Deretan Bahan Alami yang Mampu Sembuhkan Kulit Gatal dan iritasi

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Deretan Bahan Alami yang Mampu Sembuhkan Kulit Gatal dan iritasi

Kulit menjadi salah satu komponen pelindung tubuh yang elastis, menutupi setiap organ dalam manusia dari berbagai serangan bakteri dan virus mematikan. 

Namun kekuatan kulit juga dapat ditembus oleh gesekan yang bisa menimbulkan berbagai macam luka seperti sayatan, goresan atau meradang karena digaruk terlalu kentara. Dengan demikian anda harus segera menangani kondisi kulit tersebut dengan cara yang tepat.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Alergi pada kulit umumnya terjadi pada sejumlah orang dengan kondisi kulit yang sensitif terhadap udara, makanan maupun kondisi pakaian. Sehingga alergi mudah membuat kulit menjadi gatal dan secara reflek tangan ingin menggaruknya, dimana otak merespon bahwa sebuah garukan akan mengatasi rasa gatal. Garukan yang terlalu sering akan menimbulkan luka, kulit menjadi iritasi dan meninggalkan bekas luka.

Kondisi ini tentu tidak akan membuat anda merasa nyaman, apalagi bekas dari gatal itu sendiri yang dapat mengganggu penampilan sehari-hari. Dengan demikian anda memerlukan antisipasi lebih dini, sehingga bahan alami direkomendasikan sebagai obat yang ampuh menyembuhkan kulit yang gatal dan iritasi.

Simak beberapa bahan yang bisa dijadikan obat alami untuk kulit gatal dan iritasi berikut ini.

Oatmeal

Kandungan Humektan pada oatmeal berfungsi sebagai pelembab alami untuk kulit tubuh, apalagi ditambah dengan senyawa avenanthramide yang mampu meredakan gejala peradangan yang sedang terjadi. 

Dengan demikian anda bisa memanfaatkan oatmeal untuk perawatan kulit yang gatal dan iritasi.

Caranya pun cukup mudah, dimana anda bisa membuat bubur oatmeal yang dijadikan masker dingin atau sebagai air rendaman ketika mandi. Akan tetapi hindari penggunaan air panas supaya nutrisi dari oatmeal tidak rusak dan malah memperburuk kondisi kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Baking Soda

Salah satu bahan dapur yang bisa mengobati kulit gatal dan iritasi adalah baking soda, berfungsi dengan baik untuk mengobati ruam pada kulit. Campurkan baking soda dengan air dingin dan berendam selama 30 menit. 

Selain itu anda juga bisa jadikan baking soda sebagai campuran untuk mengompres kulit yang terasa gatal di area tertentu.

Es Balok

Bahan selanjutnya adalah es balok yang biasa menghuni sudut di lemari es. Gunakan secukupnya untuk mengompres bagian kulit yang terasa gatal, sehingga tidak lagi menyebabkan kulit meradang dan semakin gatal. 

Pastikan anda gunakan dengan hati-hati, pakai handuk atau tempat kompres khusus untuk meredakan iritasi kulit. Ulangi penggunaan kompres es apabila kulit kembali mengalami masalah alergi.

Lidah Buaya

Salah satu bahan alami yang terkenal mampu meredakan kulit yang mengalami sunburn atau terbakar karena matahari adalah lidah buaya. Ekstrak lidah buaya mampu memberikan efek tenang dan melembabkan kulit dengan lebih optimal. Oleskan ekstrak lidah buaya pada permukaan kulit yang terkena iritasi.

Anda bisa memperoleh ekstrak lidah buaya dengan cara mengambil dari ekstrak langsung atau bahkan ekstrak yang dikemas praktis dalam kemasan tertentu. Namun pastikan merk dan kualitas produk benar-benar terpercaya.

Cuka Apel

Bahan alami selanjutnya adalah cuka apel yang mudah anda temukan sebagai salah satu bahan penambah makanan dan sering dimanfaatkan untuk kecantikan. 

Gunakan air cuka apel secukupnya dengan berbagai cara seperti menambahkan air kemudian dijadikan toner yang dikompres ke area kulit. Anda juga bisa mengoleskan langsung pada kulit tanpa bahan tambahan lainnya.

Cuka apel berfungsi sebagai antiseptik dan antimikroba sehingga mampu mengatasi infeksi kulit, tak hanya itu cuka apel juga berfungsi melembabkan kulit dan menyeimbangkan kadar basa di dalam kulit.    

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Itchy skin (pruritus): Causes, treatment, and home remedies. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/311473.php)
Itching From Dry Skin: Prevention and Treatment. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/itching-from-dry-skin)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Penjelasan Medis tentang Luka Gatal Segera Sembuh
Penjelasan Medis tentang Luka Gatal Segera Sembuh

Penyembuhan luka dapat memicu mechanical stress yang menyebabkan rasa gatal tersebut. Selama fase penyembuhan, sel-sel di sekeliling luka akan bertumbuh dan bermigrasi ke bagian dasarnya. Sel-sel ini akan bersatu di bagian tengah, terikat satu sama lain, dan berusaha untuk menutup luka tersebut. Proses inilah yang menyebabkan mechanical stress yang dapat mengaktivasi rasa gatal dan menginstruksikan pada otak kita untuk “menggaruknya”.

Buka di app