Ketahui Apa Perbedaan Selulit Dan Stretch Mark

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Apa Perbedaan Selulit Dan Stretch Mark

Munculnya stretch mark dan selulit menjadi hal yang paling dihindari oleh banyak orang, terutama kaum wanita. Kedua masalah ini mengganggu penampilan serta membuat Anda sulit menggunakan jenis pakaian tertentu.

Selulit dan stretch mark yang muncul dan susah hilang sering dianggap sama, padahal keduanya memiliki kondisi yang sangat berbeda. Lalu, apa perbedaan keduanya dan mana yang sulit untuk dihilangkan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Selulit dan stretch mark: bedanya? 

Meskipun dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan akan kecentikan kulit, selulit dan stretch mark bukanlah masalah kulit yang perlu Anda khawatirkan karena keduanya tidak berbahaya bagi kesehatan Anda.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap, berikut ini perbedaan yang paling mencolok antara selulit dan stretch mark: 

Bentuk yang berbeda 

Sudah banyak orang yang menyimpulkan bahwa kedua masalah ini kulit memiliki bentuk yang sama. Padahal, apabila diamati lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang cukup berbeda. Selulit memiliki bentuk yang bergelombang atau berkerut, hampir sama dengan bentuk kulit jeruk.

Sedangkan stretch mark (striae) merupakan guratan, kerutan, atau garis yang berwarna putih kemerahan, yang warnanya jauh berbeda dengan warna kulit. 

Jadi, selulit menimbulkan bentuk yang dapat merubah permukaan kulit asli dengan tidak merubah warna kulit. Sementara stretch mark, selain memunculkan lekukan pada kulit, juga merubah warna asli dari kulit Anda. 

Penyebab yang berbeda

Anda pasti sering mendengar bahwa terbentuknya selulit pada kulit seseornang disebabkan karena adanya penumpukan lemak yeng berlebihan, yang membuat selulit seringkali dialami oleh orang dengan bentuk tubuh yanng gemuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Padahal nyatanya, tidak hanya orang bertubuh gemuk yang bisa mengalami selulit, orang kurus pun bisa mengalaminya. 

Munculnya selulit pada kulit dipicu dengan adanya ukuran yang berubah dan penumpukan struktur sel-sel lemak di bawah permukaan kulit Anda. Tanpa Anda sadari, lemak yang menumpuk ini akan mendorong kulit sehingga terciptalah bentuk tonjolan yang tidak beraturan di bawah kulit. 

Selain penumpukan lemak, perubahan yang terjadi dalam sirkulasi darah juga menjadi penyebab selulit. Perubahan sirkulasi darah pada area tubuh tertentu dapat mengakibatkan cairan menumpuk dengan jumlah berlebih dalam jaringan. Inilah yang membuat selulit muncul pada kulit di area tersebut.

Tidak hanya itu, faktor genetik juga diduga menjadi penyebab timbulnya selulit. 

Sedangkan stretch mark merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh wanita yang usdah melahirkan. Mereganganya kulit saat ukuran perut si ibu membesar pada masa kehamilan menjadi penyebab muncul stretch mark ini.

Risiko mengalami stretch mark akan semakin meningkat apabila terjadi perubahan hormon pada ibu hamil. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Tidak hanya pada ibu hamil, wanita yang sering mengalami penambahan dan penurunan berat badan juga sangat berisiko mengalami stretch mark. Meskipun demikian, stretch mark tidak disebabkan oleh faktor genetik. 

Letak yang berbeda 

Letak kedua masalah kulit ini berbeda dan letak inliah yang membuat sebagian besar wanita tidak percaya diri akan kondisi kulit mereka. Selulit dapat muncul dibagian tubuh manapun, tergantung pada kondisi tubuh Anda. Banyak yang mengalami selulit di sekitar perut, paha, pinggul, dan bokong.

Sementara stretch mark biasanya timbul dibagian tubuh yang sangat mudah meregang, seperti perut, lengan bagian atas, paha, bokong, serta payudara. 

Mana yang paling susah hilang?

Untuk menyamarkan selulit dan stretch mark, ada beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan seperti mengggunakan krim, minyak esensial, hingga bahan alami yang ada dilingkungan sekitar Anda.

Namun, meskipun saat ini sudah banyak berbagai perawatan yang dianggap dapat menyamarkan kerutan akibat dua masalah kulit ini, tetap saja belum ada yang benar-benar dapat menghilangkan selulit dan stretch mark. Dengan kata lain, kedua masalah ini memang sangat sulit untuk dihilangkan. 

Apabila Anda ingin menjalani perawatan media yang cukut menjamin hilangnya masalah ini, Anda harus bersiap untuk menguras kantung lebih dalam.

Akan tetapi, lanjutkan terus perawatan Anda untuk menhilang selulit dan stretch mark dengankrim dan bahan alami yang ada. Walaupun tidak hilang sepenuhnya, setidak perawatan yang Anda lakukan dapat menyamarkan garis atau kerutan yang muncul di kulit Anda. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stretch Marks: Causes, Diagnosis, and Treatments (https://www.healthline.com/health/stretch-marks)
Cellulite Causes & Common Treatments (https://www.healthline.com/nutrition/cellulite)
What Is the Difference Between Cellulite and Stretch Marks? - Livestrong.com (https://www.livestrong.com/article/41793-difference-between-cellulite-stretch/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app