Apakah Kentut dari Vagina Itu Berbahaya?

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 24, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apakah Kentut dari Vagina Itu Berbahaya?

Kentut yang berasal dari vagina, atau "queefing," adalah suatu kondisi yang disebabkan ketika udara terperangkap di dalam vagina. Setelah udara terperangkap, udara yang dilepaskan dari vagina dapat menyebabkan suara yang mirip dengan buang gas. 

Kondisi ini biasanya merupakan kejadian normal, dan jarang merupakan tanda masalah kesehatan yang serius. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun, kondisi ini bisa merupakan gejala dari suatu kondisi medis yang perlu diobati. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebabnya dan kapan Anda perlu mencari perhatian medis, mari disimak artikel yang satu ini.

Penyebab keluarnya gas dari Vagina

Ada sejumlah hal berbeda yang dapat menyebabkan seorang wanita buang angin melalui vagina. 

Penting untuk mengetahui penyebab yang dapat menyebabkan kondisi ini, karena beberapa penyebab perlu ditangani secara khusus oleh seorang profesional medis. Beberapa penyebab ini meliputi :

Aktivitas Seksual

Aktivitas seksual adalah penyebab umum dari buang angin melalui vagina. Gerakan penis masuk dan keluar dari vagina kadang-kadang dapat menyebabkan udara masuk dan kemudian menjadi terperangkap. 

Saat otot Anda tegang karena orgasme atau ketika penis dilepas, gas kemudian akan dilepaskan. Ini bisa menimbulkan suara berisik dan terasa seperti kentut.

Seks oral juga dapat menyebabkan udara masuk ke dalam vagina. Selain itu beberapa aktivitas seksual yang dilakukan secara kasar tidak hanya dapat menyebabkan udara yang terperangkap, tetapi juga dapat menyebabkan pneumoperitoneum spontan, yaitu suatu kondisi yang ditandai ketika udara terperangkap di dalam rongga perut sehingga dapat menyebabkan nyeri dada atau perut bagian atas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Disfungsi dasar Panggul

Walaupun buang angin dari vagina bukan merupakan salah satu gejala utama akibat disfungsi dasar panggul, namun beberapa studi telah menunjukkan bahwa disfungsi otot dasar panggul dapat menyebabkan munculnya gejala ini.

Fistula vagina

Fistula vagina adalah terbentuknya saluran yang abnormal antara vagina Anda dan organ perut atau panggul internal lainnya. 

Fistula dapat menyebabkan munculnya gas vagina yang tidak berhubungan langsung dengan aktivitas seksual. Ada berbagai jenis fistula vagina. 

Jenis-jenis ini didasarkan pada tempat lubang atau robekan pada vagina dan organ mana yang tersambung oleh saluran tersebut. Fistula perlu ditangani oleh seorang profesional medis dan mendapatkan perawatan khusus.

Jenis fistula vagina yang terlihat paling sering dikenal sebagai fistula vesikovaginal. Fistula vesikovaginal adalah lubang yang menghubungkan antara kandung kemih dan vagina Anda. 

Berikut ini adalah daftar jenis fistula lain dan di mana robekan terjadi pada vagina:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Fistula ureterovaginal terjadi antara vagina dan ureter, yang merupakan saluran yang membawa urin ke kandung kemih Anda dari ginjal.
  • Fistula rektovaginal terjadi antara vagina dan rektum (dekat ujung usus besar). Kkondisi ini mungkin terjadi selama persalinan, tetapi terutama terjadi di negara-negara berkembang akibat penanganan persalinan yang kurang baik. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh operasi panggul, kanker panggul, perawatan radiasi di sekitar panggul untuk mengobati kanker panggul, atau dari penyakit Crohn atau kolitis ulserativa. Jenis fistula ini paling sering menyebabkan gejala seperti buang angin melalui vagina, terutama ketika terjadi setelah melahirkan.
  • Fistula enterovaginal terjadi antara usus kecil dan vagina.
  • Fistula colovaginal terjadi antara usus besar dan vagina. Jenis fistula ini adalah jenis fistula yang langka dan paling sering disebabkan oleh penyakit divertikular.
  • Fistula uretrovaginal terjadi antara vagina dan uretra, yang merupakan saluran yang membawa urin keluar dari tubuh.

Bagaimana cara mencegah terjadinya kentut dari Vagina?

Tidak banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kentut dari vagina. Kondisi ini biasanya merupakan gejala dari kondisi lain atau kejadian alami selama aktivitas seksual. 

Namun, ada perawatan dan prosedur bedah yang dapat memperbaiki penyebabnya. Bahkan kentut dari vagina yang terjadi akibat aktivitas seksual, mungkin dapat ditangani dengan perawatan non bedah.

Kapan perlu memeriksakan diri terkait dengan kentut dari Vagina?

Kentut dari vagina yang muncul selama aktivitas seksual tidak perlu dikhawatirkan. Kondisi ini bukan merupakan gejala akibat kondisi medis tertentu. 

Namun, jika Anda mengalami kentut dari vagina pada waktu-waktu yang tidak berhubungan langsung dengan aktivitas seksual, Anda harus memeriksakan diri ke dokter. 

Dokter dapat menentukan apakah Anda memiliki fistula vagina atau apakah ada masalah medis lain yang dapat menyebabkannya. 

Fistula biasanya memerlukan perawatan dengan pembedahan. Jika tidak dirawat atau diperbaiki, fistula dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius di kemudian hari.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Queefs: What They Are And Why They Happen. SELF. (Accessed via: https://www.self.com/story/answers-for-all-your-queefing-questions)
How to Prevent Having Vaginal Farts During Yoga. Verywell Fit. (Accessed via: https://www.verywellfit.com/how-to-avoid-vaginal-farts-during-yoga-3566719)
What Is A Queef? — Queef Meaning & Definition. Women's Health. (Accessed via: https://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/a19967141/queefing/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app