Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Perawatan Rambut

Boleh Berapa Kali Sebaiknya Creambath Dalam Satu Bulan?

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.402.595 orang

Hampir setiap wanita selalu menyempatkan waktunya untuk pergi perawatan diri di salon. Perawatan diri tidak hanya untuk daerah wajah dan tubuh tapi juga dapat mencakup bagian rambut

Merawat bagian rambut biasanya dilakukan dengan proses seperti creambath dan lain-lain.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Creambath adalah perawatan rambut yang dilakukan dengan menggunakan krim khusus rambut. Krim tersebut berasal dari bahan-bahan yang secara khusus dapat menutrisi rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala

Tidak heran, banyak wanita melakukan creambath untuk menjaga kesehatan dan juga melepas stress karena creambath dapat memberikan efek dingin pada rambut dan kulit kepala.

Creambath tidak hanya dilakukan di salon, creambath juga dapat dilakukan di rumah. Tentunya pemilihan krim yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis rambut Anda. 

Namun, masih banyak yang bingung, apakah terlalu sering creambath akan membuat rambut rusak atau membuat rambut sehat? Dan berapa kali kah sebaiknya seseorang melakukan creambath? Simak penjelasan pada artikel berikut.

Manfaat Creambath untuk rambut

Creambath memiliki manfaat untuk melembabkan dan menghaluskan rambut. Jadi perawatannya baik untuk rambut selama digunakan dengan benar. 

Jika rambut Anda rontok, cukup bungkus rambut Anda dengan handuk panas dan tidak perlu di uap. Jika Anda melakukan creambath di salon, yang sering membuat rambut menjadi kering adalah rambut Anda dari proses mem-blowing

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tingkat panas pengering rambut digunakan untuk memblow rambut itulah yang dapat membuat rambut tumbuh kering. 

Sebaiknya, rambut yang telah di creambath tidak perlu terlalu kering dan hindari menggunakan pengering rambut terlalu panas, cukup keringkan rambut yang tidak terlalu basah. 

Jika dilihat dari prosesnya, creambath sangat mudah dilakukan di rumah. Dan tentu saja lebih sehat.

Berapa kali sebaiknya Creambath dilakukan?

Melakukan creambath umumnya tergantung pada jenis rambut seseorang. pada umumnya jangka waktu creambath yang baik dilakukan sebanyak 1 atau 2 kali dalam sebulan. 

Namun untuk menambahkan nutrisi pada rambut, Anda dapat melakukan satu sampai dua kali creambath dalam seminggu. Apalagi jika Anda menggunakan bahan-bahan alami yang telah Anda buat sendiri seperti misalnya dari buah-buahan, tentunya yang akan memberikan efek maksimal pada rambut. 

Pijatlah kulit kepala dengan lembut saat melakukan creambath dan gunakanlah bahan yang sesuai dengan jenis rambut Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tidak perlu khawatir dengan pernyataan bahwa melakukan creambath dapat merusak rambut. Jika dilakukan dengan benar creambath dapat membuat rambut Anda lebih sehat.

Tips melakukan Creambath di Rumah

Berikut beberapa tips melakukan creambath yang dapat Anda lakukan di rumah jika tidak ada waktu untuk pergi ke salon:

  • Sebelum melakukan creambath sebaiknya gunting kuku yang panjang agar kepala Anda tidak akan sakit saat memijat kulit kepala.
  • Setelah mencuci rambut, oleskan krim Creambath secara merata dari kulit kepala ke rambut.
  • Pijat secara merata di seluruh rambut dan kulit kepala.
  • Gunakan handuk hangat untuk membungkus rambut selama 10 hingga 15 menit. Kemudian bilas rambut hingga bersih dengan air hangat.
  • Setelah rambut dibilas pada akhir proses creambath, keringkan rambut dengan menggunakan handuk kering, jangan menggosok rambut tapi sebaiknya rambut ditekan-tekan dengan lembut.
  • Jika Anda ingin mengeringkan rambut dengan pengering rambut (hair dryer), coba pilih hair dryer yang berangin sedang (tidak terlalu panas), hal tersebut dapat menjaga rambut tetap sehat dan tidak kering setelah melakukan creambath.
  • Jangan terlalu sering mengikat atau menjepit rambut karena dapat merusak kekuatan rambut dan akan membuat rambut menjadi rontok.

Sebelum melakukan creambath ada baiknya Anda kenali terlebih dahulu jenis rambut Anda. Konsultasikan dengan dokter kulit atau orang salon yang sudah terlatih dibidangnya. 

Penggunaan bahan creambath yang tepat sangat berpengaruh terhadap kondisi rambut Anda. Seperti menggunakan krim dengan kandungan minyak alpukat dapat bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut, membersihkan kulit kepala, mencegah rambut patah, dan membuat rambut lebih bersinar. 

Sedangkan krim dengan kandungan minyak zaitun, lidah buaya, hingga pisang, pepaya, dan madu dapat mengentalkan dan memperkuat batang rambut agar rambut tidak mudah bercabang. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini