Facial Yoga untuk Cegah Keriput, Efektif atau Cuma Trik Marketing?

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Facial Yoga untuk Cegah Keriput, Efektif atau Cuma Trik Marketing?

Ketika usia semakin bertambah, salah satu kehawatiran yang banyak dirasakan adalah munculnya keriput. Berbagai cara dilakukan banyak orang untuk mengurangi bahkan menghilangkan tampilan keriput di wajah. 

Salah satunya adalah melalui facial yang dipercaya bisa membuat wajah tampak awet muda, keriput dan garis halus di wajah menjadi memudar. Beberapa waktu belakangan ini dikenal istilah facial yoga yang juga dipercaya bisa memberikan manfaat mengurangi keriput dan membuat awet muda. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Apakah benar seperti itu? Berikut ulasannya.

Tentang facial yoga

Facial yoga adalah salah satu tren perawatan wajah ‘zaman now’ yang banyak dilakukan artis-artis Hollywood seperti Gwyneth Paltrow dan Jennifer Anniston. Perawatan ini didasarkan pada gerakan senam wajah dengan tujuan utama untuk melemaskan otot-otot wajah dan kulit. 

Dari sini klaim ‘awet muda dan mencegah keriput’ bermula.

Orang-orang yang mempopulerkan facial yoga percaya bila perawatan ini efektif untuk mencegah keriput karena otot wajah melekat pada kulit dan bukan tulang. Oleh karenanya melakukan gerakan yang membuat otot wajah bekerja bisa membuat kulit menjadi halus dan kencang.

Cara melakukan facial yoga

Gerakan facial yoga biasanya meliputi membuka mulut secara lebar, kemudian menjulurkan lidah sepanjang mungkin hingga menyentuh dagu. Gerakan ini juga diikuti dengan membuka mata secara lebar dan mengarahkan pandangan ke atas. 

Facial yoga juga bisa dilakukan dengan menyunggingkan senyum selebar mungkin.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Kemduian kembali ke posisi awal dan buta huruf O dengan menggunakan bibir. Biasanya juga dilakukan sambil mengucapkan huruf vocal uang lain atau kata lain. Lakukan gerakan ini secara jelas dan ekspresi wajah yang sesuai selama sepuluh detik.

Meskipun menjadi tren, beberapa pakar dermatologi, perngulangan menyipitkan atau mengedipkan mata yang dipraktekkan setiap hari di depan cermin ternyata justru bisa memperparah kondisi kulit. Hal ini karena pergerakan kulit akan mengikuti pola tertentu dan bisa menjadi penyebab wajah menjadi semakin kendur.

Sembarang senam bisa menyebabkan keriput

Berdasarkan Akademi Dermatologi Amerika, keriput merupakan garis, lipatan, dan kerutan yang muncul pada kulit. Kondisi ini adalah tanda proses penuaan yang tidak bisa dihindari. Ada banyak hal yang menyebabkan keriput muncul dengan lebih cepat seperti merokok dan paparan sianr matahari berlebih.

Penyebab keriput biasa terlihat pada bibit, hidung, telinga, rahang, mata, leher, bahu, dan punggung tangan adalah karena ekspresi wajah yang dibuat setiap hari. Ekspresi yang Anda buat selama bertahun-tahun bisa terukir pada wajah secara permanen.

Selain itu, beberapa pakar kecantikan ternyata meragukan klaim yoga bisa membantu mengurangi keriput dan berpikir bila hal ini masih kurang penelitian.

Bahkan, Akademi Dermatologi Amerika juga menyarankan pada siapapun untuk berhenti melakukan senam wajah. Hal ini karena senam wajah adalah treatmen yang tidak disarankan karena justru bisa memicu timbulnya keriput baru di wajah. 

Selain itu, melakukan facial yoga ternyata justru bisa menghilangkan elastisitas kulit.

Ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan keriput dan garis halus. Namun usahakan untuk melakukan perawatan yang sudah teruji klinis dan memberikan manfaat yang jelas. Jangan hanya melakukan perawatan karena tren dan tidak melakukan riset menyeluruh pada perawatan tersebut. 

Hal ini karena bisa saja perawatan yang sedang booming dilakukan ternyata tidak memberikan manfaat apa-apa dan malah menyebabkan muncul keriput baru.

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Does your face need a workout?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/does-your-face-need-a-workout)
Facial Exercises to Look Younger and Get a Muscular Jawline. Men's Journal. (https://www.mensjournal.com/health-fitness/facial-exercises-look-younger-and-get-muscular-jawline/)
Facial exercises: The key to looking younger?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320531)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Begini Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam
Begini Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

Terjadinya proses penuaan karena usia mungkin tidak dapat dihindari, namun berbagai faktor lainnya bisa ditangani, misalnya paparan sinar matahari, perubahan hormon, pola makan, stress dan merokok.

Buka di app