Kebiasaan Sehat

Terapi Akupuntur Efektif Stop Merokok?

Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Terapi Akupuntur Efektif Stop Merokok?

Merokok merupakan kebiasaan yang tidak dapat terkontrol dan perokok aktif sering merasa ketergantungan. Sehingga keinginan untuk berhenti merokok bukanlah hal yang mudah dan tentunya memerlukan bantuan untuk dapat berhasil. 

Salah satu metode yang dapat membantu para perokok aktif untuk berhenti dari kebiasaan merokok adalah Akupunktur.  Berikut adalah 5 hal yang perlu Anda ketahui tentang Teknik akupuntur yang bisa digunakan untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Akupunktur cukup efektif dalam membantu menghilangkan kebiasaan merokok

Akupunktur telah digunakan untuk melawan ketergantungan dan membatasi keinginan untuk merokok dalam jangka waktu yang lama. Cukup banyak orang berhasil dan ada beberapa bukti penelitian yang mendasari klaim ini.

Pada studi yang dilakukan beberapa tahun lalu, para ahli mengumpulkan data dari 14 penelitian berbeda untuk melihat teknik alternatif manakah yang dapat membantu pasien yang adalah perokok aktif untuk berhenti merokok. 

 Penelitian akupunktur meneliti 823 pasien yang menjadi perokok aktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik akupuntur dan terapi hipnoterapi dapat membantu perokok aktif untuk membatasi keinginan merokok. Dunia ilmiah tidak secara pasti merekomendasikan Teknik akupuntur dapat digunakan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Akupunktur juga dapat secara efektif membantu mengatasi ketergantungan pada rokok dengan menghentikan rasa gelisah, menurunkan rasa emosi dan lelah, meningkatkan proses relaksasi tubuh, serta membantu mendetoksifikasi nikotin dari tubuh. Akupunktur juga dapat mengembalikan keseimbangan dalam tubuh sehingga dapat mempercepat proses pemulihan.

Titik akupunktur untuk berhenti merokok

Terdapat titik “Tim Mee” yang digunakan secara spesifik untuk membantu mengurangi kebiasaan merokok. Titik tersebut terdapat pada 1 jari di atas lipatan pergelangan tangan, di bagian dalam lengan. Titik ini digunakan untuk membantu orang berhenti merokok dan mengubah rasa rokok.

Titik akupunktur ini saja tidaklah cukup. Merokok adalah kebiasaan yang tidak dapat terkontrol dan secara tidak sadar menjadi suatu kebiasaan yang merugikan. Tim Mee menjadi titik akupunktur yang cukup ampuh, namun harus digunakan dengan titik lainnya untuk melawan keinginan merokok, menyeimbangkan tubuh, dan proses pemulihan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Akupunktur dapat mengurangi keinginan untuk merokok, namun tidak dapat mengubah kebiasaan  Keinginan fisik hanyalah satu aspek dari ketergantungan pada rokok. 

Sering kali, kebiasaan merokok lebih sulit dihentikan dibanding dengan ketergantungan fisik yang tentunya membuat anda semakin betah dan sulit untuk melepaskan ketergantungan ini.  

Jika merokok membantu Anda mengatasi situasi sulit, berhenti merokok dapat membuat Anda cukup merasa tidak nyaman. Jika merokok adalah bagian dari ritual sehari-hari Anda, tidak merokok dapat membuat hari Anda menjadi sangat berat.  Menghentikan kebiasaan merokok memerlukan dukungan, secara fisik, emosional dan dari keluarga maupun lingkungan tempat anda tinggal.

Ada teknik akupunktur sederhana yang dapat membantu mengatasi keinginan untuk merokok.  Pijat telinga dapat Anda lakukan di rumah yang berfungsi untuk melepas endorfin yang merupakan penghilang rasa sakit alami.  

 Terdapat banyak teknik pijat telinga yang bisa dengan mudah anda praktekkan.  Letakkan ibu jari pada bagian terlebar di bagian atas telinga dan memijatnya dengan gerakan memutar. Kemudian pijat celah bagian dalam dan pangkal bagian luar telinga. 

Anda juga dapat memijat cuping telinga dengan tarikan ringan dan gerakan memutar.  Pada beberapa kasus, ahli akupuntur dapat meletakkan manik kecil pada titik dan menahannya dengan plester. Saat rasa ingin merokok muncul, Anda hanya perlu menekan manik tersebut..

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Do acupuncture and related therapies help smokers who are trying to quit. Cochrane. (Accessed via: https://www.cochrane.org/CD000009/TOBACCO_do-acupuncture-and-related-therapies-help-smokers-who-are-trying-to-quit)
Can Acupuncture Help You Stop Smoking?. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/can_acupuncture_help_you_stop_smoking/ask.htm)
Herbs & Acupuncture: How to Quit Smoking The Eastern Way. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/copd/quit-smoking-acupuncture-herbs)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app