Cara Membentuk Alis; Sulam, Tato, atau Cabut

Alis yang bagus akan membuat pemilik alis akan semakin memesona. Anda yang suka membentuk alis di rumah dapat melakukan berbagai alternatif membentuk alis yang anti ribet.
Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Membentuk Alis; Sulam, Tato, atau Cabut

Alis menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan kaum perempuan ketika keluar rumah. Ada meme yang mengatakan bahwa pantang keluar rumah sebelum alis terbentuk rapi dan sempurna. 

Alis yang terbentuk dengan rapi akan menambah rasa percaya diri pada seorang wanita. Banyak langkah dilakukan untuk membentuk alis yang indah dan sempurna. Salah satunya dengan pensil alis. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penggunaan pensil alis dari tahun ke tahun pun semakin hits. Beredar banyak macam pensil alis dengan waran yang berbeda-beda di pasaran. 

Namun, penggunaan pensil alis sebagai salah satu alat untuk menyempurnakan bentuk alis lama-lama membuat ahli kecantikan melakukan beberapa terobosan untuk menghasilkan alis-alis yang indah tanpa ribet. 

Terobosan langkah tampil cantik dengan alis

Alis yang bagus akan membuat pemilik alis akan semakin memesona. Anda yang suka membentuk alis di rumah dapat melakukan berbagai alternatif membentuk alis yang anti ribet.

1. Sulam alis

Langkah pertama yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan alis indah dan sempurna adalah dengan sulam alis. Jenis perawatan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki alis tipis. 

Langkah yang dilakukan untuk sulam alis adalah dengan menanamkan pigmen berwarna yang menyerupai dengan watna rambut asli dan diletakkan di bagian alis yang kosong. 

Pigmen warna yang ditanam tentunya mengikuti pola dan jalur pertumbuhan rambut asli.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sebelum melakukan prosedur sulam alis, Anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan terapis kecantikan terlebih dahulu. 

Hal ini dimaksudkan untuk menentukan warna pigmen yang akan dipakai agar warnanya selaras dengan warna asli alis Anda. sehingga hasil sulam alis nantinya akan menyatu dan terlihat alami dengan alis asli. 

Sulam alis banyak dipilih karena hasilnya yang terlihat alami dan bisa memilih model sesuai dengan pilihan Anda. hasil alis dari sulam alis bersifat semi permanen dan dapat bertahan selama 2 tahun dengan perawatan rutin. 

Anda tak perlu khawatir dengan keamanan sulam alis. Jika dikerjakan oleh terapis kecantikan yang bersertifikat dan terpercaya, sulam alis sangat aman. 

Anda hanya perlu memastikan alat-alat yang digunakan dalam proses sulam alis steril. Anda dapat meminta terapis untuk membuka segel mata pisau bedah dan jarum yang akan digunakan di depan Anda.

Hal ini dikarenakan kedua alat tersebut merupakan alat sekali pakai yang digunakan dalam prosedur sulam alis. Hal ini untuk menghindari penyakit menular seperti hepatitis B dan C, dan HIV

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kemungkinan efek samping yang akan muncul seelah melakukan proses sulam alis adalah pembengkakan yang bersifat sementara dan iritasi kemerahan.

2. Tato alis

Jika Anda menginginkan hasil yang bersifat permanen tanpa harus mengisi alis kosong dengan pensil alis, Anda dapat melakukan prosedur tato alis. Hampir sama dengan sulam alis, Anda dapat memilih model alis yang akan dipakai. 

Biasanya wanita akan mencukur habis alisnya sebelum melakukan prosedur ini. Hal ini dilakukan supaya terapis kecantikan dapat lebih mudah mentato alis dengan model yang dikehendaki pasien. 

Tato alis dilakukan dengan proses mikropigmentasi. Proses ini akan menempatkan tinta permanen pada lapisan teratas dermis. Bentuk dan warna alis yang dihasilkan oleh proses ini akan bertahan selama kurang lebih 1 tahun. 

Sedangkan mesin tato, pen atau pensil elektronik berfungsi untuk menciaptakan sapuan kuas agar terlihat seperti rambut alis asli.

Prosedur tato alis ini aman bila dilakukan oleh terapis kecantikan profesional dan bersertifikat. Pastikan penggunaan peralatan seperti mesin tato, pen, atau pensil elektronik, dan jarum steril. 

Efek samping yang akan dirasakan oleh pasien adalah timbulnya rasa nyeri setelah prosedur tato alis. 

3. Cabut alis

Untuk prosedur cabut alis, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus ke salon. Cabut alis adalah salah satu prosedur yang sering dilakukan untuk memperoleh alis yang indah dan sempurna. 

Anda bisa melakukan sendiri hanya dengan menggunakan pinset. Anda hanya perlu memastikan pinset yang Anda gunakan steril dan tidak karatan. 

Untuk mencegah luka, Anda diharapkan untuk tidak mencabut alis lebih dari satu helai secara bersamaan. Hal ini akan menyebabkan akar rambut tidak tercabut dan tertinggal di folikel rambut. 

Anda disarankan untuk mencabut alis  yang berada hanya di luar garis alami alis Anda. 

Untuk mengurangi resiko infeksi dan iritasi, Anda dapat melakukan prosedur ini di klinik kecantikan. Tapi jika Anda bisa terbiasa melakukannya sendiri di rumah tanpa menimbulkan iritasi dan infeksi, Anda tak perlu pergi ke klinik kecantikan.

Dari beberapa prosedur kecantikan di atas, tentunya Anda memiliki kebebasan untuk memilih treatment mana yang akan Anda pakai untuk mempercantik alis. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, kondisi, dan keinginan Anda. 

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
White T, et al. (2015). Debunking medical myths: The eyebrow shaving myth. DOI: (http://dx.doi.org/10.17140/EMOJ-1-107)
Riahi RR, et al. (2018). Topical treatment of eyebrow hypotrichosis with bimatoprost 0.03% solution: Case Report and Literature Review. DOI: (https://doi.org/10.7759/cureus.2666)
Oakley A. (2015). Hair loss. (https://www.dermnetnz.org/topics/hair-loss/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app