Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Bintitan Pada Anak

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Apr 2, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Bintitan Pada Anak

Bintitan yang terjadi pada anak merupakan kondisi di mana muncul benjolan berukuran kecil berwarna kemerahan yang menyerupai jerawat dan muncul di tepi kelopak mata. 

Pada umumnya, kemunculan bintitan ini tak akan mempengaruhi penglihatan anak dan bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari berlalu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Meski gangguan ini terjadi pada anak, Anda tak perlu terlalu merasa khawatir. Hanya saja akan lebih baik bila Anda mengetahui cara meredakan rasa nyaman yang ditimbulkan akibat kemunculan bintitan sekaligus menyembuhkan gangguan tersebut dengan lebih cepat. 

Oleh karena itu, penting mengetahui penyebab munculnya bintitan pada mata anak sehingga Anda bisa membantu pencegahannya dan mengatasinya dengan baik.

Mengenali penyebab Bintitan pada anak

Bintitan atau dapat disebut dengan istilah hordeolum adalah kondisi yang dialami anak akibat munculnya benjolan yang menyerupai jerawat. 

Benjolan tersebut relatif kecil, berwarna kemerahan yang akan muncul di area kelopak mata bawah maupun atas. 

Ketika keluhan ini terjadi pada anak, area mata yang lain juga bisa ikut terlihat merah dan mudah mengeluarkan air mata. Selain membuat tidak nyaman, bintitan juga dapat menyebabkan rasa nyeri yang akan diderita oleh anak. 

Gangguan bintitan sendiri dapat menyerang siapa saja sewaktu kelenjar minyak yang berada di area kelopak mata mengalami penyumbatan karena beberapa hal. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Mulai dari tersumbat oleh kulit mati hingga diakibatkan karena terinfeksi oleh bakteri bernama stapylococcus aureus. Kondisi kelenjar minyak yang mengalami menyumbatan inilah yang memicu munculnya bintitan kecil menyerupai jerawat atau pun bisul

Apabila Anda melihat munculnya bintitan di bagian mata anak, mintalah pada mereka untuk tidak mengucek-ucek bagian mata yang terkena bintitan apalagi memencet benjolan pada bintitan tersebut. 

Pasalnya, jika hal tersebut dilakukan ini bisa memperburuk keadaan karena memicu rasa sakit sekaligus dapat menyebabkan infeksi.

Perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah Bintitan pada anak

Bintitan yang muncul di kelopak mata anak sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. 

Namun, untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman sekaligus mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

Kompres dengan air hangat menggunakan handuk bersih

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan bintitan pada anak adalah mengompresnya menggunakan air hangat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24

Gunakan handuk atau kain yang bersih saat melakukan hal ini untuk menghindari hal buruk yang tidak diinginkan seperti infeksi mata yang lebih para karena handuk yang Anda gunakan kotor dan terdapat banyak bakteri maupun kuman di dalamnya.

Kompres mata sekitar 10 hingga 15 menit

Lakukan aktivitas ini selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Dengan mengompres bintitan yang muncul di mata anak, tindakan ini dapat meringankan rasa nyeri dan membantu mengempeskan bintitan yang muncul.

Ulangi cara ini sebanyak 3 hingga 4 kali sehari

Silahkan mengompres mata anak sebanyak 3 hingga 4 hari sampai bintitannya menghilang.

Jangan gunakan handuk yang sama saat membersihkan mata lain yang tidak terkena bintitan

Bila Anda memakai handuk yang sudah digunakan untuk mengompres area yang terkena bintitan ke mata yang masih sehat, hal ini akan membuat mata yang sehat bisa terkenal bintitan pula.

Apabila si buah hati menangis atau menolak ketika Anda ingin mengompres matanya, maka lakukan hal ini ketika dia tengah tertidur. 

Atau bila memungkinkan, berikan pengertian kepada anak Anda bahwa cara tersebut bisa membuat bintitan yang muncul di area kelopak matanya bisa lebih cepat sembuh dan tak akan lagi menimbulkan rasa tidak nyaman.

Bila bintitan yang muncul menyebabkan rasa sakit, Anda bisa memberikan si kecil obat pereda rasa sakit, termasuk parasetamol. 

Jika, mengompres dan memberikan obat pereda rasa sakit tidak bekerja sesuai yang diinginkan dan kondisi bintitan tak kunjung membaik, Anda bisa segera berkonsultasi pada dokter. 

Dokter tentunya akan memberikan penanganan yang tepat bila bintitan yang diderita anak telah muncul lebih dari 1 minggu. 

Salep antibiotik atau obat antibiotik mungkin akan diresepkan untuk mengatasi gangguan bintitan yang diderita oleh anak Anda.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pirouzian A. (2013). Management of pediatric corneal limbal dermoids. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3616691/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app