Efek Samping Memutihkan Gigi dengan Bleaching

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Efek Samping Memutihkan Gigi dengan Bleaching

Penampilan fisik adalah hal yang bagi sebagian banyak orang menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Mulai dari wajah, kulit, termasuk juga warna gigi. 

Banyak orang yang rela mengocek saku dalam untuk biaya perawatan tubuh mereka, salah satunya untuk memutihkan warna gigi.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Bleaching Gigi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket bleaching gigi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d02 bleaching gigi

Sekarang sudah banyak beredar bahkan dijual bebas produk-produk pemutih gigi yang diyakini ampuh dan efektif untuk memutihkan gigi, baik dalam bentuk strip, pasta gigi hingga jasa layanan memutihkan gigi di berbagai klinik kecantikan.

Akan tetapi, apakah memang hal tersebut efektif memutihkan gigi Anda ? Apakah produk dan prosedur tersebut aman untuk kesehatan Anda terutama kesehatan gigi dan mulut Anda ? Simak penjelasannya lebih lengkap di bawah ini.

Apakah pemutih gigi itu ?

Banyak orang yang menginginkan warna giginya menjadi lebih putih dengan menggunakan pemutih gigi. Pemutih gigi memang dapat menjadikan warna gigi lebih putih. 

Namun, ada perbedaan hasil dari proses pemutihan gigi pada tiap warna gigi yang berbeda.

Untuk gigi dengan warna yang kecoklatan akan lebih sulit menjadi putih dibandingkan gigi yang kuning. Sedangkan gigi yang berwarna keunguan, abu atau kebiruan akan lebih sulit lagi diputihkan dengan pemutih gigi. 

Maka dari itu, sebelum Anda melakukan pemutihan gigi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter gigi Anda agar hasilnya lebih optimal.

Iklan dari HonestDocs
Bleaching (Pemutihan Warna Gigi) Di Tooth's Kingdom Dental Care

Bleaching Gigi merupakan salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk membuat gigi lebih putih dan cerah

Istock 1171929300 %281%29

Hasil dari pemutihan gigi dapat berbeda-beda, tergantung dari beberapa faktor berikut ini :

  • Produk pemutih gigi yang dipakai;
  • Kondisi gigi;
  • Noda yang ada pada gigi;
  • Konsentrasi pemutih yang digunakan;
  • Durasi waktu; dan
  • Sistem prosedur pemutihan yang dilakukan.

Apakah pemutih gigi efeknya permanen?

Warna putih gigi dapat bertahan lama, tergantung dari gaya hidup Anda. Sebaiknya hindari makanan dan minuman seperti kopi, teh, soda, makanan manis, dan makanan yang mengandung asam, agar warna gigi putih Anda bisa bertahan hingga satu tahun bahkan lebih.  

Karena makanan dan minuman tersebut dapat mempengaruhi perubahan warna gigi, sehingga gigi putih Anda mungkin tidak akan bertahan lama hingga lebih dari satu bulan jika sering mengkonsumsinya.

Apa yang bisa saya lakukan untuk mempertahankan gigi yang sudah diputihkan tersebut?

  • Hindari makanan dan minuman yang dapat meninggalkan noda di gigi. Jika harus mengkonsumsinya, gunakan sedotan supaya tidak terkena gigi Anda secara langsung;
  • Sikat gigilah setelah mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut;
  • Jagalah kebersihan gigi Anda dengan selalu sikat gigi minimal dua kali sehari dan gunakan dental floss (benang tipis untuk membersihkan sela gigi) minimal sekali sehari. Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih gigi untuk menjaga warna putih gigi Anda setidaknya sekali atau dua kali seminggu; dan
  • Kontrol rutin gigi Anda minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Apakah ada efek samping yang timbul jika memutihkan gigi?

Setelah melakukan prosedur pemutihan gigi, ada dua kemungkinan efek yang terjadi yaitu :

  • Gigi menjadi sensitif pada awalnya; dan
  • Terjadi iritasi di dinding mulut pada akhirnya (kedua hal ini hanya terjadi sementara dan dalam jangka waktu pendek sekitar 1 hingga 3 hari saja)

Apabila gigi menjadi sensitif, berikut tips untuk mengurangi gejalanya :

  • Gosok gigi memakai pasta gigi khusus gigi sensitif, yang mengandung kalium nitrat (mampu mengurangi ketegangan saraf pada gigi);
  • Hentikan sementara penggunaan obat pemutih gigi selama 2 hingga 3 hari agar gigi bisa beradaptasi terhadap obat tersebut; dan
  • Anda dapat menggunakan produk dengan kandungan fluoride tinggi 4 menit sebelum memutihkan gigi, untuk me remineralisasi gigi Anda.

Apakah pemutih gigi merusak enamel gigi?

Enamel gigi merupakan lapisan email gigi atau lapisan terluar gigi. Pemutih gigi yang mengandung carbamide peroxide dapat merusak lapisan ini, namun biasanya dokter memberikan dengan kadar hanya 10 persen, jadi akan lebih aman.

Apakah proses memutihkan gigi ini merusak saraf gigi?

Hingga sekarang belum ada studi yang membuktikan adanya dampak jangka panjang akibat proses pemutihan gigi. 

Studi yang dilakukan selama 4,5-7 tahun hanya menunjukkan jika melakukan proses pemutihan gigi maka memerlukan perawatan saluran akar guna mencegah berbagai gangguan gigi yang dapat muncul ke depannya.

20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
[Teeth whitening with 6% hydrogen peroxide vs. 35% hydrogen peroxide, a comparative controlled study]. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25799793)
Does Natural Teeth Whitening Work?. MouthHealthy. (https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/w/natural-teeth-whitening)
How Can I Whiten My Teeth at Home? What Tooth Whiteners Work?. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/white-teeth-tips#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app