Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Makanan dan Diet Sehat

Tips Diet Sehat Agar Memiliki Bentuk Badan Yang Ideal

Update terakhir: NOV 17, 2019 Tinjau pada NOV 17, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.294.438 orang

Tips Diet Sehat Agar Memiliki Bentuk Badan Yang Ideal

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan, mulai dari aspek kesehatan,makanan, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari sedangkan diet adalah suatu pola atau jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh individu.Diet dalam ilmu gizi bisa diartikan dengan jumlah, kualitas, komposisi suatu menu makanan yang dikonsumsi oleh individu atau organisme tertentu. 

Makan sehat bukanlah tentang keterbatasan diet yang ketat, atau merampas makanan yang Anda sukai. Sebaliknya, ini tentang perasaan senang, memiliki lebih banyak energi, meningkatkan kesehatan Anda, dan menstabilkan mood Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Menurut masyarakat awam, Diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya dalam menurunkan atau mengatur asupan nutrisi tertentu.Pengertian diet lainnya yaitu “ kegiatan membatasi nutrisi berupa kalori dengan sengaja, yang dimaksudkan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih kurus”.

Dapat diartikan bahwa perilaku diet ini menekankan pada usaha penurunan berat badan yang dapat dilakukan dengan berbagai cara namun tetap berfokus pada pengaturan pola makan oleh pelaku diet.

Bagaimana cara makan sehat bisa meningkatkan mood anda?

Kita semua tahu bahwa makan dengan pola yang benar dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan menghindari masalah kesehatan tertentu, namun diet Anda juga dapat memiliki efek mendalam pada suasana hati Anda. 

Studi telah menghubungkan pola makan khas Barat-yang dipenuhi dengan daging olahan, makanan kemasan, makanan ringan, dan makanan ringan bergula - dengan tingkat depresi, stres, gangguan bipolar, dan kecemasan yang lebih tinggi. 

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat bahkan mungkin berperan dalam pengembangan gangguan kesehatan mental seperti ADHD, penyakit Alzheimer, dan skizofrenia, atau peningkatan risiko bunuh diri pada orang muda.

Mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran segar, memasak makanan di rumah, dan mengurangi asupan gula dan karbohidrat olahan, di sisi lain, dapat membantu memperbaiki mood dan menurunkan risiko Anda untuk masalah kesehatan mental.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apa yang dimaksud dengan diet sehat?

Mengonsumsi makanan sehat tidak harus terlalu rumit. Sementara beberapa makanan atau nutrisi tertentu telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada mood Anda, ini adalah pola diet Anda secara keseluruhan yang paling penting. 

Landasan pola diet yang sehat harus mengganti makanan olahan atau instan dengan makanan sungguhan bila memungkinkan.

Membangun makanan sehat anda  

Sementara beberapa diet ekstrem mungkin menyarankan sebaliknya, kita semua membutuhkan keseimbangan protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral dalam makanan kita untuk menopang tubuh yang sehat. 

Anda tidak perlu menghilangkan kategori makanan tertentu dari makanan Anda, namun memilih pilihan paling sehat dari setiap kategori.  

Protein 

Protein memberi kita energi dan juga mendukung fungsi mood dan kognitif. Terlalu banyak protein bisa berbahaya bagi orang dengan penyakit ginjal, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak dari kita membutuhkan lebih banyak protein berkualitas tinggi, terutama seiring bertambahnya usia.  Itu tidak berarti Anda harus makan lebih banyak produk hewani - berbagai sumber protein nabati setiap hari dapat memastikan tubuh Anda mendapatkan semua protein penting yang dibutuhkan

Lemak  

Tidak semua lemak sama. Sementara lemak jahat bisa merusak diet Anda dan meningkatkan risiko penyakit tertentu, lemak baik melindungi otak dan jantung Anda. Sebenarnya, lemak sehat - seperti omega-3 - sangat penting bagi kesehatan fisik dan emosional Anda.  Memahami cara memasukkan lebih banyak lemak sehat dalam makanan Anda dapat membantu memperbaiki mood Anda, meningkatkan kesehatan Anda, dan bahkan mengurangi lingkar pinggang Anda

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Serat

Berbagai macam variasi dari buah-buahan dan sayuran sebaiknnya dikonsumsi paling sedikit lima porsi sehari.

Kalsium

Tubuh Anda menggunakan kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang sehat, jaga agar tetap kuat seiring bertambahnya usia, Serta dapat menyebabkan osteoporosis,  bila tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan Anda ,juga dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan kesulitan tidur.  Apapun usia atau jenis kelamin Anda, sangat penting untuk memasukkan makanan kaya kalsium dalam makanan Anda. Susu dan produk-produk olahan dari susu sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang sedang dan mengandung kadar lemak yang rendah, apabila memungkinkan.

Konsumsi Air minum cukup air

Dengan minum maka tubuh akan berstamina, karena tubuh mudah berkeringat, sehingga di butuhkan air yang dapat mengganti keringat yang sudah keluar, sebaiknya anda minum hingga 2 L air perhari, hal ini juga dapat menghilangkan racun dalam tubuh.    

Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama tubuh Anda. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat sebaiknya dikonsumsi, khususnya yang mengandung serat tinggi seperti roti, pasta, sereal, dan kentang.  Untuk Indonesia sendiri, Karbohidrat lebih umum dikonsumsi dalam bentuk nasi, roti, mie, atau kentang sebagai makanan pokok yang dimakan setiap hari.Mengurangi konsumsi roti tawar, kue kering, pati, dan gula dapat mencegah lonjakan gula darah yang cepat, fluktuasi mood dan energi, dan penumpukan lemak, terutama di sekitar lingkar pinggang Anda.

Moderasi: penting untuk diet sehat!

Apa itu moderasi? Intinya, itu berarti makan hanya sebanyak makanan yang dibutuhkan tubuh Anda. Anda harus merasa puas pada akhir makan. Bagi banyak dari kita, moderasi berarti makan lebih sedikit dari yang kita lakukan sekarang. 

Tapi bukan berarti menghilangkan makanan yang Anda cintai. Makan bacon untuk sarapan seminggu sekali, misalnya, bisa dianggap tidak berlebihan jika Anda mengikutinya dengan makan siang dan makan malam yang sehat, tapi dapat dikatakan berlebihan  jika Anda mengikutinya dengan sekotak donat dan pizza sosis.  

Cobalah untuk tidak memikirkan makanan tertentu sebagai makanan yang "terlarang."

Saat Anda melarang makanan tertentu, wajar jika sangat menginginkan makanan itu, dan kemudian merasa gagal jika Anda menyerah pada godaan. Mulailah dengan mengurangi ukuran porsi makanan yang tidak sehat dan tidak sering mengonsumsinya. 

Saat Anda mengurangi asupan makanan yang tidak sehat, Anda mungkin mendapati diri Anda kurang berselera atau kurang menidam-idamkan makanan tersebut.    

Pikirkan porsi yang lebih kecil Di rumah, Sajian daging, ikan, atau ayam Anda harus seukuran setumpuk kartu dan setengah cangkir kentang , nasi, atau pasta. Dengan menyajikan makanan Anda di piring yang lebih kecil atau di mangkuk, Anda bisa menipu otak Anda agar berpikir itu porsi yang lebih besar.  Jika Anda tidak merasa puas pada akhir makan, tambahkan lebih banyak sayuran berdaun atau selesaikan makanan dengan buah.  

Gunakan/ nikmatilah waktumu Sebenarnya butuh beberapa menit agar otak Anda memberi tahu tubuh Anda bahwa makanannya sudah cukup, makan perlahan dan berhenti makan sebelum merasa kenyang.  

Makan bersama orang lain sebisa mungkin Makan sendirian, terutama di depan TV atau komputer, sering menyebabkan makan berlebihan tanpa sadar.

Referensi

Berkeley Wellness University of California. 14 Keys to a Healthy Diet.

Bjarnadottir, A. Healthline (2017). 30 Easy Ways to Lose Weight Naturally (Backed by Science).

Blahd, W. WebMD (2017). Slideshow: 10 Ways to Boost Your Metabolism.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit