Efektivitas Sikat Gigi Elektrik

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Efektivitas Sikat Gigi Elektrik

Sikat gigi manual yang digunakan sekarang termasuk sikat gigi modern dan sudah dikembangkan sejak 1930-an. Yang kemudian terus dilakukan improvisasi hingga memunculkan sikat gigi elektrik tahun 1990-an. 

Sikat gigi ini diklaim praktis dan bebas pegal daripada penggunaan sikat gigi sebelumnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Namun, apakah benar sikat gigi elektrik ini terbukti efektif ? Simak penjelasannya berikut ini.

Keunggulan sikat gigi biasa

Jika dilakukan dengan tepat akan lebih efektif dalam pembersihan gigi Anda

Untuk mengoptimalkan kebersihan pada gigi, cukup melakukan sikat gigi selama dua menit untuk menjangkau bagian-bagian gigi dan membersihkannya dengan manual sehingga tidak perlu khawatir mengenai kesalahan tindakan.

Dengan cara manual dalam menyikat gigi, Anda mampu mengendalikan gerakan dan kuatnya tekanan sikat gigi. Sehingga Anda bisa lebih menyesuaikannya. 

Tekanan pada gigi yang terlalu kuat saat menggosok gigi dapat berbahaya karena mengakibatkan kerusakan lapisan email gigi, menimbulkan luka gusi atau rasa sakit, meningkatkan sensitivitas gigi, bahkan meningkatkan risiko pembusukan gigi.

Apabila menggunakan sikat gigi elektrik, teknologi mode listriknyalah yang akan mengendalikan tekanan sikat gigi. Anda tidak dapat menyesuaikannya sendiri.

Harganya murah dan praktis penggunaannya

Harga sikat gigi manual tergolong murah dan bisa dibeli di mana saja, di warung, swalayan, atau dari kunjungan dokter gigi. Namun yang harus diperhatikan adalah setiap 3 bulan, harus rutin mengganti sikat gigi manual.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Dental Spa Upstairs Dental Clinic

Pembersihan karang gigi menggunakan alat ultrasonik sehingga permukaan gigi tidak ada yang diasah maupun dirusak. Dental spa dilakukan untuk menutrisi gusi setelah karang gigi telah dibersihkan secara keseluruhan dengan dikumur selama 1 menit.

Pembersihan karang gigi dan dental spa   1 kali   upstairs dental clinic

Dikatakan praktis karena tidak perlu repot menyiapkan cadangan baterai atau saat lupa membawa chargernya. Yang dibutuhkan hanya penutup kepala sikat gigi, biasanya sudah disertakan langsung oleh produknya.

Variasi produknya banyak

Sekarang, sudah banyak variasi sikat gigi manual di toko yang menjualnya, mulai dari :

  • Jenis bulu sikatnya;
  • Bentuk kepala sikatnya; dan
  • Warna bulu sikat atau warna body sikat giginya.

Bagi Anda yang giginya sensitif, pilihlah model bulu sikat yang lembut. Anda juga bisa memilih ukuran kepala sikat yang ramping atau kecil, jika mulut dan rahang Anda tergolong kecil.

Pada sikat gigi manualpun, ada rancangan khusus versi anak-anak dengan berbagai model, bentuk dan ukuran serta warna dan desainnya.  Anda tidak akan kehabisan model variasi.

Kelemahan sikat gigi biasa

Memerlukan ekstra tenaga dan waktu

Untuk menggunakan sikat gigi manual, Anda harus menggerakannya secara manual. Jadi, untuk mendapatkan hasil pembersihan gigi yang efektif, Anda harus memahami teknik menyikat gigi dan durasi waktu yang tepat. 

Setidaknya menyikat gigi dilakukan selama dua menit.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi Dan Remove Stain 1 Kali di Fre DentalCare

1. Pembersihan karang gigi dan stain dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. 2. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan remove stain   1x   fre dentalcare

Jika Anda terburu-buru, penggunaan sikat gigi manual jadi kurang terkontrol dan Anda bisa menjadi sembarangan menggunakannya sehingga tidak efektif.

Anda juga harus bisa memperkirakan waktu menyikat gigi sendiri, jika terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi.

Keunggulan sikat gigi elektrik

Lebih cocok untuk anak-anak serta orang yang terbatas geraknya

Cara menggunakan sikat gigi elektrik adalah dengan memposisikan sikat pada sudut 45 derajat dan sikat akan bekerja dengan sendirinya.

Kemudahan ini membantu orang yang sulit menggerakkan tangannya seperti lansia dan penderita arthritis, dokter akan meyarankan untuk beralih ke sikat gigi elektrik untuk membersihkan gigi dan mulut dengan lebih efektif.

Sikat gigi elektrik juga bisa untuk anak-anak atau Anda yang beralasan malas maupun tidak ingin gosok gigi , karena tidak akan menguras waktu, tenaga dan lebih menyenangkan.

Efektif untuk mengurangi plak gigi serta gingivitis

Banyak manfaat dari sikat gigi elektrik seperti :

  • Mampu mengurangi plak gigi 21% lebih banyak;
  • Mampu menurunkan risiko gingivitis/radang gusi mencapai 11%; dan
  • Mampu meningkatkan kesehatan gusi setelah 3 bulan rutin menggunakannya terutama apabila menggunakan sikat gigi elektrik berfitur rotation oscillation, yaitu bulu sikat yang berputar sekaligus secara bolak-balik.
  1. Memiliki timer dan tidak perlu menekan terlalu keras agar bersih

Sikat gigi elektrik dengan fitur built-in timer akan menghentikan putaran sikat secara otomatis ketika waktu timer habis. Sehingga menghindarkan Anda dari terlalu lama dan keras dalam menyikat gigi.

Kelemahan sikat gigi elektrik

Harganya lebih mahal

Menggunakan sikat gigi elektrik berarti harus siap dengan berbagai kemungkinan yang membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang, seperti :

  • Mengganti kepala sikat giginya dengan rutin (dijual terpisah);
  • Membeli baterai cadangan; dan
  • Memperbaiki atau beli baru jika terjatuh, rusak dan di luar garansi.

Tidak begitu praktis

Anda harus :

  • Menyiapkan tempat lebih besar karena ukurannya yang lebih besar dibanding sikat gigi manual;
  • Menyiapkan baterai cadangan dan charger;
  • Mengisi daya terlebih dahulu; atau
  • Mencolokkan ke colokan listrik terdekat saat menggunakannya jika bukan jenis wireless.

Meningkatkan jumlah bakteri dalam darah Anda

Penelitian telah membuktikannya, apalagi jika digunakan oleh orang dengan kondisi jantung tertentu, dapat meningkatkan risiko terkena infeksi jantung.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yaacob M, et al. (2014). Powered/electric toothbrushes compared to manual toothbrushes for maintaining oral health. (http://www.cochrane.org/CD002281/ORAL_poweredelectric-toothbrushes-compared-to-manual-toothbrushes-for-maintaining-oral-health)
Wiegand A, et al. (2013). Brushing force of manual and sonic toothbrushes affects dental hard tissue abrasion. DOI: (https://doi.org/10.1007/s00784-012-0788-z)
Stiller S, et al. (2010). Interproximal access efficacy of three manual toothbrushes with extended, x-angled or flat multitufted bristles. DOI: Toothbrushes. (2017.) (https://doi.org/10.1111/j.1601-5037.2010.00453.x)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app