Isopropyl Myristate​: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Dipublish tanggal: Jan 8, 2021 Update terakhir: Jan 8, 2021 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Isopropyl Myristate adalah salah satu bahan kandungan minyak sintetis yang umumnya banyak ditemukan pada produk kosmetik atau produk perawatan kulit
  • Isopropyl Myristate bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan kotoran ataupun bakteri serta membantu menjaga kelembapan kulit
  • Penggunaan produk pelembap yang mengandung Isopropyl Myristate bisa digunakan oleh pemilik jenis kulit normal, kulit kering, hingga kulit bersisik
  • Salah satu efek samping pemakaian produk yang mengandung Isopropyl Myristate adalah timbulnya iritasi kulit sehingga harus digunakan hati-hati
  • Hindari penggunaan Isopropyl Myristate pada pemilik kulit berjerawat, kulit sensitif atau orang yang memiliki gangguan kulit seperti rosacea
  • Beberapa produk yang memiliki kandungan Isopropyl Myristate antara lain Bio Oil, Vaseline Lotion, dan Wardah Body Scrub
  • Klik untuk mendapatkan produk kandungan Isopropyl Myristate atau produk perawatan kecantikan lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Isopropyl Myristate merupakan salah satu bahan kandungan minyak sintetis yang umumnya banyak ditemukan pada produk kosmetik atau produk perawatan kulit. 

Isopropyl Myristate dikenal sebagai emolien yang bermanfaat untuk melindungi kulit dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, Isopropyl Myristate juga dapat bertindak sebagai agen pengental dan pelumas pada produk kecantikan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penggunaan Isopropyl Myristate pada produk perawatan kulit juga bisa bertindak untuk meningkatkan penetrasi bahan lain serta mengentalkan formula atau tekstur produk menjadi lebih lembut tanpa membuatnya terasa berminyak. 

Secara umum, penggunaan Isopropyl Myristate sebagai pelembap bisa digunakan oleh siapa saja, termasuk pengguna dengan jenis kulit normal hingga kering.

Isopropyl Myristate yang terdiri dari isopropil alkohol dan asam miristat merupakan asam lemak alami yang cukup popular dalam beragam produk kosmetik, seperti pada produk lotion, krim pelembap, serta produk perawatan kulit.

Beberapa produk yang memiliki kandungan Isopropyl Myristate antara lain Bio Oil, Vaseline Lotion, dan Wardah Body Scrub. Penggunaan produk kosmetik yang mengandung Isopropyl Myristate ini tergolong aman jika digunakan dalam pemakaian wajar.

Mengenai Isopropyl Myristate

Golongan

Produk perawatan kecantikan

Kemasan

Lotion, krim pelembap, dan produk perawatan kulit

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kandungan

Isopropyl Myristate

Manfaat Isopropyl Myristate

Manfaat Isopropyl Myristate pada produk perawatan kecantikan antara lain:

  • Sebagai emolien yang menjaga kelembapan kulit

Isopropyl Myristate dikenal sebagai emolien yang berfungsi untuk membantu melembutkan dan menghaluskan kulit serta melembapkan kulit yang kering. Maka dari itu, produk yang mengandung Isopropyl Myristate cocok untuk digunakan terutama oleh pemilik kulit kering atau kulit bersisik. 

  • Meningkatkan penetrasi bahan kandungan lainnya

Produk yang mengandung Isopropyl Myristate juga diperkirakan mampu mengubah struktur lapisan kulit paling luar (stratum corneum) untuk lebih mudah menerima dan menyerap bahan aktif dari produk perawatan kecantikan lainnya sehingga bisa memberikan hasil yang lebih efektif pada kulit.

  • Mengentalkan formula sehingga tekstur menjadi lebih padat

Produk yang memiliki kandungan Isopropyl Myristate di dalamnya cenderung memiliki tekstur yang lebih padat. Selain itu, penggunaan Isopropyl Myristate juga akan meningkatkan tekstur keseluruhan dari produk yang berbahan dasar minyak sehingga menjadi lebih lembut tanpa terasa berminyak.

  • Membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit

Kandungan Isopropyl Myristate pada produk perawatan kulit juga dikenal ampuh dalam menjaga lapisan kulit luar agar tetap kuat dan lembut serta membatasi paparan kulit dari alergen maupun bakteri. Karena Isopropyl Myristate dapat mengisi celah yang ada antara sel-sel kulit sehingga kelembapan kulit tetap terjaga dengan baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dosis Isopropyl Myristate

Produk perawatan kulit yang mengandung Isopropyl Myristate tersedia secara bebas di pasaran dalam berbagai jenis produk dan formula. 

Meski tergolong aman digunakan, tetapi produk dengan kandungan Isopropyl Myristate tetap harus digunakan secara hati-hati.

Untuk dosis dan cara penggunaan produk Isopropyl Myristate sebaiknya mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan produk. Umumnya dapat digunakan 1-2 kali sehari pada permukaan kulit. 

Efek samping Isopropyl Myristate 

Salah satu gejala efek samping juga mungkin terjadi setelah menggunakan produk yang mengandung Isopropyl Myristate adalah timbulnya iritasi kulit. Oleh karenanya, pemilik kulit sensitif atau orang yang memiliki gangguan kulit seperti rosacea tidak disarankan menggunakan produk Isopropyl Myristate.

Selain itu, salah satu kelemahan lain dari bahan Isopropyl Myristate adalah menyumbat pori-pori kulit. Oleh karena itu, orang yang memiliki kulit berjerawat sebaiknya menghindari penggunaan produk dengan kandungan Isopropyl Myristate ini.

Untuk mencegah terjadinya efek samping di atas, Anda wajib memperhatikan bahan yang terkandung dalam produk perawatan yang digunakan. Jika ingin menggunakan produk yang mengandung Isopropyl Myristate, ikuti aturan pakai yang terdapat di label produk. Bila memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Interaksi obat

Penggunaan produk kosmetik atau produk perawatan kecantikan yang mengandung Isopropyl Myristate hanya digunakan pada pemakaian luar. Ada baiknya pula untuk menghindari penggunaan produk dengan bahan aktif kuat lain seperti retinoid dan asam untuk mencegah terjadinya interaksi penggunaan. 

Perhatian

  • Hindari penggunaan Isopropyl Myristate jika memiliki hipersensitivitas atau alergi terhadap kandungan tersebut
  • Hindari penggunaan Isopropyl Myristate jika Anda memiliki jenis kulit berjerawat atau rentan mengalami jerawat
  • Pemilik kulit sensitif atau orang yang memiliki gangguan kulit seperti rosacea juga tidak disarankan menggunakan produk Isopropyl Myristate
  • Produk Isopropyl Myristate dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan menyumbat pori-pori kulit

Artikel terkait:


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app