Apa Hubungan Merokok dengan Skizofrenia?

Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 6, 2019 Waktu baca: 2 menit
Apa Hubungan Merokok dengan Skizofrenia?

Selama ini kebiasaan merokok selalu dihubungkan dengan masalah kesehatan yang terus mengintai. Sebut saja seperti penyakit kanker, penyakit jantung hingga impotensi

Namun ternyata masih belum banyak yang tahu bahwa kebiasaan merokok ini juga berpengaruh terhadap kejiwaan termasuk di dalamnya adalah skizofrenia. Benarkah itu? Berikut ini penjelasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Apa Itu Skizofrenia?

Hal pertama yang mesti Anda ketahui terlebih dulu tentunya adalah definisi dari skizofrenia ini sendiri. Soalnya tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang belum tahu tentang definisi sesungguhnya dari penyakit skizofrenia ini. 

Sederhananya, penyakit skizofrenia adalah penyakit yang membuat seseorang kesulitan untuk bisa membedakan kenyataan dan khayalan.

Kondisi satu ini juga berhubungan langsung dengan kemampuan psikis dan psikologis yang mereka miliki. Penyakit ini juga seringkali membuat penderita mengalami halusinasi yang cukup sering.

Semakin lama, halusinasi tersebut akan semakin mengganggu dan membuat penderitanya semakin kesulitan membedakan dengan kenyataan.

Gejala yang Dimunculkan dari Skizofrenia

Setelah Anda mengetahui definisi dari penyakit ini maka hal berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui gejala yang ditimbulkannya. Soalnya dengan mengetahui hal ini maka Anda bisa lebih berhati-hati nantinya. 

Gejala tersebut diawali dengan respon emosional seseorang yang terlihat ganjil dan juga terlihat tidak seperti kebanyakan orang normal lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Gejala berikutnya yang mungkin sekali untuk diperlihatkan adalah korban akan kesulitan untuk bisa menunjukan wajah yang senang maupun wajah gembira. Selain itu, hal ini juga akan dibarengi dengan keengganan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Biasanya mereka memutuskan untuk mengurung dirinya di kamar saja dalam waktu yang sangat lama.

Kehilangan minat secara mendadak juga bisa dijadikan gejala seseorang sedang mengalami skizofrenia. Kehilangan minat ini terlihat dari mereka yang enggan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Bahkan mereka juga kehilangan minat akan bakat maupun hal-hal lainnya yang biasanya malah akan sangat mereka sukai. Apabila sudah terjadi maka sebaiknya waspada.

Sedangkan untuk gejalanya yang terakhir adalah mereka akan sangat tidak peduli terhadap penampilannya dirinya lagi. Terutama terhadap kebersihan diri yang mereka miliki. 

Kondisi tersebutlah yang membuat mereka tetap nyaman meskipun terlihat berantakan dan juga kotor. Soalnya bisa dibilang, pikiran mereka sudah sampai pada tahap terganggu.

Ketahui Hubungan Skizofrenia dengan Merokok

Sekarang waktunya bagi Anda untuk mengetahui hubungan antara skizofrenia dengan kebiasaan merokok itu sendiri. Perlu diketahui bahwa ada dua anggapan besar tentang hubungan antara skizofrenia dengan kebiasaan merokok. 

Anggapan yang pertama adalah bahwa kebiasaan merokok ini ternyata mampu menyembuhkan penyakit skizofrenia yang diidap oleh seseorang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Anggapan ini tidak lepas karena ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan nikotin yang dimiliki di dalam rokok nyatanya mampu memperbaiki otak. Terutama otak yang rusak karena gejala skizofrenia itu sendiri. 

Lantas anggapan berikutnya adalah kebiasaan merokok ini nyatanya menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit skizofrenia ini.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh jurnal Lancet Psychiatry yang menjelaskan bahwa orang yang memiliki kebiasaan merokok maka tingkat skizofrenia bisa tiga kali lipat dari orang yang tidak merokok. Jadi mana yang bisa dipercaya? 

Ada baiknya karena belum ada kepastian maka Anda menghindari rokok ini terlebih dulu. Apalagi mengingat bahaya rokok itu untuk kesehatan.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang hubungan antara skizofrenia dengan kebiasaan merokok. Semua informasi tersebut tentunya bisa dijadikan pertimbangan tersendiri bagi Anda sebelum melanjutkan kebiasaan merokok. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Scott, James & Matuschka, Lori & Niemelä, Solja & Miettunen, Jouko & Emmerson, Brett & Mustonen, Antti. (2018). Evidence of a Causal Relationship Between Smoking Tobacco and Schizophrenia Spectrum Disorders. Frontiers in Psychiatry. 9. 607. 10.3389/fpsyt.2018.00607. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/329063475_Evidence_of_a_Causal_Relationship_Between_Smoking_Tobacco_and_Schizophrenia_Spectrum_Disorders)
Smoking and schizophrenia. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19794359)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app