Pueraria: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Pueraria mirifica adalah tanaman yang tumbuh di Thailand dan bagian lain di Asia Tenggara. Tanaman ini dikenal sebagai Kwao Krua. Selama lebih dari 100 tahun, akar Pueraria mirifica telah digunakan sebagai pengobatan tradisional di Thailand untuk meningkatkan peremajaan tubuh baik pada pria maupun wanita.

Senyawa tanaman tertentu yang dikenal sebagai fitoestrogen merupakan komponen aktif utama dari Pueraria mirifica. Senyawa tersebut memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen pada tubuh. Karena efek estrogenik yang kuat, Pueraria mirifica dijual sebagai suplemen herbal, dan digunakan untuk mengobati gejala menopause. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa tanaman tersebut memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Manfaat Pueraria mirifica

  • Meredakan Gejala Menopause
    Fitoestrogen adalah senyawa tanaman yang mirip dengan estrogen. Karena Pueraria mirifica kaya akan fitoestrogen, tanaman ini dapat digunakan untuk meredakan gejala menopause akibat kekurangan estrogen.
  • Mengurangi kekeringan Vagina
    Pueraria mirifica merupakan salah satu obat yang efektif untuk meningkatkan kesehatan jaringan vagina dan mengatasi kekeringan pada vagina.
  • Meningkatkan Kesehatan Tulang
    Berkurangnya jumlah estrogen pasca menopause dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis yang merupakan masalah kesehatan utama bagi wanita menopause dan pascamenopause. Pueraria mirifica dapat diberikan sebagai terapi hormonal untuk mencegah terjadinya osteoporosis.
  • Meningkatkan Aktivitas Antioksidan
    Antioksidan adalah senyawa kimia yang dapat mengurangi tingkat stres dan kerusakan oksidatif dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan penyakit. Senyawa fitoestrogen yang ditemukan dalam tanaman Pueraria mirifica dapat meningkatkan fungsi antioksidan dalam tubuh.
  • Memiliki Efek Antikanker
    Berpotensi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Beberapa studi menunjukkan bahwa tanaman dan senyawa phytoestrogen dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara
  • Meningkatkan Kesehatan Jantung
    Pueraria mirifica juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda - terutama karena kesehatan jantung dipengaruhi oleh penurunan kadar estrogen selama dan setelah menopause.
  • Meningkatkan Kesehatan Otak
    Estrogen memainkan peran penting dalam memelihara otak dan sistem saraf yang sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa estrogenik yang terdapat di dalam Pueraria mirifica dapat melindungi dari kerusakan otak dan sistem saraf yang mungkin terjadi akibat penurunan kadar estrogen.

Dosis Pueraria mirifica

Produk herbal ini tersedia dalam bentuk sediaan topikal (krim, gel, dan sabun) atau oral (kapsul atau tablet). Beberapa studi klinis mengatakan dosis yang aman untuk penggunaan Pueraria mirifica adalah 200 hingga 400 mg (diekstrak dari akar atau umbi). Untuk pembesaran payudara, disarankan untuk diaplikasikan secara topikal dua kali sehari pada area payudara selama 3 hingga 5 menit sampai sepenuhnya terserap.

Efek Samping Pueraria mirifica

Pueraria mirifica dipasarkan sebagai alternatif yang "lebih aman" daripada terapi penggantian hormon konvensional (penggunaan pil KB atau progesteron) - yang diketahui memiliki efek samping yang serius, termasuk peningkatan risiko kanker, pembekuan darah, serangan jantung, dan stroke.

Namun, beberapa ahli percaya bahwa suplemen yang berasal dari tanaman juga memiliki kekuatan estrogenik yang sama dengan terapi hormon konvensional. Karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum mengambil suplemen herbal apa pun untuk mengobati kondisi suatu kondisi medis.

Interaksi Pueraria mirifica

  • Mengambil kudzu bersama dengan pil KB dapat menurunkan efektivitas pil KB.
  • Estrogen
    Mengkonsumsi Pueraria mirifica bersamaan dengan tambahan hormon estrogen dapat menyebabkan sakit kepala, detak jantung yang cepat, dan efek samping lainnya. Jika Anda mengkonsumsi estrogen.
  • Obat-obatan yang memperlambat pembekuan darah (obat-obatan Antikoagulan / Antiplatelet)
    Mengkonsumsi Pueraria mirifica bersama dengan obat-obatan yang memperlambat proses pembekuan darah dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan.
  • Methotrexate (MTX, Rheumatrex)
    Pueraria mirifica dapat mengurangi seberapa cepat tubuh mengeluarkan metotreksat (Rheumatrex). Sehingga dapat meningkatkan risiko efek samping metotreksat.
  • Tamoxifen (Nolvadex)
    kudzu dapat menurunkan efektivitas tamoxifen
  • Obat untuk diabetes (obat antidiabetes)
    Mengkonsumsi kudzu bersama dengan obat diabetes dapat menurunkan kadar gula darah hingga terlalu rendah.

Perhatian

Kehamilan dan menyusui: Tidak ada informasi yang cukup mengenai keamanan penggunaan Pueraria mirifica pada wanita hamil atau menyusui.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pueraria Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/pueraria.html)
Pueraria Mirifica: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-pueraria-mirifica-88654)
7 Emerging Benefits of Pueraria mirifica. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/pueraria-mirifica)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app