Apa Sebenarnya Fungsi Sistem Otot Bagi Tubuh?

Setelah melihat jenisnya, maka sekarang mari kita lihat apa saja sih fungsi sistem otot dalam tubuh manusia. Berikut penjabarannya:
Dipublish tanggal: Agu 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 24, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Sebenarnya Fungsi Sistem Otot Bagi Tubuh?

Fungsi sistem otot bagi tubuh sangatlah penting. Bagaimana tidak? Ototlah yang membuat tubuh dapat bergerak. Otot sebenarnya tersusun dari sel-sel khusus yang dinamai serabut otot. Otot tak hanya menempel pada tulang saja, namun juga merupakan bagian dari organ dalam serta pembuluh darah

Diperkirakan ada lebih dari 600 otot yang menyusun sistem otot tubuh manusia. Semuanya ini bekerjasama dalam menggerakkan organ-organ tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Jenis-jenis otot

Tak semua otot bertugas menciptakan gerakan besar. Ada pula yang hanya melakukan gerakan kecil seperti memampukan mata berkedip, tangan menulis, dan lain sebagainya. Terlepas dari besar-kecil hasil pergerakannya, semua otot dalam tubuh kita sama-sama penting. 

Nah untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama beberapa jenis otot dalam tubuh:

1. Otot jantung

Tentu saja jenis otot yang pertama ini bekerja di sekitar jantung. Tugas otot jantung yang paling utama adalah memompa darah keluar-masuk dari jantung ke seluruh tubuh dan juga sebaliknya. Otot jantung bersifat otonom, artinya mampu bekerja sendiri/ otomatis tanpa bantuan manusianya. 

2. Otot polos

Sama seperti otot jantung, otot polos juga otonom. Hal ini membuatnya sering disebut juga dengan istilah otot involunter yang berarti bekerja di luar kesadaran. Yang memerintahkan pergerakan otot polos adalah otak serta kebutuhan tubuh.  

Ada banyak lapisan otot polos di seluruh tubuh. Contoh otot polos adalah otot di pencernaan, rahim, dan saluran kemih (yang memampukan kita untuk menahan dan mengeluarkan air seni).

3. Otot rangka

Sesuai namanya, otot ini menempel dan bekerjasama dengan tulang serta tendon untuk menghasilkan pergerakan. Tak seperti jenis otot sebelumnya, otot rangka bekerja berdasarkan perintah manusia secara sadar. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Pada umumnya otot ini terbagi menjadi 2, yaitu yang melakukan gerakan besar seperti otot punggung contohnya. Tapi ada pula yang gerakannya sederhana saja, seperti otot yang memampukan kepala mengangguk, menggeleng, berputar, dan sebagainya.

Berbagai fungsi otot

Setelah melihat jenisnya, maka sekarang mari kita lihat apa saja sih fungsi sistem otot dalam tubuh manusia. Berikut penjabarannya:

1. Menggerakkan tubuh

Ya seperti disebutkan di awal tadi, ototlah - bersama tulang dan tendon - yang memampukan tubuh bergerak. 

2. Menjaga keseimbangan

Tubuh bisa berada berubah posisi berkat pergerakan otot. Karena itu, salah satu fungsi sistem otot adalah menjaga kestabilan tubuh ketika bergerak. Tentunya ini tergantung juga dari seberapa kuat ototnya. Contoh otot inti dalam tubuh ialah yang ada di punggung, perut, dan panggul.

3. Menentukan postur

Kesehatan otot di seluruh tubuh pasti mempengaruhi postur. Bayangkan bila otot di kaki sakit sehingga sulit digerakkan, maka itu akan menyebabkan seseorang berjalan terseok-seok. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga postur tubuh agar selalu benar (tegak salah satunya).  

Dengan begitu, otot takkan jadi korbannya karena tubuh membungkuk atau berada dalam posisi yang salah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

4. Membantu persalinan

Satu lagi tugas mulia dari otot, khususnya yang ada di rahim, adalah membantu proses persalinan dengan cara berkontraksi. Lebih dari itu, ketika hamil, otot polos jugalah yang berperan aktif dalam menopang janin. 

5. Membantu pernapasan

Setiap kali Anda menarik atau menghembuskan nafas, ada otot diafragma yang bekerja di balik itu semua. Menariknya, otot diafragma mampu bekerja sendiri ketika proses pernapasannya biasa saja. 

Namun ketika tarikan napasnya lebih intens, katakanlah saat berolahraga, maka otot ini butuh bantuan otot lain seperti punggung, perut, serta leher.

6. Menggerakkan mata

Adalah otot polos yang memampukan mata bergerak, entah itu melirik, berkedip, atau sekedar menyesuaikan jarak pandang. Karenanya, walau kecil, peran otot mata tetap penting supaya penglihatan tak sampai terganggu. 

7. Membantu proses pencernaan

Sistem pencernaan dikendalikan oleh otot polos yang ada di saluran pencernaan. Seperti kita ketahui bersama saluran pencernaan manusia terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus besar dan kecil, rektum, hingga anus.  

Organ tubuh lain yang juga berperan aktif dalam proses pencernaan adalah hati, pankreas, serta kantung empedu.

Jadi itulah tadi sedikit wawasan mengenai sistem otot berikut fungsi dan cara bekerjanya. Jika sudah tahu bahwa fungsi otot itu penting, maka mari jaga tubuh sebaik-baiknya agar kinerja sistem ototnya tetap maksimal.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Muscular System - Muscles of the Human Body. Innerbody.com. (Accessed via: https://www.innerbody.com/image/musfov.html)
What Are the Functions of the Muscular System?. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/functions-of-the-muscular-system)
11 functions of the muscular system: Diagrams, facts, and structure. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321617)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app