Ketahui Cara Yang Efektif Menghentikan Anak Merokok

Dipublish tanggal: Jun 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ketahui Cara Yang Efektif Menghentikan Anak Merokok

Saat ini merokok bukan hanya menjadi kebiasaan orang dewasa, tetapi juga remaja bahkan anak-anak. Saat ini jumlah remaja dan anak-anak yang telah aktif merokok terus mengalami peningkatan. 

Pada tahun 2001 perokok aktif usia anak-anak dan remaja mencapai 24.2% dan pada tahun 20016 meningkat menjadi 54%.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Semakin bertambahnya jumlah perokok aktif membuktikan bahwa masih kurangnya kepedulian akan bahaya merokok bagi kesehatan. Meskipun sudah banyak kampanye dan iklan yang menerangkan tentang bahaya merokok, tetapi hal tersebut tidak dipedulikan. 

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan anak merokok? Berikut penjelasannya.

Alasan anak merokok

Kebiasaan merokok pada anak dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, baik sekolah, rumah, atau masyarakat. Jika teman-teman sekolah anak anda merokok, otomatis anak juga akan ikut-ikutan merokok. Hal ini dilakukan agar dapat diterima oleh lingkungan bermainnya. 

Jika anak tidak ikut merokok, maka teman-temannya akan mengejek, sehingga dia terpaksa harus merokok. Selain itu, orang tua yang merokok juga dapat menyebabkan anak ikut merokok. 

Sebagai orang tua berilah contoh kebiasaan yang baik pada anak, setidaknya jika anda merokok jangan merokok di depan anak anda.

Usia anak dan remaja merupakan usia dimana otak sudah dapat berpikir logis dan menalar, tetapi belum matang. Anak masih belum bisa bertanggung jawab dan menentukan pilihan mana yang benar dan mana yang salah. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Anak pada usia ini cenderung gegabah, ingin mencoba hal-hal baru, dan mudah dipengaruhi oleh lingkungan yang tidak baik.

Bahaya merokok pada anak

Banyak iklan yang mengkampanyekan bahaya rokok seperti menyebabkan kanker, serangan jantung, bahkan gangguan kehamilan. Tidak hanya kampanye melalui iklan-iklan di televisi maupun pamflet-pamflet di jalan saja, kampanye bahaya rokok juga dipasang di kemasan rokok bahkan disertai dengan gambar yang menakutkan. 

Namun, hal ini tidak menyurutkan perokok untuk tetap aktif merokok.

Bahaya yang sering terjadi akibat merokok adalah gangguan pernapasan seperti kanker paru-paru. Perokok yang aktif sejak usia anak-anak akan lebih cepat terkena bahaya merokok. Hal ini karena mereka lebih banyak terpapar kandungan berbahaya dari rokok.

Kebiasaan merokok sejak kecil juga akan mengganggu kesehatan gusi dan mulut. Perokok yang aktif merokok sejak kecil memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kanker gigi, infeksi gusi, ataupun kanker mulut.

Cara efektif berhenti merokok

  • Komitmen yang datang dari diri sendiri

Berhenti merokok merupakan hal yang sulit. Oleh karena itu, diperlukan komitmen yang kuat untuk memulai berhenti merokok. Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah mengurangi jumlah rokok yang biasanya anda konsumsi. 

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Jika anda tetap ingin merokok, cobalah menggantinya dengan mengunyah permen karet atau memakan kuaci.

Anda bisa menghindari teman-teman anda yang senang merokok. Kembali bergaul dengan perokok mengakibatkan keinginan anda untuk merokok juga akan muncul kembali. Mulailah bergaul dengan teman-teman yang tidak merokok.

Menyibukan diri dengan hal-hal positif juga dapat menghindarkan dari keinginan untuk merokok. Anda dapat mengikuti ekstrakulikuler di sekolah atau aktif di organisasi kemasyarakatan.

  • Dukungan dari orang tua dan lingkungan.

Orang tua merupakan lingkungan yang paling dekat dengan anak. Peran orang tua sangat penting untuk membantu anak untuk berhenti merokok. Anda dapat memotivasi anak anda untuk berhenti merokok. Selain itu, jelaskan dengan pelan-pelan mengapa anak anda harus berhenti merokok. 

Sebagai orang tua, anda juga harus memberikan contoh yang baik, seperti tidak merokok di depan anak. Bila perlu buatlah perjanjian pada anak dan berilah penghargaan jika anak berhasil berhenti merokok.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kids and Smoking (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/smoking.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app