Daftar Kandungan Berbahaya Pada Lipstik yang Harus Dihindari

Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Daftar Kandungan Berbahaya Pada Lipstik yang Harus Dihindari

Lipstik merupakan jenis kosmetik yang paling sering digunakan wanita. Lipstik menjadi andalan untuk memberikan warna pada bibir, sehingga membuat penampilan semakin sempurna.

Maka tak heran jika kebanyakan wanita tak ingin ketinggalan membawa lipstik kemana-mana. Bahkan, banyak juga wanita yang mengoleksi berbagai warna lipstik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun, dibalik manfaat yang diberikan, beberapa lipstik yang dijual di pasaran mengandung logam berat yang berbahaya bagi tubuh. Sebaiknya ketahui dulu berbagai kandungan berbahaya pada lipstik yang patut diwaspadai. 

Bahan dasar pembuatan lipstik

Pada umumnya, setiap lipstik terbuat dari 3 bahan dasar yaitu lilin, minyak, dan pigmen. Kandungan lilin pada lipstik berguna untuk memberikan tekstur dan bentuk pada bibir. 

Kandungan lilin yang lebih banyak akan membuat lipstik dapat menutupi warna bibir dengan sempurna, sehingga terlihat menyatu dengan bibir. Sedangkan kandungan minyak pada lipstik berfungsi untuk memberikan kelembaban pada bibir. 

Lipstik juga mengandung pigmen yang berperan untuk memberikan warna. Lipstik yang memiliki kandungan minyak lebih sedikit, akan memiliki warna yang mencolok. Sedangkan lipstik dengan kandungan minyak yang lebih banyak mempunyai warna yang kurang tebal dan mudah menghilang.

Bagi Anda yang memiliki bibir kering, menggunakan lipstik dengan kandungan minyak lebih banyak merupakan pilihan tepat. Anda bisa menggunakan lipstik jenis sheer. Jenis lipstik ini akan menjaga kelembaban bibir, tetapi warna yang dihasilkan tidak mencolok dan mudah hilang.

Jika Anda ingin menggunakan lipstik dengan warna yang lebih tebal, lipstik matte dapat dijadikan pilihan. Namun, lipstik ini kurang cocok digunakan oleh wanita yang memiliki bibir kering. Pasalnya, lipstik matte memiliki kandungan minyak yang sedikit sehingga dapat menyebabkan bibir mudah kering.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca Selengkapnya: 9 Kebiasaan Menyebabkan Bibir Kering

Daftar kandungan berbahaya pada lipstik

Tentunya tidak semua lipstik menggunakan bahan berbahaya. Namun bagaimanapun, Anda tetap perlu memeriksa kandungan yang terdapat pada lipstik sebelum membelinya dan pastikan lipstik tersebut mengandung bahan-bahan yang aman untuk bibir dan tubuh secara keseluruhan.

Berikut beberapa kandungan bahan berbahaya pada listrik yang diketahui dapat mengganggu kesehatan, antara lain:

1. Logam berat

Lipstik biasanya mengandung berbagai jenis logam berat, seperti alumunium, titanium, tembaga, dan nikel. Namun, Anda perlu waspada jika lipstik mengandung timbal. 

Timbal merupakan jenis logam berat yang dapat membahayakan sistem saraf dan organ tubuh. Hati-hati, timbal yang masuk ke dalam tubuh berpotensi memicu kanker. Tak hanya timbal, logam berat jenis lainnya juga bisa membahayakan kesehatan jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak.

2. Triklosan

Triklosan adalah senyawa kimia yang digunakan untuk mencegah infeksi bakteri. Selain digunakan pada beberapa jenis lipstik, triklosan juga ditemukan pada berbagai produk pasta gigi, sabun pencuci wajah, dan scrub.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pada dasarnya, belum ada penelitian pasti yang menunjukkan bahwa triklosan berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan, triklosan diketahui dapat melemahkan kekuatan otot dan kerja otot jantung. Selain itu, penggunaan triklosan pada hewan juga dapat mengganggu keseimbangan hormon bahkan meningkatkan risiko terjadinya kanker. 

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa triklosan menyebabkan bakteri menjadi kebal (resisten) terhadap antibiotik. Akibatnya, tubuh jadi lebih mudah terserang penyakit yang sama di kemudian hari.

Akan tetapi lagi-lagi, efek samping tersebut hanya baru diketahui terjadi pada hewan. Belum dapat dipastikan apakah efek samping tersebut juga dapat terjadi pada manusia atau tidak, sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Ftalat

Phthalates atau ftalat merupakan bahan kimia yang digunakan pada pembuatan plastik, deterjen, dan lem. Kandungan ftalat semestinya tidak ada dalam lipstik sebab dapat membahayakan kesehatan. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan, flatat dapat menimbulkan iritasi pada tubuh. Namun sayangnya, belum bisa dipastikan apakah efek samping ini juga berlaku pada manusia atau tidak.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membaca kandungan lipstik yang tertera pada kemasan. Jika terdapat salah satu atau beberapa kandungan berbahaya pada lipstik, segera ganti dengan lipstik lain yang kandungannya lebih aman. Yang tak kalah penting, pastikan juga lipstik Anda sudah mendapat sertifikat BPOM.

Baca Selengkapnya: Cara Memilih Produk Kosmetik yang Aman

90 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app