Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Framycetin: Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: May 24, 2019 Tinjau pada Jun 29, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 655.770 orang

Mengenai Framycetin

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tetes mata, kassa, salep

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Kandungan:

Antibiotik aminoglikosida

Framycetin adalah antibiotik yang termasuk ke dalam golongan aminoglikosida, Antibiotik ini dapat digunakan untuk membasmi berbagai macam bakteri penyebab infeksi. Framycetin bekerja dengan cara membunuh bakteri

Bagaimana obat ini bekerja masih belum sepenuhnya diketahui, Namun, Framycetin tampaknya menghambat sintesis protein pada bakteri yang rentan dengan mengikat subunit ribosom sehingga menghambat perkembangbiakan bakteri sekaligus membunuhnya. Framycetin tidak dapat digunakan terhadap infeksi jamur, virus , dan sebagian besar bakteri anaerob.

Framycetin digunakan untuk perawatan dan pencegahan infeksi terhadap luka-luka dan mencegah atau mengobati infeksi pada mata atau telinga. Pasien harus memberi tahu dokter tentang obat dan perawatan yang sedang digunakan sebelum menggunakan Framycetin untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Framycetin tersedia dalam 3 macam bentuk, dalam bentuk kasa yang dibalur dengan krim antibiotik, obat tetes antibiotik dan krim antibiotik. Untuk masing-masing kegunaan, efek samping dan cara penggunaannya, mari disimak artikel yang satu ini.

Framycetin dalam bentuk kain kasa yang diolesi antibiotik

Obat ini adalah pembalut kasa yang diolesi dengan antibiotik framycetin sulfate.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Yang merupakan pembalut kasa lanolin ringan yang mengandung 1% framycetin sulfate. Obat ini tersedia dalam bentuk kain kasa dengan ukuran 10 cm x 10 cm atau balutan 10 cm x 30 cm.

Cara menggunakannya adalah dengan cara menerapkan secara langsung ke luka dan ditutup dengan pembalut yang sesuai. Pada luka basah, balutan harus diganti setidaknya sekali sehari. Potong pembalut sesuai dengan ukuran luka untuk mengurangi risiko iritasi dan untuk menghindari kontak dengan kulit yang sehat.

Obat Tetes Framycetin

  • Framycetin dalam bentuk obat tetes (disebut Sofradex Drops) Sebenarnya dalam obat tetes ini, mengandung tiga obat Framycetin sulphate, Gramicidin and Dexamethasone sodium metasulphobenzoate.
  • Obat tetes ini digunakan di mata untuk mengatasi pencegahan infeksi bakteri dan mengatasi
  • tanda-tanda peradangan di mata akibat infeksi seperti mata yang sakit, merah atau bengkak. Gunakan
  • satu atau dua tetes pada mata yang terkena, enam kali sehari atau lebih sesuai dengan yang disarankan
  • oleh dokter Anda
  • Selain itu, obat tetes ini juga dapat digunakan di telinga untuk mengatasi peradangan saluran
  • telinga (otitis eksterna). Gunakan dua atau tiga tetes di telinga, tiga atau empat kali sehari

Selalu gunakan Sofradex Drops persis seperti yang dikatakan dokter Anda. Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda jika Anda tidak yakin mengenai cara menggunakan obat ini

Obat Salep Framycetin

Obat salep tersedia dalam dosis Framycetin Sulfat 5 mg/g. Untuk kegunaan, efek samping dan cara penggunananya obat salep Framycetin, hampir sama dengan Framycetin obat tetes.

Efek samping apa yang mungkin terjadi dengan obat ini?

Banyak obat dapat menyebabkan efek samping. Efek samping adalah respons yang tidak diinginkan terhadap suatu obat ketika diminum dalam dosis normal. Efek samping bisa ringan atau berat, sementara atau permanen. 

Efek samping yang tercantum di bawah ini tidak dialami oleh semua orang yang menggunakan obat ini. Jika Anda khawatir tentang efek samping yang ditimbulkan, diskusikan risiko dan manfaat obat ini dengan dokter Anda.

infeksi jamur: gatal, ruam, kemerahan, atau iritasi kulit lainnya yang terjadi setelah perawatan. Dalam kebanyakan kasus terjadi akibat penutupan luka, efek samping yang terkait dengan penyerapan antibiotik sangat jarang terjadi.

Seperti kebanyakan obat-obatan antibiotik lainnya, Soframycin tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan. Dokter atau apoteker Anda akan membahas risiko dan manfaat penggunaannya jika Anda sedang hamil. Soframycin dapat memengaruhi janin yang sedang berkembang jika Anda menggunakannya selama kehamilan.

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping selain yang terdaftar di sini. Segera pergi ke dokter jika Anda melihat gejala yang membuat Anda khawatir saat Anda menggunakan obat ini.

Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping seperti yang tertera di atas. Jika efek samping tersebut bertambah parah atau mengganggu aktivitas. Dokter Anda mungkin dapat memberikan solusi bagi Anda untuk mengelola efek samping tersebut.

Obat apa yang dapat menyebabkan interaksi dengan Framycetin?

Mohon beri tahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi atau baru saja menggunakan obat-obatan lain, termasuk obat-obatan yang didapat tanpa resep dokter seperti vitamin dan obat herbal. 

Beberapa obat dapat meningkatkan efek samping dari Framycetin dan penggunaan obat-obatan (termasuk beberapa obat untuk HIV: ritonavir, cobicistat) dapat berinteraksi dengan penggunaan Framycetin.

Informasi di atas hanya bertujuan untuk edukasi, jangan gunakan informasi di atas sebagai informasi petunjuk dokter. Selalu konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang optimal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp