Fungsi Minyak Lavender untuk Rambut

Dipublish tanggal: Nov 25, 2019 Update terakhir: Agu 27, 2021 Waktu baca: 3 menit
Fungsi Minyak Lavender untuk Rambut

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Minyak lavender merupakan salah satu jenis minyak atsiri maupun minyak esensial yang bermanfaat bagi kesehatan kulit maupun rambut;
  • Berbagai fungsi minyak lavender bagi rambut dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut hingga mengurangi peradangan pada kulit;
  • Penerapan minyak lavender (lavender oil) yang telah diencerkan ke kulit kepala bisa mempercepat pertumbuhan rambut supaya lebih tebal;
  • Produk serum minyak lavender bisa digunakan untuk merawat berbagai tipe rambut, termasuk rambut keriting, rambut berminyak, hingga rambut bercabang;
  • Risiko terlalu banyak menggunakan minyak lavender dapat menyebabkan iritasi kulit sehingga perlu dibatasi penggunaannya pada rambut dan kulit kepala;
  • Klik untuk membeli produk essential oil yang dikirim langsung ke rumah Anda melalui HDmall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Minyak lavender merupakan salah satu jenis minyak atsiri maupun minyak esensial. Minyak lavender atau lavender oil dibuat dengan teknik penyulingan khusus sehingga menghasilkan produk akhir ekstrak senyawa lavender yang sangat terkonsentrasi. Minyak lavender memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan, seperti untuk menghilangkan rasa sakit, migrain, sebagai penyegar udara, hingga meningkatkan kesehatan rambut.

Fungsi Minyak Lavender bagi Kesehatan Rambut

Membantu meningkatkan pertumbuhan rambut

Minyak esensial lavender dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut. Sebuah studi di tahun 2016 menemukan bahwa minyak lavender bila diaplikasikan pada tikus akan menumbuhkan rambut lebih banyak, lebih tebal, dan lebih cepat dari biasanya.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Memiliki sifat antimikroba

Menurut suatu studi lainnya, lavender juga memiliki sifat antimikroba. Hal ini menandakan bahwa lavender dapat mencegah timbulnya masalah rambut atau kulit kepala seperti gatal, ketombe, dan infeksi pada kulit kepala.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Berminyak Supaya Bebas Lepek

Membantu mencegah atau membunuh kutu kepala

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa minyak esensial lavender dapat membantu mencegah hingga membunuh kutu rambut yang menempel di kulit kepala. Namun hal ini membutuhkan penelitian lebih lanjut, sehingga jika ingin membunuh. Anda bisa menggunakan produk lain yang sudah terbukti ampuh untuk membunuh kutu rambut.

Membantu mengurangi peradangan kulit

Lavender dapat digunakan untuk mengobati peradangan dan luka bakar kulit. Dengan menggunakan lavender dalam bentuk minyak esensial (lavender oil) mungkin baik untuk mengobati peradangan dan kulit kering pada kepala.

Cara Menggunakan Minyak Lavender untuk Rambut

Ada banyak cara untuk menggunakan dan mengoleskan minyak lavender ke rambut, tergantung dari manfaat yang ingin diperoleh. Berikut beberapa cara menggunakan minyak lavender pada rambut:

Pijatkan minyak ke kulit kepala

Anda bisa memijat kulit kepala dengan menggunakan minyak lavender yang telah diencerkan ke kulit kepala untuk pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan tebal. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Anda dapat mengencerkan minyak esensial lavender dengan minyak lainnya, seperti jojoba oil atau minyak kelapa (coconut oil). Anda harus mencampurkan minyak esensial dengan minyak lainnya dalam jumlah yang sama.

Perawatan ini paling baik dilakukan setelah mandi atau saat mandi. Anda bisa membiarkannya selama 5-10 menit dan kemudian bilas sesudahnya (jika diinginkan). Anda bisa membiarkannya selama semalam dan membungkus rambut dengan handuk untuk hasil lebih maksimal. 

Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit

Menambahkan minyak ke dalam produk rambut

Anda juga dapat menambahkan minyak lavender ke produk rambut seperti sampo, kondisioner, atau produk lainnya untuk mendapatkan manfaat kesehatan kulit kepala, pertumbuhan rambut, dan efek yang menenangkan. 

Anda bisa menambahkan sekitar 5 tetes minyak per 1 ons produk supaya aman digunakan. Selanjutnya Anda bisa langsung menggunakan produk rambut sesuai petunjuk.  Alternatif lainnya yaitu Anda bisa menambahkan 2-3 tetes minyak langsung ke produk rambut di telapak tangan Anda sebelum digunakan pada rambut.

Beli produk dengan minyak esensial lavender yang sudah ditambahkan

Produk dengan minyak lavender yang sudah terkandung di dalamnya bisa menimbulkan rasa menenangkan, wangi, dan baik untuk kulit kepala. Anda bisa memilih produk perawatan rambut yang mengandung lavender atau lavender hidrolat dan bisa menggunakan produk tersebut sesering yang diperlukan atau sesuai petunjuk, baik digunakan harian maupun mingguan.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Menggunakan serum rambut minyak lavender

Serum rambut adalah produk yang dirancang untuk merawat rambut tertentu, seperti rambut keriting, rambut berminyak, hingga rambut bercabang. Beberapa serum rambut ditambahkan dengan minyak lavender karena minyak lavender memiliki banyak manfaat. 

Anda harus mengikuti petunjuk tentang produk serum rambut Anda untuk mengetahui seberapa sering Anda harus menggunakannya dalam perawatan rambut, apakah setiap hari atau setiap minggu.

Baca juga: Cara Merawat Rambut Keriting Alami

Coba gunakan masker rambut lavender sekali seminggu

Anda juga bisa mencoba menggunakan masker rambut lavender sekali seminggu. Seperti serum rambut, masker lavender juga bisa memberi manfaat seperti mencegah kerusakan rambut atau sebagai pelembab rambut.

Efek Samping Minyak Lavender (Lavender Oil)

Sebaiknya Anda tidak mengoleskan atau menambahkan minyak lavender terlalu banyak ke kulit kepala maupun penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung lavander. Terlalu banyak menggunakan minyak lavender dapat menyebabkan iritasi kulit. Maka dari itu, untuk menghindarinya Anda bisa menambahkan bahan lain saat menggunakan minyak lavender. 

Anda akan mengalami rasa gatal, ruam kemerahan, atau dermatitis apabila Anda alergi terhadap lavender. Jangan sekali-kali menelan minyak esensial atau menggunakannya pada bagian mata. Apabila minyak tidak sengaja masuk ke mata, segera cuci mata dengan air dingin.

Berhati-hatilah jika Anda menggunakan atau menghirup lavender saat Anda mengonsumsi obat penenang atau depresan sistem saraf karena ada kemungkinan akan terjadi interaksi minyak lavender dengan obat depresan maupun obat penenang. Interaksi yang dihasilkan dapat menyebabkan kantuk berlebihan. Namun selain pertimbangan tersebut, minyak esensial lavender encer sangat aman digunakan secara topikal pada kulit.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Hair Growth-Promoting Effects of Lavender Oil in C57BL/6 Mice. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4843973/)
Essential Oils for Hair Care. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/natural-oils)
Lavender Oil for Hair: Hair Growth and Other Uses. Healthline. (https://www.healthline.com/health/lavender-oil-for-hair)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app