Makanan dan Diet Sehat

Tubuh langsing ialah impian setiap manusia. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal tentu tidak mudah apalagi badan kamu termasuk badan yang gemuk. Baca di sini!

Dipublish tanggal: Mar 6, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tubuh langsing ialah impian setiap manusia. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal tentu tidak mudah apalagi badan kamu termasuk badan yang gemuk. Baca di sini!

Ya, pertama kali kamu mendengar kata lemak, pasti langsung terbersit dalam pikiran kamu bahwa lemak ialah tubuh yang gemuk dan merupakan hal yang paling ingin dihindari oleh rata-rata seluruh orang di dunia ini baik wanita ataupun pria. 

Banyak sekali orang diluar sana yang berkompetisi dengan diri dan sesamanya untuk menghilangkan lemak di dalam tubuh mereka baik dengan cara tradisional yaitu berolahraga, ataupun dengan cara yang instan dengan pergi ke klinik-klinik kecantikan penghilak lemak dan sampai ada yang rela mengelontorkan sejumlah uang untuk melakukan sedot lemak bila ingin hasil yang relatif mudah dan cepat. T

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

api tahukah kamu, lemak tidak hanya melulu soal gemuk dalam tubuh, lemakpun mempunyai sisi positif yang baik dalam tubuh kamu. Yuk disini kita akan bahas lebih lanjut mengenai sisi baik dan buruk dari lemak.

Sisi positif lemak bagi tubuh manusia

  • Sumber Energi
    Dalam setiap 1 gram lemak menyediakan sekitar 9 kalori untuk tubuh. Lemak yang baik ternyata bermanfaat untuk menjadi sumber energi. Tubuh kamu tidak akan mampu bergerak atau melakukan aktifitas tanpa adanya energi.

    Bahkan jika kamu kekurangan energi, maka kamu dengan tubuh yang mempunyai tingkat kekebalan rendah akan mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit. 

  • Membantu menyerap vitamin dalam tubuh
    Lemak membantu menyerap berbagai jenis vitamin dan mengedarkan vitamin ke berbagai bagian tubuh lain. Lemak juga memudahkan tubuh untuk menyerap berbagai jenis vitamin seperti A, D, E, dan K yang masuk ke dalam tubuh kamu melalui darah.

  • Penunjang dan pelindung pertumbuhan sistem sel
    Tubuh kamu terdiri dari banyak sel yang tidak bisa terhitung secara menyeluruh. Setiap jenis sel diperlukan tubuh untuk membentuk tubuh yang sehat. Sel-sel yang sehat akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

    Lemak juga penting untuk memberikan perlindungan pada lapisan luar sel atau membran sel. Jika kamu tidak memiliki sel yang sehat maka tubuh dan organ tubuh akan terganggu dan membuat kamu mudah terserang penyakit.

  • Penunjang fungsi otak
    Lemak menyediakan asam essensial yang tidak dapat diproduski oleh tubuh dan harus didapatkan dari berbagai jenis makanan. Peran dari jenis asam lemak essensisial linoleat dan asam linoleat penting untuk mengatasi peradangan, perkembangan otak dan juga mengurangi resiko penyakit pembuluh darah.

    Lemak juga membuat sel-sel dalam otak terus berkembang dan membentuk lapisan sel yang sehat. Secara khusus lemak juga membantu tubuh kamu agar bisa berpikir cepat sehingga lemak mempengaruhi kecerdasan otak.
  • Meningkatkan kesuburan 
    Lemak ternyata juga memiliki peran untuk membantu menjaga kesuburan. Wanita atau remaja dengan kadar lemak yang normal dalam tubuhnya dan dalam usia subur bisa mendapatkan sikulus menstruasi yang lebih teratur daripada wanita yang mengalami masalah kekurangan lemak. 

Sisi negatif lemak bagi tubuh manusia

  • Obesitas
    Kata Obesitas pastinya tidak asing lagi untuk kamu dengar sekarang ini. Peredaran fastfood, gorengan dan makanan dengan kadar minyak tinggi memang marak dikonsumsi di jaman sekarang ini.

    Nah obesitas sendiri bisa terjadi dalam tubuh kamu dikarenakan berbagai sumber lemak yang terus menumpuk dalam tubuh kamu dan tidak dapat dimanfaatkan atau diolah oleh tubuh menjadi sumber energi yang baik dan bila kondisi ini terus dibiarkan, tubuh kamu bisa menjadi sangat gemuk dan menyebabkan obesitas. 

  • Sumber penyakit
    Melanjuti pembicaraan mengenai obesitas, badan seseorang yang mengalami lemak berlebih ini tentu saja akan sangat rentan diserang berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, dan yang paling berbahaya bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa alat vital tubuh manusia seperti penyakit jantung, stroke, penyakit pada hati dan juga paru-paru.

  • Meningkatkan resiko penyakit kanker
    Pola makan yang buruk seperti terlalu banyak mengkonsumsi lemak dan tidak mengkonsumsi makanan kaya serat dengan baik akan memicu tumbuhnya sel kanker di berbagai organ tubuh.

    Beberapa jenis kanker yang paling sering terjadi adalah kanker usus besar, kandung empedu, ginjal dan berbagai kanker yang menyerang organ reproduksi.

  • Menyebabkan sembelit
    Bagi kamu yang terbiasa mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung lemak tinggi bisa mempengaruhi sistem kerja organ tubuh. Akibat yang paling mudah terjadi adalah gangguan pada organ pencernaan seperti usus dan perut.

    Lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dikonsumsi sehingga terkadang organ lambung tidak bisa kosong sepenuhnya. Penyakit yang paling sering terjadi adalah sembelit. Sembelit menjadi salah satu pertanda bahwa perut dan sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik

Maka dengan itu, konsumsilah lemak dengan cukup dan sewajarnya, karena apapun yang sifatnya berlebihan tidak akan baik fungsinya bagi tubuh kamu.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Fat: the facts. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/different-fats-nutrition/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app