Ini Tips Ampuh Berhenti Merokok bagi Wanita

Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 3, 2019 Waktu baca: 2 menit
Ini Tips Ampuh Berhenti Merokok bagi Wanita

Faktanya para perokok aktif juga berasal dari para pria dan wanita yang sudah terbiasa dengan rokok. Sehingga keduanya memiliki risiko kesehatan yang sama, mulai dari kerusakan organ-organ penting sampai dengan masalah kesuburan.

Bagi para perokok aktif wanita, Anda harus mempertimbangkan kembali untuk melanjutkan kebiasaan yang tidak sehat tersebut. Mengapa demikian? Hal tersebut berkaitan dengan reproduksi wanita yang lebih kompleks, salah satunya soal kehamilan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Dimana setiap dokter kandungan akan memberikan pernyataan tegas apabila Anda dan pasangan hendak memiliki momongan dalam waktu yang dekat. Meskipun pada dasarnya kegiatan merokok pada masa sebelum dan masa kehamilan berlangsung tetap merugikan kesehatan.  

Dengan demikian, adakah cara yang ampuh untuk menghentikan kebiasaan merokok para wanita? Daripada penasaran, simak penjelasannya berikut ini.

Pahami Bahaya Rokok untuk Kesehatan

Perokok aktif yang telah merasakan kecanduan memang sulit untuk berhenti. Hal itu terjadi karena tubuh dan emosi saling bertolak belakang. Dimana tubuh kekurangan pasokan nikotin, sedang emosi meminta Anda untuk berhenti merokok.

Ketika terdapat para wanita yang sering merokok, pastikan untuk lebih jeli terhadap bahaya yang bisa ditimbulkan akibat rokok. Selain penyakit kronis seperti serangan jantung dan kanker paru-paru, maka para ibu hamil yang masih merokok akan memberikan risiko yang rentan pada janin. 

Kemudian dikhawatirkan pula dapat menimbulkan kematian mendadak pada janin.

Wanita harus Berhenti Merokok Sedini Mungkin

Sebaiknya para wanita tidak mencari rasa berani dengan terbiasa menghisap rokok. Hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Apalagi risiko tersebut akan semakin tinggi ketika Anda tengah mengalami kehamilan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Jadikan si jabang bayi sebagai kekuatan penuh untuk segera berhenti merokok, setidaknya lakukan tindakan yang sedini mungkin. Apabila Anda berniat melakukan program kehamilan bersama pasangan, maka pastikan Anda telah berhenti merokok sejak 14 minggu menjelang program kehamilan. 

Akan tetapi semakin dini Anda berhenti, maka hal tersebut tentu saja lebih baik.

Konsumsi Zyban dan Wellbutrin

Ketika Anda berniat untuk berhenti merokok, maka Anda juga bisa meminta bantuan medis supaya proses pemulihan karena berhenti merokok dapat terkendali secara berkala.

Zyban merupakan salah satu nama obat yang dikhususkan untuk mendukung Anda dalam proses menghentikan kebiasaan merokok. Tak hanya itu saja obat ini juga terbilang aman jika ingin Anda konsumsi. 

Akan tetapi meskipun obat ini telah dikonsumsi, namun rasa cemas hingga stres masih bisa Anda rasakan. Dengan demikian Anda membutuhkan Wellbutrin yang berperan sebagai obat anti depresan, salah satunya berguna bagi Anda yang ingin segera terbebas dari sakau tembakau.

Bebaskan Asap Rokok Dari Rumah

Apabila Anda bersama pasangan adalah perokok aktif maka pastikan sejak Anda menuju masa kehamilan tidak ada lagi aktivitas merokok di dalam rumah. Ya, salah satunya adalah dengan mengajak pasangan untuk berhenti dengan aktivitas merokok. 

Sebab paparan asap di dalam rumah akan Anda hirup secara berulang-ulang dan dipastikan Anda akan menjadi perokok pasif yang memiliki bahaya yang hampir sama, terutama bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Cari Kesibukan Selama Kehamilan

Anda sudah tentu paham berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk rokok yang Anda konsumsi setiap hari. Nah, apabila Anda sudah berhenti dengan kegiatan merokok maka Anda bisa gunakan uang tersebut untuk membeli berbagai kebutuhan. 

Mulai dari susu ibu hamil, multivitamin, makanan sehat, pakaian khusus ibu hamil dan bahkan menjadi anggota senam khusus ibu hamil.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tips for the First Week You Quit Smoking. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/practical-tips-for-the-first-week-of-smoking-cessation-2825290)
How to give up smoking: 10 tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/241302)
Quitting Smoking Tips for Women. WebMD. (https://www.webmd.com/women/features/quit-smoking-tips-women)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app