Kehamilan

Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Melakukan Program Bayi Tabung

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Melakukan Program Bayi Tabung

Apakah Anda mengalami masalah kehamilan? Jika iya, Maka Anda mungkin pernah mendengar atau mungkin mencari tahu tentang fertilisasi in vitro (IVF) Atau yang lebih dikenal dengan istilah bayi tabung. In vitro sendiri berarti “di dalam lab” karena memang pembuahan ini dilakukan di dalam lab, bukan dilakukan di dalam tubuh manusia.  

Banyak wanita berhasil memperoleh kehamilan setelah mencoba program bayi tabung ini. Ada empat langkah utama yang akan Anda lalui selama proses fertilisasi in-vitro.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Langkah 1: Induksi Ovulasi (Menginduksi pelepasan sel telur)

Sebelum dan selama proses fertilisasi in vitro, dokter kandungan Anda akan memantau keadaan ovarium (indung telur) Anda dan waktu pelepasan sel telur (Ovulasi). Dokter akan memastikan bahwa indung telur Anda memproduksi telur, dan memastikan bahwa kadar hormon Anda normal. 

Sebagian besar wanita diminta untuk minum obat yang merupakan hormon kesuburan saat ini untuk merangsang indung telur untuk menghasilkan satu atau lebih telur. 

Memiliki persediaan telur dalam jumlah banyak akan meningkatkan keberhasilan program bayi tabung dan kemungkinan bahwa Anda akan hamil juga akan meningkat. Jika indung telur Anda tidak dapat menghasilkan telur, bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan lain untuk proses IVF.

Langkah 2: Egg Retrieval (Pengambilan sel telur)

Pada langkah ini , obat penghilang rasa sakit diberikan untuk mengurangi ketidaknyamanan. Kemudian jarum yang sangat tipis akan dimasukan melewati dinding vagina bagian atas. Dengan dipandu oleh ultrasound vagina untuk mengambil sel telur dari indung telur.

Langkah 3: Fertilisasi (Pembuahan)

Langkah selanjutnya dari proses IVF adalah pembuahan sel telur. Sampel sperma yang sudah dipersiapkan baik dari pasangan Anda atau donor. Dan sperma paling aktif dipilih dan dicampur dengan telur pada ruang khusus. 

Kadang-kadang sperma langsung disuntikkan ke dalam telur. Kemudian, sperma dan telur ditempatkan dalam inkubator dan dipantau untuk memastikan bahwa proses pembuahan berhasil dan embrio yang sehat berkembang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Langkah 4: Transfer Embrio dan Implantasi (Menanam embrio di dalam rahim)

Langkah terakhir dari proses IVF adalah transfer embrio. Pertama, embrio diperiksa dan dipilih yang paling sehat untuk dipindahkan. 

Untuk mentransfer embrio (embrio), spekulum ditempatkan ke dalam vagina Anda dan embrio ditransfer melalui tabung plastik kecil yang ditempatkan melalui serviks ke dalam rongga uterus. Setelah proses IVF selesai, disarankan untuk beristirahat selama sekitar 24 jam.

Hal yang perlu diketahui mengenai Bayi Tabung

Selain apa saja yang akan Anda lalui dalam satu siklus program bayi tabung, ada beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui dan dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memutuskan untuk melakukan program bayi tabung.

  • Infertilitas bukan merupakan hal yang jarang terjadi
    Infertilitas adalah fenomena yang sangat umum terjadi, infertilitas atau kesulitan memiliki keturunan mempengaruhi sekitar 1 dari 6 pasangan. Penyebab infertilitas umumnya terkait dengan 40% faktor dari wanita, 40% faktor pada pria dan 20% dihasilkan dari kombinasi keduanya.
  • IVF konvensional bisa sangat memakan waktu
    Ada beberapa jenis IVF (akan dijelaskan pada poin berikutnya) in-vitro fertilization, atau IVF yang menggunakan teknik konvensional bisa memakan waktu sekitar 3-4 minggu dari tahap 1 hingga tahap 4 seperti yang dijelaskan diatas.
  • Ada berbagai jenis program bayi tabung yang tersedia
    Meskipun IVF konvensional adalah jenis IVF yang paling umum dilakukan di Inggris,tapi prosedur ini bukan satu-satunya prosedur yang tersedia atau tentu saja.

    Tersedia beberapa prosedur lain seperti Natural Modified IVF yang hanya membutuhkan 3-4 dari persiapan hingga proses penanaman embrio pada rahim, dan prosedur IVF ringan (atau IVF mini) dengan waktu 5-9 hari.
  • Harga yang dikeluarkan mungkin lebih dari biaya 1 siklus
    Pasien kadang-kadang keliru mengira biaya 1 siklus mencakup seluruh biaya perawatan. Biaya siklus termasuk scan, pengumpulan telur, embriologi dan transfer embrio.

    Namun, karena perawatan umumnya disesuaikan dengan keadaan pribadi Anda, biaya untuk tes darah, obat-obatan dan teknik tambahan tidak termasuk dalam harga ini dan akan bervariasi dari pasien ke pasien.
  • Faktor Usia
    Ketika datang ke klinik, semakin muda usia Anda melakukan prosedur ini, maka  tingkat keberhasilannya akan semakin tinggi. Pada wanita, penurunan kesuburan dimulai pada sekitar usia 35 tahun.

    Ini berarti bahwa pada awal usia 40-an jauh lebih sulit untuk hamil dan pada usia lebih dari 45 tahun kesempatan untuk hamil akan sangat kecil.
  • Tingkat keberhasilan bisa menyesatkan
    Tingkat keberhasilan tidak disesuaikan dengan keadaan Anda dan dapat memberikan gambaran yang menyesatkan tentang kemungkinan keberhasilan Anda.

    Artinya walaupun Anda merupakan kandidat yang sangat pas untuk melakukan prosedur ini, kemungkinan Anda untuk gagal dalam menjalani prosedur ini tetap ada.
  • Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu siklus perawatan
    Tingkat keberhasilan IVF sekitar 35% rata-rata, artinya bahwa kebanyakan pasien harus menjalani sejumlah perawatan sebelum mencapai kehamilan yang sukses.
  • Anda lebih mungkin memiliki kehamilan kembar dengan IVF
    Hal ini terjadi karena kemungkinan embrio diletakan di dalam rahim lebih dari satu, yang memungkinkan Anda memiliki anak kembar atau mungkin triplet.

    Tetapi selain memiliki anak kembar merupakan kebahagiaan tersendiri, namun hal ini memiliki komplikasi yang lain seperti lahir dengan berat badan kurang atau ketuban pecah dini.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app