederhana ini bisa Anda praktikkan dan tidak menimbulkan efek samping.

11.Kantong Teh

Kantong teh yang sudah tak terpakai bisa membantu Anda meredakan rasa gatal karena serangga. Caranya cukup sederhana. Dinginkan kantong teh lalu oleskan pada bagian yang terasa gatal. Lambat laun rasa gatal akan segera hilang.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

12.Kortison

Kortison memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menekan rasa gatal serta bengkak. Produk ini tersedia di toko obat dalam kemasan siap pakai.

13.Garam

Melarutkan garam kedalam air, bisa menjadi salep alami untuk menyembuhkan gatal-gatal. Kandungan alaminya bekerja secara maksimal sehingga gigitan serangga bisa diredakan.

Ketigabelas cara alami yang disebutkan diatas, bisa membantu mengatasi gigitan serangga. Kelebihan bahan-bahan tersebut adalah terbuat dari ekstrak alami sehingga tidak berbahaya bagi tubuh. Anak-anak hingga dewasa aman menggunakan cara diatas.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit