Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Inilah Terapi Efektif Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 965.307 orang

Inilah Terapi Efektif Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Merokok kini menjadi kebiasaan setiap orang tanpa kenal usia. Baik anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua sebagian besar memiliki kebiasaan merokok. Padahal, kebiasaan merokok berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan entah perokok aktif maupun perokok pasif. 

Salah satu alasan mengapa sebagian besar orang mengalami kesulitan berhenti merokok adalah kandungan zat adiktif berupa nikotin. Ya, nikotin inilah yang menjadikan setiap perokok merasa nyaman saat merokok.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun, tahukah Anda bahwa kadar nikotin ini mampu mengatur tingkat ketergantungan pada tubuh perokok? Jadi, ketika merokok, tubuh akan membentuk kebutuhan akan nikotin. Sampai akhirnya, tubuh memiliki ukuran sendiri berapa banyak nikotin yang harus Anda hisap setiap hari. 

Inilah yang menjadikan alasan mengapa perokok itu sendiri mengalami kesulitan ketika hendak berhenti merokok.

Bahkan, ketika berniat mengurangi batang rokok sering goyah karena godaan untuk kembali merokok disertai dengan gejala fisik. Diantaranya, tubuh berkeringat, perut mual, kesemutan, sakit kepala, batuk, hingga sakit tenggorokan. Akhirnya, merokok pun kembali dilakukan supaya ketenangan tubuhnya kembali diperoleh.

Akan tetapi, bukan berarti tidak ada cara efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok. Sebab, selalu ada inovasi baru untuk membantu masyarakat dengan ketergantungan nikotinnya. Berikut ini adalah terapi berhenti merokok yang patut Anda coba! Penasaran?

Hipnosis

Tentu Anda sudah tidak asing dengan hipnosis atau hipnoterapi. Ya, hipnosis merupakan salah satu tahapan dari hipnoterapi. Pada tahapan hipnosis ini, pasien (perokok) akan dibantu untuk berhenti merokok dengan sugesti-sugesti positif untuk mengubah persepsi alam bawah sadarnya. 

Tentu, tingkat keberhasilan hipnosis ini akan dipengaruhi oleh motivasi dari pasien. Apabila pasien tersebut memang berniat berhenti merokok dan bersedia menjalani hipnosis, maka tingkat keberhasilannya pun tinggi. Begitupula sebaliknya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bagaimana kinerja dari hipnosis ini? Dalam sesi hipnosis ini, terapis akan mencoba membantu menenangkan pikiran Anda. Caranya, dengan masuk ke alam bawah sadar dan menemukan mengapa Anda memiliki kebiasaan merokok. Tentu, pemicu sehari-hari yang belum Anda sadar. 

Misalnya, Anda memiliki kebiasaan merokok sambil membaca koran. Maka, dengan hipnoterapi, akan mematahkan kebiasaan merokok saat membaca koran dan diganti dengan kebiasaan lain yang lebih sehat.

Akupuntur

Teknik akupuntur ini merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari Cina. Pada kasus membantu perokok supaya berhenti melakukan kebiasaannya, maka perokok akan distimulasi supaya gejala yang memicu kebiasaan merokok dapat berkurang. 

Jarum akan ditusuk pada beberapa titik tertentu yang merupakan kelemahan fisik pasien. Untuk hasil lebih efektif, teknik akupuntur dapat dibantu dengan terapi laser. Berikan pula pasien edukasi mengenai keseimbangan tubuh dan panduan untuk berhenti merokok secara perlahan.

Meditasi

Meski terbilang meragukan, ternyata meditasi cukup efektif untuk membantu seseorang memperoleh kenyamanan sehingga tidak perlu lagi merokok untuk hilangkan stress. Bagaimana caranya? Pilihlah posisi duduk yang nyaman, kemudian hirup dan keluarkan udara melalui hidung

Ketika pikiran berkelana, cobalah untuk fokus lagi. Jika perlu, fokuslah pada ritme pernapasan Anda. Lakukan meditasi ini selama 5 menit sehari dan rasakan manfaatnya!

Pertanyaannya adalah, apakah ketiga cara di atas cukup efektif hentikan kebiasaan merokok? Menurut Amit Sood, MD, seorang pimpinan riset pada program pengobatan komplementer dan integratif Mayo Clinic, merokok merupakan salah satu masalah serius, maka harus ditangani ketika menghadapi penyakit kronis

Artinya, pengobatan alternatif saja belum cukup tanpa dibarengi dengan pengobatan lainnya. Jadi, marilah kita sama-sama support orang-orang sekitar yang berniat berhenti merokok ya!

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit