Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA

Diacylglycerol Oil: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 5, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.240.949 orang

Diacylglycerol oil biasanya ditemukan dalam jumlah yang kecil dalam kandungan minyak nabati. Kandungan diacylglycerol oil merupakan kombinasi minyak kedelai dan minyak canola yang diolah melalui proses enzimatik, serta campuran minyak jagung dan minyak zaitun di dalamnya.

Dalam bentuk yang terkonsentrasi, diacylglycerol oil digunakan untuk menggantikan lemak dalam proses diet, yang juga membantu proses penurunan berat badan dan menjaga kadar lemak darah yang disebut trigliserida. Diacylglycerol oil mungkin bekerja dengan cara meningkatkan penggunaan energi yang langsung dibakar oleh tubuh dan melakukan pemecahan lemak.

Di dalam pembuatan produksi tertentu, diacylglycerol oil dapat digunakan sebagai stabilisator, pengental, dan juga dapat membentuk tekstur tertentu. Bahkan, diacylglycerol oil juga telah digunakan dalam uji klinis sebagai pengganti penggunaan minyak goreng biasa dan sudah ada dalam berbagai dosis tetap harian.

Mengenai Diacylglycerol Oil

Golongan

-

Kemasan

Botol

Kandungan

Campuran minyak kedelai, minyak canola, minyak jagung, dan minyak zaitun

Manfaat Diacylglycerol Oil

Diacylglycerol oil mungkin efektif jika digunakan untuk menurunkan berat badan dan mengurangi lemak dalam tubuh. Diacylglycerol oil bisa ditambahkan ke dalam produk makanan tertentu seperti muffin, kerupuk, sup, kue, maupun granola bar yang dapat digunakan sebagai menu diet alternatif pengganti lemak makanan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa diacylglycerol oil dapat menurunkan gula darah dan lemak darah yang disebut trigliserida pada penderita diabetes tipe 2. Hal itu juga menyebabkan perkembangan gagal ginjal yang terjadi pada penderita diabetes tipe 2 dapat diperlambat.

Efek samping Diacylglycerol Oil

Diacylglycerol oil diperkirakan aman bagi kebanyakan orang, tetapi kemungkinan besar diacylglycerol oil dapat menyebabkan efek samping seperti:

  • sakit kepala
  • gangguan pencernaan
  • ruam
  • munculnya jerawat

Dosis Diacylglycerol Oil

Secara umum, setiap sajian biasanya mengandung 8-9 gram diacylglycerol oil, yang bisa disajikan sebanyak 2-5 porsi per hari untuk digunakan sebagai pengganti lemak lain.

Dosis diacylglycerol oil jika digunakan untuk menurunkan berat badan dan mengurangi lemak dalam tubuh adalah sebanyak 10-45 gram per hari pada makanan.

Interaksi Diacylglycerol Oil

-

Perhatian

  • Untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari penggunaan diacylglycerol oil karena belum diketahui keamanannya
  • Belum ada informasi yang cukup untuk penggunaan diacylglycerol oil pada anak-anak maka disarankan untuk menghindari penggunaannya

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp