​Fakta Metode Akupuntur Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Dipublish tanggal: Mei 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Fakta Metode Akupuntur Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok memberikan reaksi yang sangat adiktif. Karena itulah untuk lepas dari rokok, butuh usaha yang ekstra keras. Tidak hanya kemauan dari diri sendiri, tetapi juga butuh dukungan dari banyak pihak. Proses untuk terbebas dari kebiasaan merokok memerlukan waktu yang panjang dan tidak mudah. 

Banyak perokok yang menerapkan berbagai metode agar bisa berhenti merokok secepatnya termasuk menggunakan akupuntur. Lantas seberapa efektifkah akupuntur untuk menangani kecanduan akan rokok?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Akupuntur dapat membantu berhenti merokok
Secara ilmiah, metode ini memang tidak direkomendasikan secara pasti untuk mengatasi kecanduan rokok. Namun penelitian membuktikan bahwa akupuntur dapat melawan keinginan merokok dalam jangka waktu yang lama. Banyak pasien yang berhasil lepas dari rokok usai melakukan akupuntur dan hipnoterapi

Cara kerja akupuntur adalah dengan meningkatkan relaksasi, menghilangkan gelisah, rasa mudah marah, lelah, serta membuang racun dalam tubuh. Selain itu teknik ini juga membantu pemulihan serta mengembalikan keseimbangan tubuh.

Titik akupuntur untuk berhenti merokok
Dalam dunia akupuntur, ada satu titik yang digunakan untuk menghilangkan kebiasaan merokok yaitu “Tim Mee”. Lokasinya berada pada bagian dalam lengan, satu jari diatas lipatan pergelangan. 

Cara kerja titik ini adalah mengubah rasa rokok menjadi tidak enak sehingga keinginan merokok menjadi berkurang. Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, digunakan juga titik lainnya selain Tim Mee terutama yang berkaitan dengan keseimbangan tubuh, proses pemulihan, serta keinginan untuk melawan rokok.

Akupuntur hanya mengurangi keinginan merokok, tapi tak bisa merubah kebiasaan
Kebiasaan untuk merokok lebih sulit dihilangkan terlebih bagi mereka yang sudah ketergantungan. Banyak perokok yang hidupnya terasa janggal dan mengalami situasi yang sulit saat memutuskan berhenti merokok. Menghilangkan kebiasaan merokok membutuhkan banyak dukungan baik secara fisik, emosional, dan lingkungan. 

Untuk mengalihkan keinginan merokok, ada beberapa rekomendasi yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Melakukan aktivitas olahraga yang disukai
  • Meminta bantuan teman ataupun keluarga
  • Bergabung dengan komunitas yang mendukung gerakan berhenti merokok
  • Melakukan kegiatan lainnya yang bersifat positif

Teknik akupuntur berhenti merokok yang bisa dilakukan di rumah
Pijatan telinga menjadi salah satu teknik akupuntur yang cukup sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Fungsi dari pijatan ini adalah untuk melepas endorfin yang merupakan zat penghilang rasa alami. Selain itu pijatan pada telinga juga bisa menyeimbangkan energi Qi.

Cara untuk melakukan akupuntur ini cukup sederhana. Letakkan ibu jari pada bagian terlebar telinga bagian atas lalu pijat dengan gerakan memutar. Pijat juga celah bagian dalam serta pangkal telinga luar. 

Bagian cuping juga dilakukan pijatan sambil ditarik dengan perlahan. Saat melakukan akupuntur, terapis akan meletakkan manik kecil pada telinga dengan cara diplester. Jadi saat keinginan merokok kembali muncul, tinggal tekan saja manik tersebut.

Rempah-rempah untuk membantu berhenti merokok
Keinginan merokok juga bisa diredakan dengan menggunakan rempah-rempah. Ada banyak tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan seperti kunyit, wortel, semanggi merah, dan lain-lain. Khasiatnya sudah terbukti bisa menghilangkan kebiasaan merokok secara perlahan dan aman.

Bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk berhenti merokok, metode akupuntur sangat direkomendasikan. Teknik ini bisa menghilangkan keinginan untuk merokok secara total. 

Namun prosesnya cukup panjang dan dibutuhkan niat dalam diri untuk tetap konsisten menjalani tahapan tersebut. Dukungan dari lingkungan juga dibutuhkan supaya Anda tidak memiliki keinginan untuk merokok lagi.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Acupuncture for Smoking Cessation in Hong Kong: A Prospective Multicenter Observational Study. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5149689/)
Want to Quit Smoking? Acupuncture Can Help You With Cravings. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/want-to-quit-smoking-acupuncture-can-help-you-with-cravings/)
Effect of acupuncture on smoking cessation or reduction: an 8-month and 5-year follow-up study. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11676576)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app