GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Aliskiren: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Sep 29, 2020 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Aliskiren adalah obat golongan renin inhibitor yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi
  • Aliskiren tersedia dalam bentuk tablet dengan berbagai merek dan bisa dibeli dengan menggunakan resep dokter
  • Aliskiren tidak boleh digunakan oleh anak di bawah usia 6 tahun, ibu hamil, ibu menyusui, atau wanita yang sedang berencana hamil
  • Dosis umum Aliskiren adalah 1 x sehari 1 tablet 150 mg. Dosis bisa ditingkatkan hingga 300 mg 1 kali sehari (jika tekanan darah tidak terkontrol)
  • Klik untuk mendapatkan Aliskiren atau obat hipertensi lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Aliskiren adalah obat golongan renin inhibitor yang biasa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Aliskiren terbukti mampu menurunkan tekanan darah baik sebagai obat tunggal maupun bila digunakan bersama dengan tambahan obat anti hipertensi lainnya.

Obat Aliskiren bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak di atas usia 6 tahun yang mengalami tekanan darah tinggi. Penggunaan obat hipertensi seperti Aliskiren ditujukan untuk mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke maupun serangan jantung (infark miokard)

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengenai Aliskiren

Golongan

Obat resep 

Kemasan

Tablet 150 mg dan 300 mg

Kandungan

Aliskiren 

Manfaat Aliskiren

Aliskiren digunakan untuk mengatasi hipertensi, yaitu tingginya tekanan darah yang berada di atas batas normal (120/80 mmHg). Cara kerja obat Aliskiren adalah dengan menghambat renin yang berfungsi mengurangi zat kimia pada tubuh yang berisiko mempersempit pembuluh darah sehingga meningkatkan tekanan darah. 

Karena jika tekanan darah tinggi tidak segera ditangani, maka beban kerja jantung dan pembuluh darah menjadi berat dan bisa mengganggu fungsi kerja jantung. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah otak, jantung, dan ginjal. Bahkan menyebabkan munculnya penyakit stroke, gagal jantung, serta gagal ginjal.

Kontraindikasi

Aliskiren tidak boleh digunakan oleh orang dengan kondisi berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Hipersensitif terhadap Aliskiren atau obat hipertensi lainnya
  • Anak-anak di bawah usia 6 tahun
  • Ibu hamil, ibu menyusui, atau wanita yang sedang berencana hamil
  • Penderita gangguan fungsi ginjal, diabetes dan gagal jantung
  • Pasien yang sedang mengonsumsi obat diuretik ataupun diet rendah garam

Dosis Aliskiren

Dosis Aliskiren bisa berbeda-beda antar pasien. Hal ini bergantung dari usia, jenis kelamin, serta tingkat keparahan penyakit. Ikuti petunjuk dokter dan aturan pakai yang tertera pada kemasan. 

Dosis Aliskiren yang umum digunakan adalah 1 kali sehari 1 tablet 150 mg. Dosis bisa ditingkatkan hingga 300 mg 1 kali sehari (jika tekanan darah tidak terkontrol). 

Aliskiren bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makanan dan sebaiknya diminum pada jam yang sama setiap hari untuk mendapatkan efek maksimal. Manfaat obat mungkin memerlukan waktu hingga 2 minggu sejak penggunaan awal, sehingga Anda juga perlu melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur.

Efek samping Aliskiren

Sama seperti obat lain, penggunaan Aliskiren juga dapat menimbulkan efek samping. Akan tetapi, reaksinya bisa jadi berbeda-beda, tergantung dari dosis obat, usia, dan kondisi kesehatan masing-masing orang.

Sejumlah efek samping Aliskiren, antara lain:

  • Batuk
  • Sakit kepala
  • Diare atau konstipasi
  • Mengantuk, kelelahan
  • Mual atau muntah
  • Berat badan menurun
  • Ruam pada kulit

Bila tanda efek samping maupun reaksi alergi terjadi, segera hentikan penggunaan obat dan periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Interaksi obat

Potensi interaksi obat bisa terjadi ketika Aliskiren digunakan bersamaan dengan obat lain yang dapat mengubah cara kerja obat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui seluruh kandungan obat yang sedang dikonsumsi dan beritahu dokter sebelum penggunaan Aliskiren.

Obat-obatan yang dapat berinteraksi dengan Aliskiren, di antaranya:

  • Obat jantung atau tekanan darah lain, seperti: Irbesartan, Benazepril, Azilsartan
  • Obat Itraconazole, Siklosporin, dan Quinidine
  • Obat diuretik atau pil air karena dapat meningkatkan risiko hiperkalemia
  • Obat NSAID, seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, diclofenac

Hindari pula mengonsumsi minuman beralkohol serta makanan yang mengandung lemak tinggi karena dapat menghambat penyerapan obat Aliskiren.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan Aliskiren adalah sebagai berikut:

  • Beritahu dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, terutama masalah ginjal, penyakit diabetes ataupun jantung
  • Beritahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kandungan obat tertentu, seperti obat jantung maupun obat hipertensi
  • Ibu hamil dilarang menggunakan obat Aliskiren karena berisiko kematian pada bayi terutama di trimester kedua atau ketiga kehamilan
  • Anak-anak di bawah usia 6 tahun dan ibu menyusui sebaiknya tidak menggunakan obat Aliskiren 

Artikel terkait:


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app