Makanan dan Diet Sehat

Ayo Ketahui Bagaimana Cara Diet yang Sehat dan Alami?

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ayo Ketahui Bagaimana Cara Diet yang Sehat dan Alami?

Tubuh langsing dan singset ialah impian setiap manusia baik pria maupun wanita. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal tentulah bukan hal yang mudah untuk dilakukan apalagi bila pada dasarnya badan kamu termasuk badan yang gemuk. 

Tapi kamu jangan khawatir, disini khusus untuk kamu akan dibahas mengenai cara-cara alami apa saja yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan berat badanmu. 

Iklan dari HonestDocs
Fat Freezing By Cristal Cryosculpt Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh sehingga tubuh lebih langsing dan ideal. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Fat freezing by cristal cryosculpt di genese clinic

Seiring dengan pertambahan waktu dan kemajuan teknologi, menurunkan berat badan memang bukan hal yang sulit. Banyak sekali produk-produk kesehatan, obat-obatan dan klinik-klinik kecantikan yang menawarkan produk dan perawatan serba instan untuk menurunkan berat badan. 

Mulai dari teh pelangsing, obat-obatan pelangsing, akupuntur hingga sedot lemak sekarang ini bukanlah hal yang aneh lagi di jaman sekarang ini. Namun daripada membeli obat-obatan instan dan perawatan yang belum jelas efek sampingnya. 

Ada baiknya kamu melakukan 10 cara alami dibawah ini untuk menurunkan berat badanmu.

1. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Jika kamu penggemar nasi, bakmi, kentang goreng dan semacamnya, sebaiknya kamu mengurangi makanan tersebut. Kurangi konsumsi nasi putih dengan cara menggantinya dengan nasi merah yang lebih sehat dan kaya serat

Walaupun karbohidrat merupakan sumber energi pada tubuh namun pengkonsumsian yang terlalu banyak akan membuat badan kamu menjadi gemuk. 

2. Kurangi Makanan Berlemak dan Manis

Makanan berlemak dan manis identin dengan lemak, ya kata-kata ini benar sekali karena makanan yang manis dan berlemak akan lebih sulit dicerna tubuh dan dikeluarkan oleh tubuh. Tumpukan makanan lemak dan manis akan membuat tubuhmu lebih cepat gemuk.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

3. Olahraga

Ya, cara ini memang cara paling sehat dan paling banyak direkomendasikan oleh berbagai pakar kesehatan dan kecantikan. Olahraga ialah hal yang wajib kamu lakukan untuk membantu berat badanmu mengalami penurunan. 

Olahraga yang dapat kamu lakukanpun beragam, mulai dari pergi gym, berenang, jogging, bermain futsal, basket, yoga dan masih banyak macamnya. 

Bila kamu baru memulai kegiatan berolahraga, kamu tidak perlu terlalu memforsir tubuhmu, cukup mulai dengan waktu 5-10menit per hari, setelah badanmu terbiasa, kamu dapat menambahkan intensitas waktu berolahraga dengan lebih lama lagi.

4. Air Putih

Manfaat Air putih pada tubuh tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Air putih juga ternyata bagus untuk diminum diwaktu kamu sedang diet. Air putih mampu mempercepat proses metabolisme tubuh. Saat diet kamu dianjurkan minum air putih sebanyak 2 hingga 3 liter per hari.

5. Hindari Ngemil

Ya, kebanyakan dari wanita pasti suka sekali menyemil. Menyemil memang kegiatan yang mengasikan terutama bila dilakukan di jam jam krusial seperti sore hari jam 3 lalu malam hari jam 9-10an. 

Kamu mungkin berhasil dalam diet makan siang dan malammu, namun bila kamu tidah menghentikan kebiasaan menyemilmu. Itu artinya dietmu secara keseluruhan tidak ada artinya atau batal. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ya, walaupun menyemil hanya memakan sedikit makanan, namun jenis cemilan yang berbau manis dan kue akan menaikan kadar lemak dalam tubuhmu. Jika kamu sangat lapar, baiknya kamu menyemil buah yang tentunya lebih sehat untuk tubuhmu.

6. Konsumsi Makanan yang Tinggi Serat

Seperti kamu ketahui, serat sangatlah baik dalam membantu proses metabolisme tubuhmu dan membuat kamu dapat menurunkan berat badan lebih cepat. 

Konsumsilah makanan yang kaya akan serat seperti sayur-sayuran karena dengan serat maka tubuh akan lebih lama merasa kenyang dan kamu dapat terhindar dari makan makanan lain yang dapat meningkatkan bobot tubuhmu.

7. Teh Hijau atau Matcha

Mengkonsumsi teh hijau dengan rutin dipercaya akan membantu proses detox di dalam tubuh. Sehingga semua racun yang menghalangi proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh dapat dibersihkan oleh minuman beraroma menenangkan ini. 

Detoksifikasi yang dilakukan dengan teh hijau juga mampu merontokan lemak-lemak yang ada dalam tubuhmu. Maka tidak heran bila teh hijau terkenal akan kemampuannya dalam membuang lemak-lemak jahat pada tubuh manusia. 

8. Air Lemon

Air lemon adalah salah satu minuman yang dapat berfungsi untuk mendetokfikasi tubuh seperti teh hijau. Kamu bisa memanfaatkan air lemon sebagai minuman pertama anda setelah bangun tidur untuk membantu menghilangkan racun di dalam tubuh sekaligus memberikan efek langsing. 

Cara membuat air lemonpun cukup mudah, satu hari sebelum meminum air lemon, kamu cukup iris lemon menjadi lembaran tipis, masukan ke dalam botol airmu lalu diamkan sepanjang kamu tidur. Air putih yang dicampur lemon ini dikenal dengan nama Infused Water. 

9. Hindari Mengkonsumsi Junk Food dan Gorengan

Makanan cepat saji pada umumnya bukan merupakan makanan yang sehat. Kebanyakan dari makanan cepat saji merupakan makanan dari hasil penggorengan yang identik dengan lemak. Hindari makanan jenis ini bila kamu ingin dietmu berhasil

10. Istirahat yang Cukup

Walau terkesan sederhana, istirahat dan tidur yang cukup ialah kunci hidup sehat setiap makhluk hidup terutama manusia. Usahakanlah setiap harinya kamu bisa tidur 8 jam sehari sehingga seluruh sel dalam tubuhmu bisa beristirahat. Pola hidup yang sehat akan membawa dampak baik bagi tubuhmu.

Demikianlah 10 cara diet alami yang sudah kamu ketahui, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang ingin diet ya. Good Luck Guys.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
25 Simple Tips to Make Your Diet Healthier. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/healthy-eating-tips)
A healthful diet: Factors and tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/153998.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app