Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Felbamate: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Jun 24, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 737.573 orang

Felbamate adalah obat anti-epilepsi, atau disebut obat antikonvulsan. Felbamate dijual dengan merek dagang Felbamate. Felbamate digunakan untuk mengobati kejang pada orang dewasa dan anak-anak dengan epilepsi yang mana gejala tidak bisa dikontrol dengan pengobatan menggunakan obat lain. 

Obat ini dapat digunakan sebagai pengobatan tunggal atau dikombinasikan dengan obat lain untuk mengobati kejang parsial pada orang dewasa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Obat ini digunakan untuk mengobati kejang parsial dan umum pada anak-anak dengan sindrom Lennox-Gastaut (gangguan yang menyebabkan kejang dan keterlambatan perkembangan). Felbamate juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Mengenai Felbamate

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Larutan oral, tablet oral 

Kandungan:

Obat antikonvulsan 

Bagaimana dosis dan cara penggunaan Felbamate?

Felbamate tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 400mg dan tablet 600mg. Selain itu Felbamate juga tersedia dalam sediaan suspensi dungeon dosis 600mg/5ml (1 sendok makan).

Untuk penggunaan Felbamate:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Penggunaan pada dewasa dan Remaja> 14 tahun

Dosis untuk dewasa adalah 1200 mg / hari digunakan dengan cara diminum (Per Oral/ PO)dalam 3-4 dosis terbagi. Peningkatan dosis sebanyak 600 mg setiap 2 minggu hingga 2400 mg / hari PO dapat dilakukan berdasarkan respons klinis. Dosis dapat ditingkatkan menjadi 3600 mg / hari PO jika diindikasikan secara klinis. Pasien harus menjalani pengobatan di bawah pengawasan klinis yang ketat.

Penggunaan pada anak-anak:

Dokter akan menentukan dosis berdasarkan berat badan mereka. Untuk menjaga efek samping tetap minimal, dokter mungkin akan meresepkan dosis rendah untuk memulai dan meningkatkannya perlahan-lahan. Untuk sindrom Lennox-Gastaut, Felbamate harus dimulai dengan dosis 15 miligram (mg) per kilogram (kg, sekitar 2,2 pon) dari berat badan per hari. Jumlah ini dibagi menjadi tiga atau empat dosis

Dosis Felbamate ditingkatkan sebesar 15 mg per kg per hari setiap minggunya, sampai kejang dapat dikendalikan atau terjadi efek samping yang tidak diinginkan. Dosis perawatan yang sering diberikan adalah 45 mg per kg per hari. Dosis maksimum adalah 3600 mg / hari.

Jika suspensi cair digunakan, sangat penting untuk mengocok botol sebelum menggunakannya. Jika tidak dikocok dengan baik mungkin Anda akan mendapatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit obat.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan oleh obat ini?

Felbamate dapat menyebabkan penurunan beberapa jenis sel darah (sel putih, sel darah merah, trombosit). Hubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami kelainan pendarahan yang tidak biasa, kelemahan, atau tanda-tanda infeksi lainnya, bahkan jika gejala ini pertama kali terjadi setelah Anda menggunakan obat selama beberapa bulan.

Felbamate juga dapat menyebabkan kerusakan hati. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki gejala seperti mual, sakit perut bagian atas, gatal-gatal, kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap, tinja berwarna tanah liat, atau penyakit kuning (kulit atau mata menguning).

Selain itu penggunaan Felbamate dappat menyebabkan gangguan mental, Anda mungkin memiliki pemikiran tentang bunuh diri ketika pertama kali mulai minum obat ini. Dokter Anda perlu memeriksa Anda pada kunjungan rutin.

Laporkan setiap gejala baru atau yang memburuk ke dokter Anda, seperti: perubahan suasana hati atau perilaku, kecemasan, serangan panik, sulit tidur, atau jika Anda merasa impulsif, mudah tersinggung, gelisah, mudah marah, agresif, gelisah, hiperaktif (mental atau fisik), depresi , atau memiliki pemikiran tentang bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Di Amerika Serikat, Badan pengolahan Makanan dan Obat-obatan (FDA) menetapkan Felbamate dalam obat Kategori Kehamilan C. Hal ni menunjukkan studi pada hewan menunjukkan beberapa gangguan pada bayi, tetapi belum ada studi yang membuktikan gangguan pada janin dapat terjadi bila digunakan pada manusia. Oleh karena itu, boat ini mungkin digunakan jika manfaatnya mungkin lebih besar daripada risiko yang dapat ditimbulkan.

Berapa banyak Felbamate yang dapat masuk ke dalam ASI tidak diketahui secara pasti. Jika Anda ingin menyusui bayi Anda, tanyakan kepada dokter Anda mengenai hal ini.

Apakah Felbamate aman digunakan bersama dengan obat lain?

Felbamate dapat mempengaruhi penggunaan pil KB menjadi kurang efektif, sehingga kemungkinan hamil lebih besar. Wanita yang menggunakan pil untuk kontrasepsi harus berbicara dengan dokter yang meresepkannya segera jika mereka mulai menggunakan Felbamate. Felbamate mempengaruhi cara tubuh menangani banyak obat lain. Jika Anda minum Felbamate dan obat kejang lain, dosis obat lain mungkin perlu disesuaikan.

Perhatian

Orang-orang yang memiliki reaksi alergi terhadap Felbamate atau terhadap obat-obatan lain dalam golongan yang sama, yang disebut carbamates, tidak boleh mengonsumsi Felbamate. 

Seharusnya juga orang yang memiliki penyakit hati, kelainan darah seperti aplastic anemia, atau orang dengan masalah sistem kekebalan tubuh mereka.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp