Calcrem : Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: Apr 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 950.925 orang

Saat ini tingkat terjadinya penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur tampaknya sudah mengalami peningkatan. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur ini dapat terjadi pada siapa saja. 

Biasanya terjadinya infeksi ini disebabkan karena kurangnya kebersihan penderita tersebut, kontak dengan penderita yang terkena infeksi jamur dan individu dengan kekebalan tubuh yang rendah.

Iklan dari HonestDocs
Beli MICONAZOLE CR 2% 10G via HonestDocs

Miconazole digunakan untuk mengobati kandidiasis orofaringeal, yaitu infeksi jamur pada bagian tenggorokan pada bagian belakang mulut. PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Miconazole cr 2 10g 1

Infeksi jamur biasanya ditandai dengan kulit yang kemerahan, rasa gatal pada daerah yang terinfesksi, dan lain-lain. Sedangkan untuk pengobatan infeksi jamur biasanya tergantung pada lokasi dan kondisi dari penderita tersebut. 

Pada artikel ini akan membahas salah satu pengobatan yang dapat digunakan untuk mengobati salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur, seperti kandidiasis dan infeksi jamur pada vagina yaitu dengan penggunaan obat Calcrem. 

Berikut pembahsan lebih lanjut mengenai kegunaan, dosis dan efek samping dari obat Calcrem. Selamat membaca.

Kegunaan obat Calcrem

Obat Calcrem merupakan obat yang hanya digunakan untuk penggunaan topikal pada kulit. Calcrem digunakan untuk mengobati penyakit infeksi jamur pada vagina, panu dan kandidiasis orofaringeal. Obat Calcrem Skin Cream mengandung Clotrimazole Topical sebagai bahan aktif dan bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan jamur.

Dosis obat Calcrem

Pemberian dosis obat Calcrem biasanya diberikan hanya berdasarkan resep dari dokter dan obat ini akan disesuaikan dengan letak dan kondisi pasien tersebut. Berikut jenis-jeis infeksi jamur dan pemberian dosis yang biasa diberikan:

  • Tinea corporis
    Usia lebih dari 3 tahun: terapkan clotrimazole topikal dalam jumlah yang cukup untuk menutupi area yang terkena infeksi dan kulit yang ada disekitarnya dua kali sehari selama 4 minggu, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi.
  • Tinea cruris
    Usia lebih dar 3 tahun: berikan clotrimazole topikal dalam jumlah yang cukup untuk menutup area yang terkena infeksi dan kulit yang ada disekitrnya dua kali sehari selama 2 minggu, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi.
  • Tinea pedis
    Usia lebih dari 3 tahun: terapkan clotrimazole topikal dalam jumlah yang cukup untuk menutupi area yang terkena infeksi dan kulit disekitarnya dua kali sehari selama 4 hingga 8 minggu, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi.
  • Kandidiasis kulit, panu
    Usia lebih dari 3 tahun: berikan clotrimazole topikal dalam jumlah yang cukup untuk menutup area yang terkena infeksi dan kulit disekitarnya dua kali sehari selama 2 hingga 4 minggu, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi.

Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya Anda membrsihkan daerah yang terinfeksi dengana air dan keringkan, lalu oleskan obat Calcrem tipis-tipis di daerah yang terinfeksi. Letakkan obat ini ditempat yang sejuk dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Bayar di Alfamart!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Screen shot 2019 05 14 at 13.32.01

Efek samping obat Calcrem

Munculnya efek samping pada setiap obat merupakan suatu hal yang sering terjadi. Walaupun setiap individu mungkin akan mengalami efek samping yang berbeda-beda. Berikut efek samping yang mungkin terjadi pada penggunaan obat Calcrem:

  • Kulit kemerahan
  • Sensasi panas dan terbakar pada kulit
  • Melepuh
  • Kulit terkelupas
  • Edema
  • Gatal
  • Iritasi kulit

Jika terdapat tanda dan gejala yang seperti yang telah disebutkan di atas, atau terdapat gejala lain yang menetap dan mengganggu aktivitas Anda. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Perhatian dan peringatan obat Calcrem

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan Anda ingat sebelum atau saat menggunakaan obat Calcrem:

Hindari sumber infeksi atau kontak dengan seseorang yang terinfeksi jamur.

Obat ini hanya dapat di aplikasikan pada kulit. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat ini pada luka terbuka, kering, pecah-pecah, iritasi, atau kulit yang terbakar matahari.

Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menggunakan Krim Calcrem. Bersihkan dan keringkan area kulit yang terinfeksi.

Jangan mencuci area yang terinfeksi setelah mengoleskan Krim Kulit Calcrem. Hindari juga penggunaan produk lain pada area yang terinfeksi kecuali diarahkan oleh dokter Anda.

Mnerapkan atau mengoleskan obat ini dengan jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan kulit terkelupas. Oleskan tipis-tipis untuk menghindari kulit terkelupas.

Hindari penggunaan obat ini di daerah mata, hidung atau mulut Anda.

Jika setelah menggunakan obat ini tidak ada perbaikan dengan kondisi kesehatan Anda atau terjadi perburukan kondisi, segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp