Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Kesehatan Mulut dan Gigi

Apakah Anda Tahu Cara Sikat Gigi yang Benar?

Update terakhir: OCT 16, 2019 Tinjau pada OCT 16, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 566.963 orang

Apakah Anda Tahu Cara Sikat Gigi yang Benar?

Mungkin setiap orang bahkan mulai usia anak-anak sudah diajarkan untuk menggosok gigi. Tetapi apakah Anda tahu bagaimana cara sikat gigi yang benar?

Cara sikat gigi yang benar akan membantu mencegah gangguan pada gigi dan mulut, seperti radang gusi maupun kerusakan gigi (gigi berlubang dan bau mulut). Abrasi gigi atau kerusakan pada gusi juga dapat disebabkan oleh penggunaan sikat gigi yang bersifat kasar. Secara umum, Anda perlu menggosok gigi dua kali setiap hari dengan sikat gigi berbulu halus, ditambah dengan penggunaan pasta gigi berfluoride.

Sebelum menyikat gigi, sebaiknya Anda membersihkan gigi (flossing) terlebih dahulu. Flossing merupakan bagian dari kesehatan mulut yang sangat penting, namun sering diabaikan. Anda dapat melakukan flossing dengan menggunakan benang gigi (benang floss) di mana benang gigi dapat menjangkau celah-celah kecil di antara gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Berikut ini 5 cara sikat gigi yang benar:

1. Persiapkan sikat gigi Anda

Setelah Anda membersihkan gigi dengan benang gigi (flossing), cara sikat gigi yang benar adalah dengan membasahi sikat gigi Anda dengan air dan oleskan pasta gigi secukupnya. Pastikan pasta gigi yang Anda gunakan mengandung fluoride yang dapat membantu melindungi gigi dari gigi berlubang dan mencegah kerusakan gigi.

2. Bersihkan gigi dari belakang

Mulailah menyikat gigi dari gigi geraham atau gigi belakang dari satu sisi mulut dan arahkan bulu ke arah permukaan gigi dekat gusi dengan sudut 45 derajat dan bersihkan hingga ke seluruh bagian. Lanjutkan cara sikat gigi yang benar dengan gerakan melingkar pendek dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik ke masing-masing bagian.

3. Sapu seluruh permukaan gigi

Setelah 20 detik, sapu permukaan gigi untuk menghilangkan plak dan partikel makanan yang tersisa. Sikat gigi searah jarum jam dan ulangi langkah pembersihan di seluruh bagian atas dan bawah gigi. Lalu, Anda dapat mengarahkan bulu ujung sikat gigi ke belakang gigi bagian bawah dan juga gigi belakang bagian atas. Ulangi langkah ini dua sampai tiga kali.

4. Sikat lidah dan pipi bagian dalam

Membersihkan mulut tidak hanya bagian gigi atau gusi saja, tetapi Anda juga perlu membersihkan bagian lidah, atap mulut, serta bagian dalam pipi yang mungkin ikut menahan partikel sisa makanan, plak, ataupun bakteri yang dapat membuat nafas menjadi bau. Bersihkan dengan gerakan memutar yang lembut ke seluruh sisi merupakan salah satu cara sikat gigi yang benar.

5. Bilas dengan air atau obat kumur

Setelah membersihkan seluruh bagian gigi dengan gosok gigi dan benang gigi, Anda dapat menggunakan air atau obat kumur untuk membilasnya dan mengakhiri tahap pembersihan gigi. Lakukan secara rutin setiap hari sehingga gigi Anda tetap terawat dengan baik.

Referensi

Verywellhealth. (2019). Guide to Brushing Your Teeth the Right Way

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit