Apakah Makan Dengan Perlahan Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan?

Hormon-hormon ini memberi tahu otak Anda bahwa Anda telah makan, mengurangi nafsu makan, membuat Anda merasa kenyang, dan membantu Anda berhenti makan.Proses ini memakan waktu sekitar 20 menit, jadi makan secara perlahan dapat memberi otak Anda waktu yang dibutuhkan untuk menerima sinyal-sinyal ini.
Dipublish tanggal: Jul 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apakah Makan Dengan Perlahan Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan?

Banyak orang makan makanan mereka dengan cepat dan sembarangan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Makan perlahan mungkin dapat  memberikan sejumlah manfaat. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat makan perlahan.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Makan terlalu cepat bisa menyebabkan kenaikan berat badan

Orang yang makan dengan cepat cenderung memiliki berat lebih dari mereka yang tidak. 

Faktanya, pemakan cepat memiliki kemungkinan hingga 115% lebih besar dari pada pemakan yang lebih lambat untuk mengalami obesitas.

Mereka juga cenderung menambah berat badan dari waktu ke waktu, yang mungkin sebagian dikarenakan makan terlalu cepat.

Dalam sebuah penelitian di lebih dari 4.000 orang dewasa paruh baya, mereka mengatakan bahwa mereka yang makan sangat cepat, cenderung lebih berat dan mengalami kenaikan berat badan paling banyak sejak usia 20.

Studi lain meneliti perubahan berat badan pada 529 pria selama 8 tahun. Mereka melaporkan bahwa mengalami kenaikan lebih dari dua kali lebih berat dari pemakan lambat atau sedang. 

Makan perlahan membantu Anda makan lebih sedikit

Nafsu makan dan asupan kalori Anda sebagian besar dikendalikan oleh hormon.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Setelah makan, usus Anda menekan hormon yang disebut ghrelin, yang mengendalikan rasa lapar, dan juga melepaskan hormon kepenuhan. 

Hormon-hormon ini memberi tahu otak Anda bahwa Anda telah makan, mengurangi nafsu makan, membuat Anda merasa kenyang, dan membantu Anda berhenti makan.

Proses ini memakan waktu sekitar 20 menit, jadi makan secara perlahan dapat memberi otak Anda waktu yang dibutuhkan untuk menerima sinyal-sinyal ini.

Makan perlahan bisa meningkatkan hormon kepenuhan

Makan terlalu cepat sering menyebabkan makan berlebihan, karena otak Anda tidak punya cukup waktu untuk menerima sinyal kenyang.

Selain itu, makan dengan perlahan telah terbukti mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi selama makan karena peningkatan hormon kepenuhan.

Dalam sebuah penelitian, 17 orang sehat dengan berat badan normal mengonsumsi 300 gram es krim pada 2 kesempatan. Selama yang pertama, mereka menghabiskan es krim tersebut dalam waktu 5 menit, tetapi selama yang kedua, selamal 30 menit. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Tingkat kepenuhan dan tingkat hormon kepenuhan yang dilaporkan meningkat secara signifikan setelah makan es krim secara perlahan.

Dalam studi lanjutan, kali ini pada penderita diabetes serta penderita obesitas, makan secara perlahan tidak meningkatkan hormon kepenuhan. Namun, secara signifikan meningkatkan tingkat kepenuhan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa orang muda dengan obesitas mengalami tingkat hormon kepenuhan yang lebih tinggi ketika mereka makan dengan lambat.

Makan perlahan bisa mengurangi asupan kalori

Dalam sebuah penelitian, orang dengan berat badan normal atau kelebihan berat badan makan pada kecepatan yang berbeda. 

Kedua kelompok makan lebih sedikit kalori selama makan paling lambat, meskipun perbedaannya hanya signifikan secara statistik pada kelompok berat badan normal.

Semua peserta juga merasa kenyang lebih lama setelah makan lebih lambat, melaporkan lebih sedikit kelaparan 60 menit setelah makan lambat daripada setelah puasa.

Pengurangan asupan kalori secara spontan ini akan menyebabkan penurunan berat badan seiring waktu.

Manfaat makan secara perlahan lainnya

Makan dengan lambat juga dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup Anda dengan cara lain, termasuk:

  • meningkatkan kenikmatan makanan
  • meningkatkan pencernaan
  • membantu Anda menyerap nutrisi dengan lebih baik
  • membuat Anda merasa lebih tenang dan lebih terkendali
  • mengurangi tingkat stres

Cara memperlambat dan menurunkan berat badan

Berikut beberapa saran untuk membantu Anda mulai makan lebih lambat:

  • Hindari rasa lapar yang ekstrem. Sulit untuk makan perlahan ketika Anda sangat lapar. Untuk mencegah rasa lapar yang berlebihan, sediakan camilan sehat.
  • Kunyah lebih sering. Hitung berapa kali Anda biasanya mengunyah makanan, lalu gandakan jumlahnya. 
  • Makanlah makanan yang perlu dikunyah. Fokus pada makanan berserat yang membutuhkan banyak kunyah, seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Serat juga dapat meningkatkan penurunan berat badan.
  • Minum air. Pastikan untuk minum banyak air atau minuman nol kalori lainnya dengan makanan Anda.
  • Gunakan timer. Atur timer dapur Anda selama 20 menit dan lakukan yang terbaik untuk tidak menyelesaikannya sebelum bel berbunyi. Bertujuan untuk menjaga kecepatan yang lambat dan konsistensi sepanjang saat makan.
  • Matikan layar Anda. Usahakan untuk menghindari perangkat elektronik, seperti televisi dan telepon pintar, saat makan.
  • Ambil napas dalam-dalam. Jika Anda mulai makan terlalu cepat, ambil napas dalam-dalam. Ini akan membantu Anda memfokuskan kembali dan kembali ke jalurnya.
  • Berlatih makan dengan penuh perhatian. Teknik makan yang penuh perhatian membantu Anda lebih memperhatikan apa yang Anda makan dan mengendalikan keinginan Anda.
  • Sabar. Perubahan membutuhkan waktu, karena dibutuhkan sekitar 66 hari untuk perilaku baru menjadi kebiasaan. 


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Will eating slowly help you to lose weight?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320905)
Why eating slowly may help you feel full faster. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/why-eating-slowly-may-help-you-feel-full-faster-20101019605)
Benefits of Eating Your Food Slowly. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/benefits-of-eating-slowly-2223827)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app