Cara Mudah Menjaga Vagina agar Tetap Sehat

Cara menjaga kesehatan vagina ini bisa dilakukan dengan mudah secara mandiri di rumah. Anda tidak diperlukan mengeluarkan biaya yang banyak. Kesehatan dimulai dari kemampuan Anda memanajemen diri untuk bisa melakukan perawatan.
Dipublish tanggal: Jun 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Mudah Menjaga Vagina agar Tetap Sehat

Vagina perlu dijaga kebersihannya agar tidak mengalami masalah atau terkena penyakit karena kuman dan bakteri. Anda perlu menjaganya dengan tepat agar vagina tetap dalam kondisi sehat, sehingga tidak mempengaruhi proses reproduksi. 

Berikut ini cara mudah untuk menjaga vagina wanita agar tetap sehat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

1. Selalu kering

Cara yang bisa Anda terapkan dengan mudah yaitu menjaga vagina agar selalu kering. Kondisi vagina yang lembab dapat menyebabkan Anda mengalami penyakit. Cara untuk menjaga vagina agar tetap kering dengan mengelapnya setelah melakukan buang air besar atau pun kecil. 

Anda bisa menggunakan tisu atau pun handuk yang berbahan lembut.

2. Makanan yang dikonsumsi

Cara selanjutnya untuk menjaga vagina agar tetap sehat dengan menjaga makanan yang dikonsumsi. Usahakan untuk makan makanan dengan gizi seimbang. Anda perlu makan sayuran hijau dan buah-buahan agar nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi.

Selain itu makanan ini akan mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Anda yang rajin makan buah dan sayur serta dilengkapi dengan minum yogurt akan memiliki vagina yang sehatnya alami, segar, dan wangi. Makanan yang sehat tentu sangat baik untuk vagina.

3. Hindari kebiasaan buruk

Cara menjaga vagina agar tetap sehat dengan menghindari kebiasaan buruk. Salah satunya kebiasaan mencuci bagian dalam vagina. Kebiasaan ini akan berisiko besar membuat vagina membusuk. Lalu jangan lakukan kebiasaan buruk dengan menyemprot vagina ataupun pakaian dalam. 

Setelah itu juga tidak diperbolehkan untuk menaburkan bedak di sekitar vagina.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

4. Mandi teratur

Cara berikutnya yang paling mudah dilakukan adalah mandi secara teratur. Mandi ini salah satu cara membersihkan vagina dengan mudah. Anda perlu mandi dua kali sehari yang tujuannya untuk mencegah penumpukan bakteri pada kulit. 

Jangan lupa untuk membersihkan bagian vagina dengan menggunakan sabun yang aman, cukup hanya bagian luar vagina.

Sabun yang digunakan haruslah yang aman tanpa kandungan pewangi berlebihan atau pun kandungan berbahaya laainnya. Anda sebaiknya memilih pembersih yang tidak memiliki wangi dan sudah teruji secara klinis agar aman digunakan untuk menyehatkannya.

5. Hati-Hati di toilet umum

Cara berikutnya untuk menjaga vagina agar tetap sehat dengan hati-hati saat Anda menggunakan toilet umum. Risiko bakteri yang dapat mengganggu kesehatan vagina perlu dihindari dengan sangat cermat. Pastikan Anda terlebih dahulu mengelap area toilet jika menggunakan toilet duduk. 

Pastikan ada tisu yang dapat digunakan setelah selesai buang air besar atau pun kecil.

6. Pakaian dalam yang bersih

Cara menjaga kesehatan vagina berikutnya adalah menggunakan pakaian dalam yang bersih. Ini terdengar sepele namun memberikan dampak yang besar. Penting buat Anda mengganti pakaian dalam secara rutin setiap kali mandi atau pun menggantinya paling lama 12 jam.

Jika Anda tetap memakai pakaian dalam yang salam selama 24 jam maka risiko bakteri akan lebih besar. Gunakanlah pakaian dalam yang berbahan lembut tidak akan membuat vagina Anda menjadi lembab atau pun dipenuhi bakteri.  

7. Membersihkan bulu sekitar kemaluan

Kebersihan Anda tentu mencerminkan kesehatan vagina nantinya. Jadi penting untuk membersihkan bulu di sekitar kemaluan agar tetap dalam keadaan yang sehat. Lakukan pembersihan bulu dengan tepat dan benar. Sebaiknya tidak dicukur, Anda hanya perlu memotongnya menjadi pendek kembali.  

Cara menjaga kesehatan vagina ini bisa dilakukan dengan mudah secara mandiri di rumah. Anda tidak diperlukan mengeluarkan biaya yang banyak. Kesehatan dimulai dari kemampuan Anda memanajemen diri untuk bisa melakukan perawatan.  

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
9 Tips to Keep Your Vagina Happy + Healthy. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/how-to-keep-your-vagina-happy-healthy/)
Keeping your vagina clean and healthy. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/sexual-health/keeping-your-vagina-clean-and-healthy/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app