Inilah 3 Cara Menghitung Jumlah Kalori Yang Sebenarnya pada Kemasan Snack

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Kenaikan berat badan pada tubuh, dipicu oleh makanan yang Anda konsumsi sehari-hari akibat jumlah kalori berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Anda dapat mengendalikan berat badan tubuh ataupun melakukan diet untuk menurunkan berat badan dengan cara menghitung kalori makan yang akan Anda konsumsi. Selain itu, Anda juga dapat melakukannya dengan melihat label nilai gizi pada kemasan sebelum Anda mengkonsumsinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Biasanya, Anda dapat melihatnya dengan mudah di kemasan makanan kemasan atau makanan ringan. Umumnya, takaran yang tertulis mengandung kalori yang rendah. Tetapi, kenyataannya tidak seperti itu. Berikut cara menghitung kalori di label kemasan makanan ringan atau snack.

Menghitung kalori makanan pada kemasan

Apakah Anda termasuk orang yang suka memperhatikan label makanan saat membeli snack atau makanan ringan kemasan produk? Biasanya, di label tersebut tertera jumlah-jumlah kalori yang dihasilkan dari setiap komposisi atau kandungan gizi lainnya yang ada di dalam kemasan.

Jika Ya, Anda mungkin akan membeli makanan yang jumlah kalorinya rendah, apalagi jika sedang menjalankan diet ketat. Namun, Anda sebaiknya tidak langsung percaya dengan tabel kalori yang tertera di label kemasan. 

Sebab, kalori tersebut bukan merupakan jumlah total dari makanan yang ada didalamnya. Agar tidak terkecoh, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Perhatikan kalori yang tertera pada label kandungan gizi

Kandungan kalori pada makanan kemasan atau snack ringan tentu saja memiliki jumlah yang berbeda-beda. Anda mungkin saja sangat tertarik untuk membeli makanan ringan yang label kalorinya tertera di angka 100 kalori, namun kemasannya cukup besar. Sehingga Anda tergiur untuk membelinya.

Sebenarnya, hal tersebut kurang tepat. Sebab, kalori yang tertera pada kemasan biasanya tidak menjelaskan kalori total yang berada di dalam produk keseluruhan. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Apalagi jika kemasan cemilan, kalori yang terkandung bisa tidak sesuai atau meleset jauh. Anda harus mengetahui terlebih dahulu jumlah per sajian untuk menghitung jumlah total kalori yang terkandung. Penting untuk Anda melihat kalori yang tertera pada kemasan produk.

  • Cek jumlah takaran saji pada kemasan

 yang berada dalam makanan kemasan tergantung dari jumlah per sajiannya. Anda dapat memperhatikannya di atas atau di samping angka kalori yang Anda baca, umumnya terletak tidak jauh dari angka kalori. 

Perlu Anda ketahui, jumlah per sajian merupakan banyaknya makanan yang dihitung berdasarkan satuan, seperti satu butir, satu biji, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk takaran saji dihitung tergantung berat dari jumlah per sajiannya.

Misalnya, pada label makanan tercantum takaran saji sebanyak 20 gram dengan jumlah per sajian adalah 3 buah, artinya setiap 3 buah cemilan atau snack yang Anda konsumsi memiliki berat sebesar 20 gram.

  • Hitung jumlah per sajian 

Anda dapat menghitung kalori total jika telah mengetahui jumlah kalori, jumlah per sajian, dan juga takaran saji. Anda bisa melihat kalori per takaran saji atau jumlah sajian pada label yang sudah tertera di kemasan makanan.

Ketika tertulis 100 kalori pada label kemasan seperti contoh di atas, maka kalori tersebut bisa Anda dapatkan dari 20 gram atau sekitar 3 buah camilan yang Anda konsumsi. Itu bukan merupakan total kalori yang berada dalam satu kemasan camilan. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Namun, Anda bisa menggunakannya dengan berat bersih atau netto untuk mengetahui total kalori yang ada dalam satu kemasan.

Contohnya, ketika berat total camilan sebanyak 80 gram, artinya kalori yang Anda makan yaitu 400 kalori. Itu artinya, jika Anda menghitung jumlah total kalori dari makanan ringan tersebut, setara dengan Anda melakukan sarapan setiap hari.  

Ini juga berlaku untuk kandungan zat gizi yang lainnya. Kandungan gizi yang tertera pada label atau informasi nilai gizi tergantung dari takaran saji atau jumlah sajian setiap satu kemasan.

 


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
32 Healthy, Low-Calorie Snacks. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/low-calorie-snacks)
25 Super Snacks With 100 Calories or Less. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-100-calorie-snacks)
The Right Snacks When Calorie Counting - Weight Center. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/weight/snacks-when-calorie-counting.aspx)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app