Fakta Menarik Mengenai Skin Care Organik, Memangnya Pasti Aman?

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
Fakta Menarik Mengenai Skin Care Organik, Memangnya Pasti Aman?

Tidak hanya makanan saja yang bersifat organik, saat ini ada banyak produk perawatan yang juga terbuat dari bahan organik. Skin care organik dipercaya mampu memberi manfaat lebih dan tidak mengandung efek samping yang merugikan. 

Skin care yang bersifat organik bisa dengan mudah Anda temukan. Jika tertarik untuk mencobanya, sebaiknya ketahui dulu fakta menarik mengenai skin care organik dan pertimbangkan kelebihan serta kekurangannya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Benarkah skin care organik lebih baik untuk kulit?

Untuk membuat kulit semakin cerah dan sehat, terutama pada bagian wajah, Anda harus menggunakan produk perawatan yang tepat. Merek skin care saat ini sangat beragam jenisnya dan masing-masing menawarkan kelebihannya tersendiri. 

Tak jarang, beberapa produk di antaranya menjanjikan hasil instan. Katanya, hanya dengan beberapa pemakaian saja, Anda sudah bisa mendapatkan khasiatnya. Kulit disebut-sebut bisa jadi lebih cepat putih, kenyal, dan awet muda.

Sayangnya, Anda justru harus berhati-hati terhadap produk kecantikan yang menawarkan hasil instan seperti itu. Sebab, kemungkinan produk tersebut mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya. Efeknya mungkin tidak langsung Anda rasakan, tapi biasanya baru muncul setelah pemakaian jangka panjang.

Baca Juga: 4 Bahan Berbahaya Pada Produk Pemutih Kulit yang Harus Dihindari

Beberapa produk bahkan bisa menyebabkan kanker kulit yang cukup mematikan. Untuk menghindari hal tersebut, kini masyarakat semakin cerdas dalam memilih skin care. Sekarang ini, sudah banyak yang tertarik menggunakan skin care organik. 

Tidak hanya kandungan saja yang bersifat alami, proses pengolahan skin care organik juga ramah lingkungan. Selain itu, berbagai kelebihan yang dimiliki oleh skin care organik lainnya antara lain: 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Merawat kulit dengan maksimal

Zat-zat kimia seperti merkuri, alkohol, paraben, pewangi, dan lain sebagainya kerap ditemui dalam produk perawatan. Meski dalam kandungan normal zat-zat tersebut tidak memberikan efek berbahaya, namun dalam pemakaian jangka panjang akan ada efek samping yang Anda rasakan. 

Berbeda dengan itu, produk skin care organik cenderung bebas dari bahan kimia sama sekali. Selain aman dipakai untuk jenis kulit apa pun, produk perawatan ini juga tidak memberikan efek samping yang mengganggu kesehatan Anda.

2. Tidak mengandung pewangi buatan

Tidak sedikit produk perawatan wajah yang mengandung pewangi buatan yang cukup berbahaya. Takaran bahan kimia di dalamya kemungkinan sangat tinggi demi menciptakan aroma yang wangi pada produk.

Lain halnya jika Anda menggunakan skin care organik. Produk ini tidak menggunakan pewangi buatan dan zat kimia lainnya sama sekali, sehingga tidak ada efek berbahaya yang diberikan.

3. Mencegah penuaan dini

Bahan alami yang terkandung dalam skin care organik mengandung lebih banyak kolagen, sehingga kulit bisa terbebas dari penuaan dini. Selain itu, bahan yang bersifat organik juga lebih mudah diserap oleh kulit. Hal ini akan membuat proses pembentukan kolagen akan semakin cepat dan kondisi kulit Anda pun akan semakin kenyal.

Fakta menarik mengenai skin care organik

Ada sejumlah fakta menarik seputar skin care organik yang patut Anda ketahui, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Bahan-bahan yang digunakan dalam produk skin care organik harus mendapatkan sertifikasi organik. Kriterianya termasuk terbebas dari pupuk, pestisida, dan zat nonorganik lainnya.
  • Ada 4 label organik yang harus Anda ketahui, yaitu 100% organik, organik, dibuat dengan bahan organik (paling sedikit 70%), dan kurang dari 70% bahan organik.
  • Skin care organik dipercaya mampu memberikan efek yang lebih baik bagi kulit seperti pencegah penuaan dini hingga mengatasi hiperpigmentasi dan peradangan.
  • Label-label sertifikasi skin care organik di luar negeri adalah BIO (Jerman), ECOCERT, BDIH, Bilogique (Uni Eropa), dan USDA (Amerika).
  • Skin care organik cenderung lebih aman karena terbebas dari kandungan paraben, sulfat, dan bahan kimia pemicu kanker, alergi, dan iritasi lainnya.
  • Skin care “vegan” tidak semuanya mengandung bahan organik. Jadi, skin care vegan tidak sama dengan skin care organik.
  • Keamanan dan efektivitas skin care organik masih harus dibuktikan dengan data klinis

Baca Juga: Mudah Ditemukan, Inilah 7 Bahan Skin Care Organik

Kelebihan skin care organik adalah bebas dari bahan kimia serta tidak menimbulkan efek samping. Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan betul-betul manfaat dan cara kerja produk agar memberikan manfaat bagi kulit. 

Hati-hati, beberapa produk malah tidak memberikan reaksi sama sekali pada kulit. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter jika ingin memakai skin care organik agar lebih aman dan terhindar dari risiko berbahaya bagi kulit.

Baca Juga: Cara Menyimpan Produk Skin Care Supaya Lebih Awet dan Tidak Mudah Rusak

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Natural Skin Care: Healthy Fats and Your Skin. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/beauty/features/natural-skin-care-skinny-fats)
Natural Cosmetics: Top 3 Questions Answered. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/beauty/features/natural-cosmetics-faq)
Name Game: Natural Beauty Products Explained. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/beauty/features/natural-beauty-products#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app