HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Cara Membuat Scrub Kopi Untuk Mencerahkan Kulit Menghilangkan Selulit

Dipublish tanggal: Jul 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Membuat Scrub Kopi Untuk Mencerahkan Kulit Menghilangkan Selulit

Scrub dari kopi memang apa yang terdengar: scrub yang diperuntukkan kulit Anda yang terbuat dari kopi yang telah ditumbuk. Dengan bukti yang secara spesifik kurang, scrub kopi dipercaya oleh khalayak di internet dan di majalah kecantikan sebagai metode yang berpotensi untuk menyembuhkan selulit.

Produk ini memiliki paket lengkap kandungan kafein dan antioksidan yang nyatanya bagus untuk kulit ketika diaplikasikan secara topikal, tetapi efeknya terhadap selulit masih tidak begitu jelas.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Selulit itu sendiri merujuk pada cekungan pada kulit yang dialami oleh kebanyakan wanita dan beberapa pria. Cekungan ini berkembang ketika jaringan lemak di bawah kulit Anda menekan jaringan yang lebih dekat ke permukaan kulit.

Selulit bisa terjadi di manapun tetapi cenderung terjadi pada daerah di mana jaringan lemak berada, seperti bokong dan paha.

Ketika Anda memiliki selulit, merupakan hal yang sangat sulit dan sangat tidak mungkin untuk menghilangkannya. Pengobatan selulit biasanya berfokus dalam menurunkan penampakan cekungannya. Scrub dari kopi mungkin dapat mencapai hasil tersebut, tapi Anda harus mengeceknya ke dermatolog terlebih dahulu.

Apa yang dikatakan ilmu pengetahuan

Scrub kopi dipercaya dapat membantu mengatasi selulit dengan berbagai cara.

Diperkirakan bahwa kafein pada kopi dapat membantu mempersempit pembuluh darah dan mengurangi kenampakan cekungan pada kulit. Kulit juga bisa mengencang akibat efek stimulasi kafein dengan memperbaiki aliran darah dan mengurangi kelebihan air.

Kopi juga kaya akan antioksidan, yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan warna kulit keseluruhannya. Hal ini termasuk phenol, zat kimia yang berbahan dasar tanaman yang diperkirakan dapat menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Manfaat lain scrub kopi adalah efek pengeksfoliasi alami dari bubuk kopi itu sendiri. Sama seperti scrub pengeksfoliasi, hal ini bisa membantu menghilangkan sel kulit mati dan memberikan efek yang lebih halus, dan lebih indah pada kulit. 

Eksfoliasi itu sendiri tidak bisa menghilangkan selulit, efek tersebut mungkin bisa mengurangi kenampakannya.

Aksi pemijatan juga bisa membantu: Berdasarkan American Society for Dematologic Surgery, pemijatan dapat membantu drainase limfatik dan menarik jaringan kulit untuk penghilangkan penampakan selulit.

Sama saja, penelitan yang menyeluruh tentang scrub kopi masih kurang.

Daripada itu, studi dan review yang sudah ada berfokus pada pengobatan selulit melalui kafein dan bahan lainnya.

Salah satu review menemukan bahwa dengan mengombinasikan retinol, carnitine, dan bahan lain, kafein ditemukan dapat meningkatkan ketebalan epdermis (lapisan teratas kulit). Efek tersebut dapat dicapai dengan produk kosmetik yang mengandung kafein, tetapi tidak khusus dengan kopi.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Studi yang sama pada krim kosmetik lain yang mengandung kafein ditemukan dapat mengurangi selulit. Lagi, tidak ada kata kopi pada produk ini.

Penelitian di atas mendemonstrasikan potensi kafein pada pengobatan selulit, tetapi masih perlu dilakukan percobaan klinis yang lebih banyak.

Tidak ada studi sampai sekarang yang melihat efek scrub kopi, terutama yang mengenai kamampuannya menyembuhkan selulit.

Cara membuat sendiri di rumah

Bahan

  • 100 gram kopi yang baru saja ditumbuk
  • Dua sendok makan minyak almond
  • Dua sendok makan minyak kelapa
  • 20 gram gula aren
  • 5 sampai 10 tetes minyak esensial sesuai keinginan Anda

Cara membuat

  • Takar semua bahan dan masukkan ke dalam mangkuk dan aduk dengan spatula atau sendok kayu.
  • Pindahkan ke toples yang ada tutupnya dan simpan di kamar mandi.
  • Aplikasikan pada saat mandi pada kulit yang basah.
  • Sambil pijatkan ke kulit dalam gerakan memutar
  • Biarkan selama 3 hingga 5 menit agar minyak esensial bisa meresap ke dalam kulit untuk efek yang penuh.
  • Bilas sampai bersih
  • Kulit Anda akan terasa halus dan lembut.

Apakah anda harus mencobanya?

Scrub kopi merupakan bentuk pengobatan selulit yang sedang trend dengan banyak penggunanya merasa puas. Namun, masih belum jelas apakah manfaatnya berhubungan dengan kopi atau aksi eksfoliasi dari scrub tersebut. Orang lain mungkin tidak bisa melihat perubahan pada selulit mereka.

Karena tidak ada penelitan yang ilmiah yang dapat membuktikan klaim mengenai scrub kopi dan selulit, Anda mungkin harus menggunakannya secara berhati-hati tetapi tetap optimis.

Selain itu, seperti pengobatan kulit lainnya, hasilnya akan hilang ketika Anda berhenti menggunakannya. Anda mungkin harus membicarakan dengan dokter mengenai metode lain untuk menghilangkan penampakan selulit seperti berolahraga.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Coffee for skin and hair: 8 benefits and how to use it. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322875.php)
Coffee Benefits for Skin: Cellulite, Brightening, Anti-aging, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/coffee-benefits-for-skin)
Skin Care to Prevent Wrinkles, Aging Skin, and Dry Skin. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-skin-beauty)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app