Mengapa Seseorang Dapat Mengalami Mimpi Basah?

Dipublish tanggal: Jul 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengapa Seseorang Dapat Mengalami Mimpi Basah?

Mimpi basah menjadi salah satu pertanda bahwa laki-laki sudah puber alias memasuki usia remaja menuju dewasa. Meskipun wajar terjadi, tidak sedikit anak laki-laki yang malu mengungkapkan bahwa dirinya mengalami mimpi basah, apalagi untuk yang pertama kalinya. Selain itu, Anda mungkin juga menyimpan banyak pertanyaan seputar mimpi basah seperti berikut ini.

Berapa kali seseorang mengalami mimpi basah?

Mimpi basah, atau disebut juga dengan nocturnal emission, adalah ejakulasi yang terjadi pada pria saat sedang tidur. Ketika mimpi basah, seseorang akan bermimpi sedang berhubungan seksual dan kemudian akan ejakulasi tanpa adanya rangsangan tertentu.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Anda mungkin pernah bertanya-tanya mengenai frekuensi seseorang mengalami mimpi basah. Pada dasarnya, hal ini cenderung bervariasi. Paling tidak, ada sekitar 70% pria usia 21-25 tahun yang belum menikah tapi mengalami mimpi basah. 

Ya, pria yang berusia produktif cenderung lebih sering mengalami mimpi basah. Salah satu hal yang menjadi pemicu munculnya mimpi basah adalah minimnya aktivitas seksual yang dilakukan, terlebih pada pria yang belum memiliki pasangan.

Tingkat “keseringan” seseorang mengalami mimpi basah diduga berkaitan erat dengan masturbasi. Pria yang jarang melakukan masturbasi justru lebih sering mengalami mimpi basah.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Masturbasi Pada Pria

Meski menjadi hal yang umum terjadi, ternyata tidak semua pria akan mengalami mimpi basah. Ada beberapa pria yang tidak pernah mengalami mimpi basah, meskipun mereka berada dalam usia produktif.

Masa remaja, awal kemunculan mimpi basah

Mimpi basah umum terjadi pada saat anak laki-laki memasuki masa puber di usia remaja. Hal ini dipengaruhi oleh produksi hormon testosteron yang secara bersamaan juga membentuk dan mematangkan fisik anak laki-laki.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Pada usia 13 tahun, penis pria akan mulai berkembang dan memanjang, begitu juga dengan testis yang akan mengalami perkembangan. Bersamaan dengan perubahan ini, akan tumbuh rambut kemaluan yang menyebar di area kelamin. 

Baca Juga: 10 Tanda-Tanda Pubertas Pada Laki-Laki

Tenang, mimpi basah tidak berbahaya

Banyak anggapan yang berkembang di masyarakat mengenai mimpi basah. Salah satunya, mimpi basah disebut-sebut dapat melemahkan tubuh bahkan memperpendek usia. Padahal, mimpi basah sama sekali tidak membahayakan kesehatan. 

Walaupun memiliki kaitan erat dengan seksualitas kaum adam, pada dasarnya mimpi basah juga dapat dialami oleh wanita. Namun, mimpi basah pada wanita tidak selalu berujung pada keluarnya cairan dari organ intim.

Berbagai mitos mimpi basah yang sering dipercaya

Selain anggapan bahwa mimpi basah itu membahayakan, masih ada banyak mitos mimpi basah yang masih dipercaya banyak orang. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mimpi basah mengurangi produksi sperma

Hal ini termasuk mitos mimpi basah yang salah besar. Pasalnya, pria yang mengalami mimpi basar tidak mengalami pengurangan sperma. Mimpi basah merupakan cara testikel untuk mengeluarkan sperma lama, kemudian menggantinya dengan sperma baru yang sehat.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

2. Mimpi basah akan mengurangi sistem imun

Banyak orang yang percaya bila mimpi basah membuat seseorang mudah terkena penyakit seperti flu atau berbagai infeksi lain. Padahal, hal tersebut tidak terbukti secara ilmiah, dan hanya sekedar mitos belaka.

3. Mimpi basah selalu berkaitan dengan hal yang erotis

Memang benar bila mimpi basah terjadi saat seseorang sedang bermimpi hal-hal yang berbau erotis. Namun, hal itu tidak selalu terjadi.

Beberapa mimpi basah juga dapat terjadi tanpa adanya mimpi berhubungan erotis. Hal ini terjadi karena gesekan penis dengan tempat tidur yang membuat pria secara tidak sadar merasa terangsang.

4. Masturbasi akan mencegah munculnya mimpi basah

Secara konsep, memang tidak keliru bila masturbasi dapat mengeluarkan sperma yang sudah lama. Namun, pria tetap masih bisa mimpi basah walaupun sudah masturbasi sebelumnya.

5. Mimpi basah dapat mengecilkan penis

Hal ini juga termasuk mitos mimpi basah yang tidak perlu Anda percaya lagi, sebab tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Sampai sekarang pun, tidak ada satu penyakit maupun kondisi yang dapat mengecilkan penis. 

Baca Selengkapnya: Mitos dan Fakta Mimpi Basah yang Harus Anda Tahu

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wet Dreams. Young Men's Health. (https://youngmenshealthsite.org/guides/wet-dreams/)
What Are Wet Dreams?. Rady Children's Hospital San Diego. (https://www.rchsd.org/health-articles/what-are-wet-dreams/)
What Wet Dreams During Sleep Mean to Sexual Health. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/what-is-a-wet-dream-and-what-does-it-mean-3015090)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app