Benarkah Minum Air Bawang Merah Bisa Meredakan Gejala Asma?

Dipublish tanggal: Agu 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 17, 2020 Waktu baca: 3 menit
Benarkah Minum Air Bawang Merah Bisa Meredakan Gejala Asma?

Bawang yang dikenal sebagai bumbu dapur di berbagai negara di Asia tidak hanya memiliki aroma yang berbeda tetapi juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. 

Perlu Anda ketahui, bawang mengandung banyak bahan kimia yang dapat membantu Anda mencegah berbagai banyak penyakit. Tapi tahukah Anda, makanan berbau tajam tersebut juga bisa membantu meredakan gejala asma.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Ada dua jenis bawang yaitu bawang putih dan merah. Bawang merah dianggap sebagai salah satu obat terbaik untuk asma karena bawang merah mengandung banyak antioksidan dan sifat anti-inflamasi

Selain itu, bawang merah juga mengandung vitamin C, senyawa belerang, sifat anti-bakteri dan anti virus.

Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa bawang merah memiliki beberapa senyawa seperti tiosulfinat, quercetin dan anthocyanin cyanidin dalam bentuk flavonoid dan antioksidan, yang menjadikan bawang merah sebagai salah satu obat terbaik untuk asma dan alergi.

Cara menggunakan bawang merah untuk meredakan Asma

Bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • ½ kg bawang merah
  • Siapkan 6-8 sendok makan madu
  • Siapkan sekitar 300-350 gram gula merah tua
  • Siapkan 2 lemon segar
  • 5-6 gelas air

Cara Mempersiapkannya

  • Pertama, panaskan gula dalam beberapa saat sampai mulai meleleh
  • Tambahkan bawang merah cincang ke dalamnya dan terus aduk
  • Kemudian tambahkan air ke dalam campuran bawang dan gula
  • Rebus sampai air berkurang menjadi sepertiga dari tinggi air di awal
  • Biarkan larutan mendingin dan peras jus lemon di dalamnya dan tambahkan madu
  • Simpan campuran bawang merah tersebut di dalam toples kaca

 Orang dewasa dapat mengkonsumsi satu sendok makan campuran bawang merah tersebut sementara anak-anak hanya boleh mengkonsumsi satu sendok teh sebelum setiap makan sampai waktu munculnya gejala asma.

Obat Rumahan lainnya untuk mengatasi Asma

Selain menggunakan bawang merah, terdapat beberapa bahan-bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk meredakan gejala asma. Berikut bahan-bahan rumahan yang dapat Anda gunakan untuk meredakan gejala asma:

  • Bahan Makanan yang Mengandung Magnesium
    Studi menunjukkan bahwa magnesium dapat melemaskan otot-otot saluran pernapasan. Bahkan, anak-anak yang kekurangan mineral tersebut dapat berisiko lebih tinggi terkena asma. Sayuran hijau gelap paling tinggi akan kandungan magnesium, dan dikemas dengan klorofil. Masukkan 1/4 cangkir biji labu ke dalam makanan harian Anda. Dan juga buah seperti pisang, kacang mete dan coklat hitam merupakan sumber magnesium yang baik.
  • Makanan yang Kaya Vitamin D dan C
    Penurunan tingkat nutrisi yang sangat penting tersebut telah menunjukkan prevalensi asma pada anak-anak dan orang dewasa. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara rendahnya tingkat vitamin D dan penurunan fungsi paru-paru. Cobalah untuk mendapatkan sinar matahari alami setiap hari sehingga tubuh Anda dapat menebus kekurangan vitamin D, juga tambahkan suplemen jika diperlukan. Vitamin C dapat membantu mengurangi respons peradangan di saluran udara dan juga mengurangi kejang pada saluran bronkial. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi mengi dan sesak napas. Konsumsilah buah mangga, jambu biji, tomat, pepaya, jeruk, amla, dan sayuran hijau.
  • Kunyit
    Curcumin yang terdapat di dalam kunyit sangat efektif untuk meredakan asma bronkial. Kandungan curcumin dalam kunyit dapat melebarkan pembuluh darah untuk aliran udara yang lebih baik. Campurkan 1/4 sendok teh bubuk kunyit dan 1/4 sendok teh bubuk lada hitam ke dalam segelas air. Minumlah campuran bahan tersebut di pagi hari untuk mendapatkan kelegaan dari gangguan pernapasan.
  • Jahe
    Jahe sangat efisien dalam memerangi asma. Anda dapat menggunakannya dalam bentuk kering, mentah, dan segar untuk mengobati semua jenis kondisi pernapasan. Jahe memiliki sifat antioksidan dan analgesik. Komponen-komponennya memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya efektif dalam mengurangi peradangan sebagai Obat Anti-Inflamasi Non-Steroid (NSAID). Jahe dapat membersihkan lendir yang berlebihan dan pembengkakan dari saluran pernapasan yang menuju ke paru-paru dan juga membuat saluran pernapasan menjadi lebih rileks.
  • Asam lemak omega-3
    Omega-3 secara alami dapat ditemukan di berbagai jenis ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, asam lemak omega-3 merupakan obat lain untuk asma yang alami dan Anda dapat dengan mudah mengkonsumsinya sendiri di rumah. Asam lemak omega-3 sudah terkenal karena kemampuannya untuk membantu berbagai kondisi mental dan fisik seperti gangguan suasana hati, penyakit jantung, dll. Sekarang penelitian telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 juga efektif dalam mengurangi dan mengelola peradangan saluran napas serta reaktivitas dari sistem kekebalan tubuh.

23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Updated information on leukotriene inhibitors: Montelukast (marketed as Singulair), zafirlukast (marketed as Accolate), and zileuton (marketed as Zyflo and Zyflo CR). U.S. Food and Drug Administration. http://www.fda.gov/Drugs/DrugSafety/PostmarketDrugSafetyInformationforPatientsandProviders/DrugSafetyInformationforHeathcareProfessionals/ucm165489.htm.
Asthma. Natural Medicines Comprehensive Database. http://www.naturaldatabase.com.
Ferri FF. Asthma. In: Ferri's Clinical Advisor 2015: 5 Books in 1. Philadelphia, Pa.: Mosby Elsevier; 2015. https://www.clinicalkey.com.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app