Drospirenone: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Sep 9, 2020 Update terakhir: Sep 9, 2020 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Drospirenone bekerja dengan cara menghambat pematangan folikel dan ovulasi, sehingga mencegah terjadinya kehamilan.
  • Manfaat drospirenone jgua dapat membantu mengobati gejala gangguan disforik pramenstruasi (PMDD) hingga jerawat sedang. 
  • Tidak untuk wanita usia 35 tahun ke atas, wanita perokok, ibu hamil, wanita yang berisiko tinggi hiperkalemia, dan anak usia < 14 tahun.
  • Dosis drospirenone dalam pil KB Yaz adalah 1 x sehari 1 tablet, diminum sejak hari pertama haid dan dilanjutkan mengikuti arah pada kemasan.
  • Beberapa efek samping drospirenone adalah perubahan nafsu makan, gairah seks menurun, perut kembung atau kram, dan berat badan naik.
  • Klik untuk mendapatkan Drospirenone atau alat kontrasepsi & hormon lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Drospirenone adalah satu dari beberapa jenis progestin yang digunakan dalam pil KB, contohnya merek Yaz. Kebanyakan pil hormonal menggabungkan hormon progesteron versi sintesis dengan hormon estrogen versi sintesis pula.

Drospirenone bekerja dengan cara menghambat pematangan folikel dan ovulasi, sehingga mencegah terjadinya kehamilan. Selain itu, hormon yang satu ini juga memiliki efek antiandrogen yang mampu mengatasi jerawat sekaligus mencegahnya pertumbuhan rambut pada tubuh (hirsutisme).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tak hanya mencegah kehamilan, beberapa pil KB yang mengandung drospirenone juga dapat digunakan untuk mengobati gejala gangguan disforik pramenstruasi (PMDD) hingga jerawat sedang. 

Mengenai Drospirenone

Golongan

Pil KB

Kemasan

Blister

Kandungan

Drospirenone

Manfaat Drospirenone

Drospirenone biasanya dikombinasikan dengan etinil estradiol dalam pil hormonal, contohnya merek pil KB Yaz. Kombinasi keduanya mampu menekan pelepasan hormon perangsang folikel (FSH) dan hormon LH, yang kemudian mencegah terjadinya ovulasi. 

Secara bersamaan, gabungan drospirenone dan etinil estradiol juga dapat mengubah konsistensi lendir serviks dan menghambat pergerakan sperma. Akibatnya, potensi terjadinya pembuahan menjadi sangat kecil dan mencegah kehamilan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berbagai manfaat drospirenone adalah sebagai berikut:

  • Menunda atau mencegah kehamilan
  • Mengobati gejala gangguan disforik pramenstruasi (PMDD)
  • Mengatasi jerawat sedang (acne vulgaris)
  • Membantu meningkatkan kadar folat

Jika dikombinasikan dengan estrogen, drospirenone dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita yang sudah menopause setidaknya selama 1 tahun. Kombinasi keduanya juga mampu menangani gejala terkait menopause, seperti gejala vasomotor dan atrofi vulvovaginal.

Ketika digunakan untuk obat jerawat, pil KB ini hanya boleh digunakan pada wanita usia 14 tahun ke atas yang sudah haid. Wanita tersebut juga harus dinyatakan sehat dan tidak memiliki kontraindikasi apa pun terhadap kontrasepsi oral.

Kontraindikasi

  • Wanita usia 35 tahun ke atas
  • Wanita perokok
  • Ibu hamil
  • Anak usia < 14 tahun

Efek samping Drospirenone

Karena mirip dengan progesteron alami, efek samping drospirenone dinilai lebih rendah dibandingkan kontrasepsi progesteron lainnya. Payudara tidak terlalu nyeri dan perubahan suasana hati wanita pun tak terlalu ekstrem.

Beberapa efek samping drospirenone yang mungkin terjadi antara lain:

  • Perubahan nafsu makan
  • Gairah seks menurun
  • Perut kembung atau kram
  • Mudah lelah
  • Berat badan naik

Sama seperti kontrasepsi oral lainnya, drospirenone juga dapat meningkatkan risiko tromboemboli vena dan gangguan kardiovaskular. Kondisi ini bisa diperparah jika digunakan oleh wanita berusia 35 tahun ke atas dan memiliki kebiasaan merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain itu, drospirenone juga memiliki efek antimineralcorticoid yang dapat meningkatkan risiko hiperkalemia (kadar kalium tinggi dalam darah). Oleh karena itulah, wanita yang punya kebiasaan merokok dan berisiko tinggi hiperkalemia sebaiknya menghindari pil KB ini.

Dosis Drospirenone

Dosis drospirenone dalam pil KB Yaz adalah 1 x sehari 1 tablet. Mulailah minum pil KB pada hari pertama menstruasi, cocokkan harinya, lalu ikuti arah yang tertera pada kemasan pil KB.

Pil KB sebaiknya diminum pada waktu yang sama setiap hari agar hasilnya efektif. Misalnya, jika Anda minum pil KB pada jam 7 malam sesudah makan malam, maka lakukan hal yang sama keesokan harinya dan seterusnya.

Interaksi Drospirenone

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, obat tidak dapat bekerja dengan maksimal atau bahkan menimbulkan racun yang membahayakan tubuh.

Jenis obat yang dapat berinteraksi dengan drospirenone adalah:

  • Paracetamol: meningkaktan metabolisme drospirenone
  • Acyclovir: menurunkan efektivitas obat
  • Aldosteron: meningkatkan konsentrasi serum aldosteron
  • Amoxicillin: menurunkan efektivitas obat
  • Betamethasone: meningkatkan konsetrasi serum dorspirenone

Masih ada banyak jenis obat lainnya yang dapat berinteraksi dengan drospirenone, namun tidak dicantumkan di atas. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang sedang Anda konsumsi dan beri tahukan pada dokter sebelum menggunakan drospirenone.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan pil KB yang mengandung drospirenone adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan alat kontrasepsi jenis apa pun, termasuk pil KB, sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter.
  • Tidak untuk wanita usia 35 tahun ke atas, ibu hamil, dan wanita yang berisiko tinggi hiperkalemia.
  • Hindari merokok selama menggunakan pil KB, karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga stroke.
  • Beri tahukan dokter jika Anda memiliki riwayat diabetes, hipertensi perdarahan vagina abnormal, penyakit kantung empedu, penyakit jantung atau serangan jantung, hingga stroke.
  • Konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan pil KB untuk ibu menyusui.

Artikel terkait:


6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app