Apa Saja Penyebab dan Penanganan Plak Pada Gigi?

Bakteri yang hidup di gigi memakan sisa makanan ini, menghasilkan asam sebagai akibatnya. Setelah beberapa lama, asam ini akan menghancurkan enamel gigi Anda, menyebabkan pembekuan gigi. Plak juga bisa terbentuk di akar gigi di bawah gusi dan menyebabkan kerusakan pada tulang yang menyokong gigi.
Dipublish tanggal: Agu 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Saja Penyebab dan Penanganan Plak Pada Gigi?

Apakah Anda pernah menyadari bahwa setelah pembersihan gigi, gigi Anda terlihat mengkilap dan putih, tetapi setelah beberapa lama gigi Anda terlihat lebih kusam dan kuning? 

Warna kekuningan itu muncul akibat dari plak, plak adalah cairan seperti film yang dibentuk oleh bakteri. Plak terakumulasi pada gigi Anda baik di atas maupun di bawah garis gusi Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Scaling And Stain Removal (Pembersihan Karang Gigi Dan Noda Gigi) Dengan Ultrasonic Scaler Dan Polisher Di Airis Dental Clinic

Scaling merupakan prosedur untuk membersihkan dan menghilangkan karang gigi dengan cara melepaskan ikatan antara karang dengan permukaan gigi menggunakan ultrasonic scaler. Stain removal merupakan prosedur untuk menghilangkan noda gigi yang berwarna kuning-kehitaman dengan scaler dan polisher.

Scaling and stain removal %28pembersihan karang gigi dan noda gigi%29   dengan ultrasonic scaler dan polisher   di airis dental clinic

Anda mungkin tidak bisa melihat dengan jelas, tetapi, plak bisa merusak gigi dan gusi Anda jika tidak dibersihkan.

Apa yang menyebabkan plak dan apakah itu berbahaya

Plak terbentuk ketika makanan yang mengandung karbohidrat (gula dan pati), seperti susu, soft drink, kismis, kue, atau permen biasanya tertinggal di gigi Anda. 

Bakteri yang hidup di gigi memakan sisa makanan ini, menghasilkan asam sebagai akibatnya. Setelah beberapa lama, asam ini akan menghancurkan enamel gigi Anda, menyebabkan pembekuan gigi. 

Plak juga bisa terbentuk di akar gigi di bawah gusi dan menyebabkan kerusakan pada tulang yang menyokong gigi.

Cara terbaik untuk menghilangkan plak

Cara terbaik untuk menghilangkan plak adalah dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari.

 Anda harus menggunakan sikat gigi yang lembut yang harus Anda ganti setiap tiga sampai empat bulan, ketika bulu sikatnya mulai mengembang. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Gigi di Brillo Dental Care (Buy 1 Get 1)

Pembersihan gigi rutin dilakukan untuk menghilangkan kotoran, plak, dan karang gigi agar lebih sehat dan kuat, menghilangkan noda, mengurangi bau mulut, dan mengurangi radang gusi. Paket ini tidak termasuk obat dan berlaku untuk 1x pemakaian.

Pembersihan gigi di brillo dental care %28pay 1 get 2%29

Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan sikat gigi elektrik, yang lebih efektif dalam menghilangkan plak daripada sikat gigi biasa.

Floss sebelum menyikat gigi untuk mengeluarkan sisa makanan sehingga Anda bisa menyikatnya. Cara melakukan flossing pada gigi Anda:

  1. Ambillah sekitar 18 inci floss, melingkari salah satu ujung tiap jari tengah Anda.
  2. Peganglah floss di antara jempol Anda dan jari telunjuk, kemudian secara perlahan dorong dan floss di antara kedua gigi Anda.
  3. Gerakkan floss dalam dalam bentuk C pada salah satu sisi gigi.
  4. Gosokkan floss ke arah atas dan bawah secara perlahan, lanjutkan menekan floss berlawanan arah dengan gigi Anda. Berhati-hatilah untuk tidak memutuskan atau menyangkutkan floss.
  5. Ulangi proses ini pada semua gigi Anda, lakukan flossing di gigi bagian belakang Anda juga.

Setelah Anda melakukan flossing, Anda harus menyediakan waktu dua menit menyikat gigi setiap kali. Untuk menggosok gigi Anda:

  1. Berikan pasta gigi seukurang biji jagung pada sikat gigi Anda. Untuk anak-anak, jumlah pasta gigi harus sekitar seukuran beras.
  2. Peganglah sikat gigi Anda dengan sudut 45 derajat terhadap gusi Anda.
  3. Gerakkan sikat gigi Anda maju dan mundur dalam gerakan pendek dan lembut dengan lebar yang sama dengan setiap gigi Anda.
  4. Sikatlah semua permukaan bagian luar, bagian dalam, dan permukaan pengunyah gigi Anda, dan jangan lupa lidah Anda.
  5. Pada bagian dalam gigi bagian depan Anda, balikkan sikat gigi Anda secara vertikal dan membuat gosokan kecil ke atas dan ke bawah.

Sayangnya, plak terakumulasi kembali secara cepat setelah digosok. Beberapa ahli merekomendasikan perawatan di rumah untuk menghilangkan penumpukan plak.

Hal ini temasuk menghilangkan minyak dan perawatan dengan baking soda.

Penghilangan minyak

Pengangkatan minyak, biasanya dengan minyak kelapa dan minyak zaitun, di sekitar mulut Anda akan memperkuat gigi Anda, mencegah pembusukan gigi, meringankan sakit pada gusi, dan menghilangkan plak.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi, Polishing dan Pemeriksaan Intraoral Camera At Tooth's Kingdom Dental Care

Karang Gigi merupakan penumpukkan plak yang sifatnya keras dan menempel pada gigi, bahkan akibat plak yang terlalu keras bisa melapisi gigi dengan lapisan berwarna kuning coklat hingga hitam . Pembersihan Karang Gigi biasanya di lakukan pada waktu 6 bulan sekali atau dalam 1 tahun 2 kali

Pembersihan karang gigi   polishing   pemeriksaan intraoral camera at tooth's kingdom dental care

Untuk melakukan pengangkatan minyak, Anda harus berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun di mulut Anda selama 20 hingga 30 menit (lebih lama daripada berkumur menggunakan obat kumur biasa). 

Minyak kelapa dipercaya bermanfaat karena mengandung asam lemak seperti asam lauric, zat dengan efek antiinflamasi dan antimikroba.

Baking soda

Peneliti menemukan bahwa orang yang menyikat gigi mereka dengan pasta gigi yang mengandung baking soda akan menghilangkan plak lebih banyak dan mencegah pertumbuhan plak selama 24 jam ke depan. 

Daripada orang-orang yang menyikat giginya dengan pasta gigi yang tidak mengandung baking soda.

Baking soda merupakan solusi yang efektif dalam menghilangkan plak karena baking soda merupakan pembersih alami dan bersifat abrasif, yang berarti baking soda merupakan zat yang baik untuk penggosokan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What High Heels Are Really Doing to Your Body. Health.com. (https://www.health.com/mind-body/what-high-heels-are-really-doing-to-your-body)
How Wearing High Heels Can Actually Be Good for You...Until It's Not. Health.com. (https://www.health.com/condition/pain/high-heels-foot-problems)
Why High Heeled Shoes Are So Bad for You. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/high-heeled-shoes-bad-for-the-body-1337771)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Kenali Penyebab dan Penanganan Pada Tartar Gigi
Kenali Penyebab dan Penanganan Pada Tartar Gigi

Menghilangkan tartar akan membutuhkan bantuan profesional, tetapi ada cara-cara yang bisa Anda lakukan disamping melakukan flossing dan menyikat gigi secara rutin, yang mengurangi jumlah plak di mulut Anda dan mengontrol penumpukan tartar. Hal tersebut antara lain:

Buka di app