Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Seks dan Hubungan

Fakta Tentang Mimpi Basah yang Harus Kamu Ketahui

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 885.532 orang

Mimpi basah merupakan aktifitas normal yang sering terjadi pada laki-laki, mimpi basah biasanya terjadi pada laki-laki sebagai tanda bahwa dia mengalami pubertas. Mimpi basah juga biasa disebut dengan emosi nokturnal dimana ketika laki-laki mengeluarkan cairan semen saat tidur.

Kamu pernah terbangun tengah malam karena merasakan sesuatu yang basah dan lengket pada celana dalam atau piyama mu? Mungkin kamu mengira jika kamu telah mengompol. 

Tetapi jika kamu sudah pernah mengalaminya atau sudah melewati pubertas, mungkin kamu mengalami mimpi basah. Tahukah kamu apa itu mimpi basah? Mimpi basah adalah ketika kamu berejakulasi saat tidur. 

Ejakulasi berarti kamu mengeluarkan air mani dari penis kamu. Salah satu hal yang menjadi pemicu mimpi basah adalah minimnya aktivitas seksual, terutama untuk kamu yang belum memiliki pasangan. 

Seberapa sering kamu mengalami mimpi basah juga diduga berkaitan dengan seberapa sering kamu melakukan hubungan seksual. Penasaran dengan apa itu mimpi basah dan kenapa kamu bisa mengalaminya? Simak ulasan beberapa fakta tentang mimpi basah berikut ini

Apa yang menyebabkan Mimpi Basah?

Ketika kamu mengalami masa pubertas, tubuh kamu akan memproduksi hormon pria yaitu testosteron. Ini artinya kamu sudah dapat membuahi sel telur lewat hubungan seks

Ketika tubuh pria yang menghasilkan hormon-hormon reproduktif, maka cairan sperma yang dihasilkan akan menumpuk dan dapat keluar saat tidur. Ini lah yang sering kamu sebut dengan mimpi basah.

Apakah Mimpi Basah itu berbahaya?

Mimpi basah yang menyebabkan ejakulasi pada pria, tidaklah berbahaya bagi tubuh. Beberapa anggapan yang berkembang seputar mimpi basah, seperti memperlemah tubuh hingga memperpendek usia, sama sekali tidak benar. 

Mimpi basah merupakan respons normal dan alami tubuh terhadap perubahan hormonal, sebagaimana haid pada tubuh wanita. Mimpi ini tidak memiliki resiko terhadap kesehatan maupun gangguan kesuburan pada masa yang akan datang. 

Mimpi basah merupakan tanda bahwa seorang pria telah memasuki pubertas dan akan menjadi pria dewasa dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Apakah Wanita Mengalami Mimpi Basah?

Mimpi basah tidak hanya terjadi pada pria yang mengalami pubertas. Wanita juga dapat mengalami mimpi basah, namun mimpi pada wanita lebih sulit tidak seperti pada pria, wanita dapat mengalami mimpi tersebut apabila telah mengalami mimpi senggama, hal ini memang jarang terjadi namun bisa terjadi pada wanita.

Bagaimana frekuensi Mimpi Basah?

Setiap orang mempunyai frekuensi mimpi basah yang beda-beda tergantung kondisi fisik dan hormonnya. 

Tidak berarti jika kamu sering mengalami mimpi basah berarti kamu mempunyai sperma yang lebih banyak. Rata-rata laki laki memang mengalami mimpi basah sekali selama 3-5 minggu yang hampir sama dengan siklus menstruasi pada wanita. 

Laki laki yang belum menikah biasanya mengalami mimpi basah antara usia 15-40 tahun. Sedangkan untuk kamu yang sudah menikah, bisa juga mimpi basah lho, tetapi dengan frekuensi yang lebih sedikit.

Mimpi Basah bisa terjadi karena kurangnya aktivitas Seksual?

Jika kamu mengalami mimpi basah lebih sering kemungkinan hal ini menandakan kurangnya aktivitas seksual yang kamu alami. Jika kamu belum menikah dan sering mengalami mimpi basah, artinya kamu tidak sering melakukan hal macam-macam buat melampiaskan hasrat seksual kamu. 

Tidak menutup kemungkinan kamu yang sudah menikah pun bisa mengalami mimpi basah. Mimpi basah pada dasarnya menandakan bahwa kantong sperma seorang pria sudah penuh sehingga harus dikeluarkan. 

Apabila sudah menikah tapi mengalami mimpi basah, maka aktivitas seksual seorang laki laki dengan istrinya bisa dikatakan kurang.

Bisakah kamu mencegah Mimpi Basah?

Mungkin beberapa diantara kamu malas mengganti sprei atau membersihkan diri setelah mimpi basah. Kamu beranggapan bahwa hal ini memang memalukan atau menyebalkan, tetapi pada dasarnya mimpi basah adalah sesuatu yang normal dan merupakan bagian dari perkembangan diri. 

Mimpi basah terjadi begitu saja dan tidak dapat dikendalikan. Artinya, tak ada yang bisa memprediksi berapa kali seseorang akan mengalami mimpi basah ataupun mencegahnya.

Kapan seseorang berhenti Mimpi Basah?

Kamu bisa saja berhenti mengalami mimpi basah, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari umur yang semakin tua, sering melakukan hubungan intim dengan pasangan dan banyak lagi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit