Boleh Berapa Kali Sebaiknya Creambath dalam Satu Bulan?

Dipublish tanggal: Jul 19, 2019 Update terakhir: Mar 4, 2022 Waktu baca: 3 menit
Boleh Berapa Kali Sebaiknya Creambath dalam Satu Bulan?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Creambath adalah perawatan rambut yang dilakukan dengan menggunakan krim khusus rambut untuk melembabkan dan menghaluskan rambut;
  • Creambath dapat dilakukan 1-2 kali dalam sebulan. Bisa jua 1-2 kali seminggu jika ingin menambahkan nutrisi rambut;
  • Jika rambut Anda cenderung rontok, cukup bungkus rambut Anda dengan handuk panas dan tidak perlu di-uap;
  • Klik untuk membeli paket perawatan rambut dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan paket perawatan kecantikan yang Anda butuhkan.

Selain memperhatikan kesehatan wajah, rambut juga tak boleh terlewatkan. Merawat bagian rambut bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satu yang paling sering berupa creambath. Yang jadi pertanyaan, kira-kira boleh berapa kali creambat dalam satu bulan, ya? Apakah boleh sering-sering?

Apa itu creambath?

Creambath adalah perawatan rambut yang dilakukan dengan menggunakan krim khusus rambut. Krim tersebut berasal dari bahan-bahan khusus yang dapat menutrisi rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Tidak heran, banyak wanita melakukan creambath untuk menjaga kesehatan dan juga melepas stres. Pasalnya, creambath dapat memberikan efek dingin pada rambut dan kulit kepala.

Creambath tidak hanya dilakukan di salon, lho! Anda juga bisa melakukan sendiri di rumah. Tentunya pemilihan krim yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis rambut Anda. 

Baca selengkapnya: Ini Bedanya Manfaat Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa

Manfaat creambath untuk rambut

Creambath memiliki manfaat untuk melembabkan dan menghaluskan rambut. Yang terpenting, tata caranya harus benar supaya rambut tetap sehat dan tidak malah jadi rontok atau bermasalah. 

Jika rambut Anda cenderung rontok, cukup bungkus rambut Anda dengan handuk panas dan tidak perlu di-uap. Jika Anda melakukan creambath di salon, yang sering membuat rambut menjadi kering adalah proses mem-blowing. Tingkat panas pengering rambut digunakan untuk mem-blow rambut itulah yang dapat membuat rambut tumbuh kering. 

Rambut yang telah dicreambath sebaiknya tidak perlu terlalu kering. Hindari menggunakan pengering rambut terlalu panas. Cukup keringkan rambut yang tidak terlalu basah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Berapa kali sebaiknya creambath dilakukan?

Seberapa sering melakukan creambath tergantung dari jenis rambut yang dimiliki. Secara umum, creambath dapat dilakukan 1-2 kali dalam sebulan. 

Namun, untuk menambahkan nutrisi pada rambut, Anda dapat melakukan 1-2 kali creambath dalam seminggu. Apalagi jika Anda menggunakan bahan-bahan alami yang dibuat sendiri seperti dari buah-buahan, tentunya akan memberikan efek maksimal pada rambut. 

Pijatlah kulit kepala dengan lembut saat melakukan creambath dan gunakanlah bahan yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Dengan cara yang benar, rambut Anda tentu akan lebih sehat dan jauh dari masalah.

Tips melakukan creambath di rumah

Tidak ada waktu untuk perawatan ke salon? Tenang, Anda bisa melakukan beberapa tips creambath di rumah berikut ini: 

  • Sebelum melakukan creambath, sebaiknya gunting kuku yang panjang agar kepala Anda tidak akan sakit saat memijat kulit kepala;
  • Setelah mencuci rambut, oleskan krim creambath secara merata dari kulit kepala ke rambut;
  • Pijat secara merata di seluruh rambut dan kulit kepala;
  • Gunakan handuk hangat untuk membungkus rambut selama 10-15 menit, kemudian bilas rambut hingga bersih dengan air hangat;
  • Setelah rambut dibilas, keringkan rambut dengan menggunakan handuk kering. Hindari menggosok rambut, cukup ditekan-tekan lembut;
  • Jika Anda ingin mengeringkan rambut dengan pengering rambut (hair dryer), pilih hair dryer yang berangin sedang (tidak terlalu panas). Hal tersebut dapat menjaga rambut tetap sehat dan tidak kering setelah melakukan creambath;
  • Hindari keseringan mengikat atau menjepit rambut karena dapat merusak kekuatan rambut dan malah membuat rambut menjadi rontok.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Wanita

Sebelum melakukan creambath, ada baiknya kenali terlebih dahulu jenis rambut Anda. Konsultasikan dengan dokter kulit atau orang salon yang sudah terlatih di bidangnya. 

Penggunaan bahan creambath yang tepat sangat berpengaruh terhadap kondisi rambut Anda. Misalnya, menggunakan krim dengan kandungan minyak alpukat dapat bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut, membersihkan kulit kepala, mencegah rambut patah, dan membuat rambut lebih bersinar. 

Sedangkan krim dengan kandungan minyak zaitun, lidah buaya, hingga pisang, pepaya, dan madu dapat mengentalkan dan memperkuat batang rambut agar rambut tidak mudah bercabang. Tanyakan lebih lanjut dengan dokter kulit atau hair stylist mengenai seberapa sering Anda boleh creambath dalam sebulan sesuai dengan kondisi rambut Anda.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Can Hair Masks Really Repair Split Ends? And Everything You Ever Wanted To Know About This Treatment. HuffPost. (https://www.huffpost.com/entry/hair-mask-split-ends_n_6531902)
Indrawati, Teti & Sofia, Nabhilla. (2018). Creambath FORMULATION WITH CONCENTRATION VARIATION WATER EXTRACTS OF AMBON Banana Weevil (Musa acuminata Colla). JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA. 16. 56. 10.35814/jifi.v16i1.462.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/334860446_Creambath_FORMULATION_WITH_CONCENTRATION_VARIATION_WATER_EXTRACTS_OF_AMBON_Banana_Weevil_Musa_acuminata_Colla)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app