Gejala Sariawan - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 336.586 orang

Sariawan atau Stomatitis merupakan kondisi Iflamasi yang terletak di dalam rongga mulut. Sariawan sangat menganggu keseharian kita terutama saat makan dan berbicara. Pada Sariawan akan muncul kemerahan, bengkak, radang dengan warna putih di bagian tengahnya.

Sariawangt;dapat terjadi di semua daerah di rongga mulut seperti pada pipi, lidah, bibir, gusi, dan rahang atas. Sariawan dapat terjadi bersamaan dengan gejala lain seperti panas dalam, bau mulut, dan radang tenggorokan.

Semua ini dilihat apakah ada kondisi lain yang menyertai Sariawan tersebut karena ini dapat didiagnosiskan sebagai penyakit lain diluar Sariawan.

Sariawan muncul akibat peradangan di sekitar rongga mulut. Kondisi ini bermula dari luka kecil yang disebabkan oleh bibir yang tergigit, trauma tumpul daerah wajah dan bibir, gesekan dengan gigi karena pertumbuhan gigi yang tidak rapi, kekurangan vitamin, dan penyakit lain yang disertai munculnya kondisi mirip Sariawan ini.

Sariawan terasa sakit karena terjadi peradangan yang semakin lama semakin besar. Terjadi kerusakan jaringan kulti luar yang mengakibatkan jaringan dalam yang sensitif terhadap kondisi luar yang menimbulkan nyeri.

Sariawan akan lebih terasa sakit bila terjadi taruma kembali pada daerah yang sama, makanan pedas, minuman panas, atau tersentuh.

Apa penyebab Sariawan

Penyakit Sariawan muncul bik pada pria atau wanita, muda atau tua. Kondisi ini mayoritas disebabkan kebersihan mulut yang kurang terjaga. Gigi yang jarang disikat mengundang bakteri tinggal di gigi dan mulut anda.

Kerusakan gigi pasti memiliki potensi yang tinggi, tetapi Sariawan pada jaringan kulit disekitar rongga mulut menjadi tanda bahwa infeksi telah menyebabkan peradangan diluar kerusakan gigi.

Faktor mekanis saat mengunyah makanan juga menjadi penyebab tersering terjadinya Sariawan. Mengunyah makanan yang terlalu cepat dapat menyebabkan luka akibat kulit pipi dalam atau bibir yang tergigit sehingga menimbulkan Sariawan.

Kekurangan vitamin juga menjadi penyebab munculnya Sariawan. Vitamin berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencerna nutrisi lain yang diperlukan bagi tubuh. Kekurangan Vitamin C menjadi resiko utama munculnya Sariawan. Vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang kurang juga dapat menyebabkan Sariawan.

Faktor penyakit juga dapat menimbulkan gejala Sariawan. Virus Herpes dapat menimbulkan adanya mukus oral yang nyeri berwarna keabuan dengan pinggir kemerahan yang disebut sebagai Stomatitis Herpetika. Kandidiasis Oral juga bentuk lain dari stomatitis yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Perlu hati-hati pada penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol karena ini akan merusak lapisan lunak pada rongga mulut anda. 

Cara mengatasi Sariawan

Sariawan merupakan Inflamasi yang telah membentuk Ulkus yang terasa nyeri dan sangat memerlukan penanganan segera. Tidak perlu pemeriksaan diagnostik selama kondisi ini tidak terkait dengan penyakit infeksi virus atau penularan seksual. Kebersihan mulut menjadi cara utama dalam pencegahan Sariawan.

Sariawan ringan tidak perlu obat-obatan yang terlalu spesifik, Cara alami juga dinyatakan ampuh untuk menghilangkan Sariawan. 

  • Air Garam
    Berkumur air garam adalah cara kuno yang dikenal ampuh mengurangi pembengkakan pada Sariawan. Masukkan ½ sendok garam pada segelas air putih dan kumur selama 3 kali sehari. Selain itu dapat juga menggunakan baking soda.

  • Kumur dengan Mouthwash
    Sariawan juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri pada rongga mulut. Kumur Mouthwash saat pagi dan sebelum tidur tepatnya setelah menyikat gigi. Pastikan obat kumur yang digunakan tidak mengandung alkohol karena ini tidak akan mengurangi gejala.

  • Vitamin C
    Konsumsi buah dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin C tinggi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sariawan yang berat perlu penanganan dengan obat-obatan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan. Tidak banyak variasi obat untuk tahap penyembuhan sariawan berat yang bisa.

Obat kumur antiseptik terbilang ampuh mengurangi gejala dan mencegah infeksi. Bila perlu ditambahkan kortikosteroid topikal di area luka Sariawan untuk mengecilkan pembengkakan.

Penanganan berbeda dengan gejala Sariawan yang terkait suatu penyakit. Seperti pada Stomatitis Herpetika diperlukan obat Asiklovir selama 5 hari ditambah obat kumur antiseptik. Yang pasti perlu pemeriksaan yang lebih lanjut untuk menentukan penyakit tersebut.

Diagnosis lain diberikan pada Sariawan akibat adanya jamur Kandida sp bernama Kandidiasis Oral. Ini terjadi pada kondisi tubuh yang Imunosupresi, ibu hamil, bayi dan balita, atau penderita diabetes. Kondisi ini perlu penanganan lebih dalam dengan menghilangkan faktor pemicu dan terapi suportif yang sesuai indikasi penyakit.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit