Kesehatan Fisik

Fakta Tentang Rhesus Negatif, Tak Sesederhana Golongan Darah ABO

Dipublish tanggal: Sep 6, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Fakta Tentang Rhesus Negatif, Tak Sesederhana Golongan Darah ABO

Mengetahui sistem penggolongan darah dengan rhesus ternyata tak kalah penting dari golongan darah ABO. Maksud dari rhesus di sini menunjukkan ada atau tidaknya antibodi Rh pada permukana sel darah merah. Jika darah Anda memiliki faktor Rh pada sel darah merahnya, maka artinya rhesus Anda positif (Rh+). Sebaliknya, rhesus negatif (Rh-) berarti seseorang tidak memiliki protein atau antigen faktor Rh pada permukaan sel darah merah.

Fakta menarik seputar golongan darah 

Mengetahui golongan darah itu ternyata penting dilakukan. Hal ini terutama bila Anda ingin mendonorkan atau menerima transfusi darah dari orang lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Donor atau transfusi darah membutuhkan jenis golongan darah yang sama antara pendonor dan penerima. Pasalnya, menerima jenis golongan darah yang berbeda dapat menyebabkan tubuh penerima membentuk antibodi untuk melawan sel darah tersebut. Hati-hati, hal ini bisa membahayakan nyawa penerima donor.

Jika pemilik golongan darah A melakukan transfusi darah kepada penerima dengan golongan darah B, maka tubuh penerima akan membentuk antibodi untuk melawan sel darah yang masuk ke dalam tubuhnya. Zat antibodi dari penerima donor akan melawan darah dari pendonor karena menganggap darah tersebut sebagai zat berbahaya. Hal ini bisa menimbulkan reaksi yang fatal bagi tubuh penerima.

Itulah sebabnya, transfusi atau donor darah hanya dapat dilakukan dengan golongan darah yang sama. Golongan darah O rhesus negatif sebetulnya bisa memberikan donor ke siapa pun karena tidak memiliki antigen A maupun B. Namun, supaya lebih aman, sebaiknya lakukan proses crossmatching terlebih dahulu dengan golongan darah penerima.

Baca Juga: Sudah Tahu Apa Golongan Darah Anda? Begini Cara Mengetahuinya

Fakta golongan darah rhesus negatif

Populasi golongan darah rhesus negatif cukup sedikit bila dibandingkan dengan pemilik rhesus positif. Faktanya, golongan darah Rh- terbesar dipegang oleh ras Kaukasia yakni sebanyak 15% dari populasi. Sementara Rh- paling sedikit ada pada ras Asia, yaitu 1% dari total populasi.

Golongan darah A, B, AB, dan O dengan rhesus negatif hanya bisa menerima transfusi darah dari golongan darah dan rhesus yang sama. Ini artinya, golongan darah Rh- tidak boleh menerima darah dari pemilik Rh+ karena berisiko.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Golongan darah A rhesus negatif hanya dapat menerima donor dari golongan darah:

  • O rhesus negatif
  • A rhesus negatif

Golongan darah B rhesus negatif hanya dapat menerima donor dari golongan darah:

  • O rhesus negatif
  • B rhesus negatif

Golongan darah AB rhesus negatif hanya dapat menerima donor dari golongan darah:

  • A rhesus negatif
  • B rhesus negatif
  • AB rhesus negatif
  • O rhesus negatif

Golongan darah O rhesus negatif hanya dapat menerima donor dari golongan darah:

  • O rhesus negatif

Waspadai rhesus negatif dalam kehamilan

Tak hanya untuk keperluan donor atau transfusi darah, mengetahui golongan darah dan rhesus juga penting dalam kehamilan. Pasalnya, bayi akan mendapatkan rhesus dari salah satu orangtuanya, apakah dari ibu atau ayahnya.

Memahami rhesus ibu juga penting bagi keselamatan janin dalam kandungan. Darah janin dalam kandungan akan brcampur dengan sejumlah kecil darah ibu. Jika ada ketidakcocokan antara rhesus ibu dan janin, maka tubuh ibu akan memproduksi antibodi untuk melawan golongan darah janinnya sendiri.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Lebih lanjut, antibodi ibu dapat mengalir lewat plasenta dan menangkal darah janin. Akibatnya, janin dapat mengalami penyakit rhesus atau anemia hemolitik.

Jika ibu hamil memiliki golongan darah rhesus negatif, maka ibu akan diberikan suntik Rh immunoglobulin (RhIg) menjelang 28 minggu usia kehamilan atau sesudah persalinan. Hal ini dapat membantu menangkal reaksi antibodi tubuh ibu untuk melawan janinnya sendiri. Akan tetapi, jenis suntikan RhIG tidak akan membantu banyak jika tubuh ibu sudah membentuk antibodi dari kehamilan sebelumnya.

Baca Juga: Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah (Anda yang Mana?)

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ratini, M. WebMD (2016). Blood Types: What to Know. (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/qa/what-are-the-different-blood-types)
Edelson, M. KidsHealth (2014). For Teens. Blood Types. (http://newlifeacademyga.com/common/pages/UserFile.aspx?fileId=11917607)
American Pregnancy Association (2017). Rh Factor. (https://americanpregnancy.org/pregnancy-complications/rh-factor/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app