Aturan Main Menurunkan Berat Badan

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 2 menit

Program diet ketat untuk menurunkan berat badan dengan cepat jelas sangat menggoda, apalagi bagi anda yang sudah lama mendambakan bentuk tubuh yang ideal. 

Tetapi program diet ketat seperti ini bukanlah cara yang selalu tepat. Pada program diet ketat, anda dipaksa untuk mengurangi asupan makanan tertentu secara berlebihan hanya akan membuat anda kerepotan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cepat turun, cepat juga naik

Apakah anda pernah mendengar efek yoyo? Efek yoyo terjadi saat program diet membuat penurunan berat badan berlangsung cepat, tapi yang terjadi adalah berat badan akan kembali seperti semula atau bahkan bertambah besar. 

Perubahan berat badan yang drastis bisa menjadi sebab dari beberapa penyakit fisik dan mental juga diantaranya:

  • Meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serta penyakit kantong empedu
    Bagi orang dewasa yang tidak mengalami obesitas dan tidak memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan berat badan sebaiknya untuk terus menjaga kestabilan berat badan. Ini agar anda tidak mengalami gangguan kesehatan akibat dari efek yoyo.
  • Berdampak secara psikologis dan mental
  • Gagal Jantung
    Untuk wanita dengan berat badan normal yang pernah mengalami efek yoyo memiliki tingkat risiko kematian mendadak karena gagal jantung sebesar 3-5 kali lebih tinggi. Disamping itu tingkat risiko kematian karena penyakit jantung koroner naik sampai 66 persen.

Cara menurunkan berat badan yang aman

Turunnya berat badan sekitar 0,5-1,5 kg per minggu adalah penurunan berat badan yang disarankan. 

Walaupun lambat, tapi langkah ini lebih efektif dan aman untuk dijalani pada jangka panjang tentu diikuti juga dengan gaya hidup yang lebih sehat. Berikut ini adalah cara menurunkan berat badan yang benar dan aman:

Pengurangan jumlah kalori yang masuk

Bisa diartikan bahwa berat badan anda saat ini merupakan gambaran kasar tentang jumlah kalori yang masuk. Maka untuk menurunkan berat badan, pengurangan jumlah kalori yang masuk juga dikurangi. 

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi susu diet sebagai pengganti makanan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Disamping rendah kalori,  susu khusus diet mengandung bermacam vitamin dan mineral sehingga merupakan pilihan yang lebih tepat daripada tidak makan sama sekali.

Rutin Berolahraga

Untuk bisa menurunkan berat badan dengan maksimal, anda sangat disarankan untuk berolahraga dengan teratur. 

Olahraga dapat membakar kalori yang berlebih di dalam tubuh. Banyaknya kalori yang terbakar juga tergantung dari frekuensi, durasi, dan intensitas olahraga yang Anda jalani. 

Olahraga aerobik dapat menjadi referensi yang sesuai guna membakar kalori tubuh. Sebagai alternatif lain, lakukan gerakan-gerakan latihan kecil saat anda ada waktu sedikit, seperti gerakan melompat atau jongkok berdiri.

Komitmen yang kuat

Pada dasarnya menurunkan berat badan memerlukan waktu, usaha, dan komitmen yang lama. Teguhkan kepada diri sendiri bahwa anda sudah siap untuk membuat perubahan secara permanen dan merubah gaya hidup yang lebih sehat. 

Oleh karena itu, anda harus terus fokus. Memang pada kenyataannya diperlukan banyak energi, baik itu dari sisi mental maupun fisik. Ini dilakukan demi mengubah kebiasaan buruk Anda sebelumnya.

Menurunkan berat badan disarankan untuk tidak dilakukan secara cepat dan drastis. Supaya hasilnya maksimal, anda bisa mengubah gaya hidup dengan cara mengurangi asupan kalori secara bertahap disertai memperbanyak aktivitas fisik. 

Konsultasikan kepada dokter atau ahli medis agar memperoleh saran yang sehat dalam menurunkan berat badan secara ideal.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to lose weight fast: 9 scientific ways to drop fat. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322345)
12 tips to help you lose weight on the 12-week plan. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/12-tips-to-help-you-lose-weight/)
Losing Weight. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/healthyweight/losing_weight/index.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app