Apel Merah vs Apel Hijau

Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 30, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apel Merah vs Apel Hijau

Memakan makanan yang sehat adalah salah satu komponen kesehatan yang krusial. Mendapatkan makanan sehat yang mendasar cukup baik, yaitu memakan buah-buahan dan sayur-sayuran, mendapatkan protein yang cukup, dan menghindari makanan yang diproses dan gula.

Namun, nutrisi bisa lebih dari itu. Bagi orang-orang yang sangat peduli pada kesehatan akan bertanya-tanya: apakah ada perbedaan kandungan kesehatan pada apel hijau dengan apel merah? Mari kita lihat buktinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Apel Merah versus Apel hijau: Melihat lebih dekat pada faktanya

Apel: buah-buahan yang paling populer

Apel tumbuh pada pohon yang disebut dengan spesies Malus pumila. Spesies ini secara dekat memiliki kerabat dengan crabapples. Crabapples adalah saudara dari pohon yang menghasilkan buah, termasuk di dalamnya aprikot, ceri, peach, pear, dan plum. Malus pumila adalah juga kerabat dekat dari mawar, hop, dan pohon Elm. 

Berdasarkan Insider Monkey, studi pada tahun 2015 menemukan bahwa apel adalah buah yang paling sering dikonsumsi di Amerika Serikat, setelah pisang. Meskipun kepopuleran apel di Amerika Serikat, orang Amerika biasanya tidak mengonsumsi banyak apel pada skala global. 

Malahan, Austria adalah pengonsumsi apel per kapita tiap tahun, sesuai dengan sitasi oleh StatsMonkey. Orang Austria rata-rata mengonsumsi apel lebih dari tiga kali rata-rata yang dimakan oleh orang Amerika. Maka dari itu, orang Amerika Serikat berada pada urutan ke 35 pada daftar negara yang paling banyak mengonsumsi apel.

Varietas Apel

Berdasarkan penerbit nonfiksi Weldon Owen, ada sekitar 7000 kultivar apel yang ada di dunia. Anda tidak akan menemui semuanya seumur hidp Anda. Terdapat varietas apel yang relatif kecil dan berguna di pasar daerah Timur. Tentu saja, Red Delicious adalah apel merah yang quintesensial. Beberapa apel merah adalah apel Fuji, Gala, dan tipe Jonathan. 

Kebanyakan apel hijau yang Anda sering temui antara lain adalah varietas Granny Smith, meskipun Anda juga mungkin pernah menemui Ginger Gold sebelumnya. Apel memiliki warna yang bermacam-macam: merah, hijau, kuning, atau kombinasi semuanya. 

Namun, apel yang berwarna merah atau hijau adalah dua jenis apel yang paling umum ditemui. Apel merah dan hijau memiliki warna yang berbeda, apakah perbedaan warna ini memiliki tingkat kesehatan yang berbeda juga?

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Apel merah atau apel hijau: Mana yang lebih banyak memiliki serat?

United States Department of Agriculture memberikan National Nutrient Database untuk referensi standar. Sumber ini memberikan informasi nutrisi mendetail pada banyak makanan, jauh lebih mendalam daripada apa yang ditunjukkan label fakta nutrisi. 

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh USDA, apel Granny Smith memiliki serat 22% lebih banyak daripada Apel Red Delicious, bersamaan dengan lebih sedikit gula. Maka apakah artinya hal ini bagi gula darah?

Dietisian terdaftar Meri Raffetto mengatakan bahwa serat membantu mengontrol kenaikan gula darah yang terjadi setelah makan. Hal ini karena lebih banyak serat pada makanan Anda, sehingga makan Anda akan secara lebih pelan dicerna.

Memakan lebih banyak serat membantu Anda menjaga kadar gula darah Anda agar lebih stabil. Hal ini krusial bagi orang-orang yang mengalami diabetes tipe 2. Rafetto memberikan catatan pada beberapa kasus, makanan yang tinggi serat cukup untuk membuat orang yang memiliki diabetes untuk mengontrol kadar gulanya. 

Namun, keutungan serat untuk gula darah Anda adalah hal yang menarik bagi semua orang, meskipun Anda tidak memiliki diabetes.

Meskipun pada orang yang sehat, kadar gula darah yang tinggi setelah makan akan memberikan efek samping yang tidak nyaman seperti letharghy, dan memakan lebih banyak akan mencegah hal ini. Mayo Clinic berkata bahwa beberapa keuntungan kesehatan dari memakan serat antara lain:

  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mencegah hemoroid
  • Menjadi terus kenyak lebih lama setelah makan

Makanan dari tumbuh-tumbuhan, termasuk buah, sayur, dan legume, adalah makanan yang memiliki serat. Menambah apel tiap kali makan merupakan cara yang baik untuk mendapatkan lebih banyak serat, terutama karena apel sangat lezat, dan tidak memerlukan persiapan apapun.

Jika Anda lebih menyukai Granny Smith apple daripada kultivar lainnya, Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Apples and diabetes: Benefits, nutrition, and other fruits. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321882)
Apple and Peanut Butter: Nutrition, Calories, and Benefits. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/apple-and-peanut-butter)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app