Kehamilan

Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Kehadiran si buah hati tentunya menjadi kabar yang paling membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri baik yang baru saja menikah ataupun yang telah lama menikah. Sehingga itu ketika is istri diketahui positif hamil, maka apapun yang terbaik akan dilakukan dan diberikan bagi si ibu dan janin yang dikandungnya. 

Selama masa kehamilan, banyak sekali mitos dan cerita yang beredar mengenai beberapa jenis makanan dan minuman yang konon katanya bila dimakan atau diminum akan membawa efek yang tidak baik untuk janin yang dikandung dan sebagainya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Salah satu mitos yang banyak beredar di kalangan ibu hamil ialah meminum air kelapa muda akan membuat si ibu keguguran. Nah apakah mitos ini benar? Bila tidak, baikkah air kelapa muda untuk para ibu hamil? Yuk simak jawabannya di artikel satu ini.

Air kelapa muda

Air kelapa muda ialah air yang dihasilkan oleh buah kelapa dan kenikmatan rasanya tentu tak perlu kamu ragukan lagi. Banyak mitos yang mengatakan bahwa mengkonsumsi air kelapa muda dapat membuat janin keguguran. 

Nah apakah mitos itu benar? Jawabannya ialah tidak benar. Air kelapa muda muda sendiri ialah minuman yang mengandung elektrolit, klorida, magnesium, potasium, gula, protein, kalsium, mangan, vitamin C dan riboflavin

Kandungan air kelapa muda yang kaya akan mineral ini tentunya akan sangat baik bila dapat dikonsumsi rutin oleh para ibu hamil.

Manfaat air kelapa muda muda untuk ibu hamil

Ada banyak manfaat yang dapat diterima oleh ibu hamil yang rajin mengkonsumsi air kelapa muda seperti diantaranya ialah:

  • Sebagai Elektrolit Alami Tubuh
    Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa air kelapa muda mengandung banyak sekali mineral yang bak bagi tubuh dan dapat berfungsi sebagai elektrolit tubuh yang berguna untuk mengembalikan cairan tubuh yang menghilang. 

    Kondisi tubuh ibu hamil cenderung lebih mudah merasa lelah, sehingga meminum air kelapa muda muda yang kaya akan eletrolit dapat membantu tubuh si ibu hamil dalam mengembalikan cairan yang hilang tersebut. 

    Air kelapa muda juga baik untuk mengatasi rasa mual, muntah, sakit kepala, dan keram yang biasa menyerang ibu hamil. Selain itu air kelapa muda mampu mengurangi adanya kontraksi pada otot si ibu hamil.
  • Mencegah Sembelit
    Pada ibu tubuh hamil umumnya tubuh akan menghasilkan hormon progesteron yang lebih banyak dari sebelum hamil. Hal ini dapat membuat para ibu hamil terkena sembelit. 

    Sembelit juga merupakan masalah yang wajar terjadi pada ibu hamil karena biasanya ibu hamil akan diberikan suplemen penambah zat besi dan ini berdampak pada mudahnya ibu hamil merasakan sembelit.

    Dengan rutin meminum air kelapa muda yang mengandung serat alami di dalamnya, maka akan sangat membantu permasalahan sembelit yang sering dikeluhkan oleh para ibu hamil.  
  • Sebagai Diuretik Alami
    Serat alami pada kelapa terbukti secara klinis mampu melancarkan proses BAB dan menjaga saluran pencernaan agar dapat berfungsi dengan baik.

    Air kelapa muda muda terbukti juga mampu berperan sebagai diuretik alami yang mampu membantu tubuh si ibu hamil dalam memperlancar pembuangan urin, membersihkan saluran air kemih, dan mencegah terjadinya infeksi pada saluran air kemih ibu hamil.
  • Mencegah Virus dan Bakteri
    Menurut penelitian yang dilakukan oleh berbagai badan kesehatan dunia,air kelapa muda juga mengandung asam laurat yang mampu membantu tubuh dalam melawan penyakit akibat adanya virus dan bakteri sehingga dengan minum air kelapa muda maka para ibu hamil mampu mencegah penyakit datang ke dalam tubuh secara mudah.
  • Menurunkan Tekanan Darah
    Bagi setiap ibu hamil, tekanan darah tinggi merupakan hal yang dilarang adanya karena akan mengganggu kesehatan si ibu hamil dan membuat ibu hamil sulit untuk melahirkan secara normal.

    Oleh sebab itu, mengkonsumsi air kelapa muda muda dengan teratur terbukti mampu membantu para ibu hamil dalam menurunkan tekanan darahnya. Ini disebabkan kandungan potassium yang terdapat pada air kelapa muda yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Nah masih banyak manfaat lainnya yang bisa dberikan untuk para ibu hamil yang rajin mengkonsumsi air kelapa muda muda. Oleh sebab itu buat kamu para bumil, jangan ragu lagi yuk dalam mengkonsumsi air kelapa muda muda.  

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What are the benefits of drinking coconut water during pregnancy?. BabyCenter India. (Accessed via: https://www.babycenter.in/x1019315/what-are-the-benefits-of-drinking-coconut-water-during-pregnancy)
The Pregnancy Superfood You Need To Try NOW. Parents. (Accessed via: https://www.parents.com/pregnancy/everything-pregnancy/the-pregnancy-superfood-you-need-to-try-now/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app