Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Agrimony : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 921.547 orang

Agrimony ( agrimonia eupatoria ) merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat ditemukan sepanjang belahan bumi bagian utara. Tanaman ini juga dapat ditemukan disekitar Afrika dan dipercaya dapat digunakan sebagai obat selama ratusan tahun.

Meskipun masih ada beberapa manfaatnya yang dipertanyakan, selama ratusan tahun tersebut, sudah banyak herbalist yang menggunakan Agrimony sebagai sarana pengobatan.

Beberapa nama lain yang sering orang gunakan dalam menyebut tanaman ini meliputi liverwort, cockleburr, dan sticklewort.

Anda dapat menemukan tanaman ini dengan mengidentifikasi bunga yang berwarna kuning yang dimiliki tanaman ini.

Pada zaman dahulu Agrimony sering digunakan dalam bermacam-macam campuran obat herbal. Daun dan bunganya memiliki zat yang dapat digunakan tubuh sebagai sarana detoxifying, astringent, coagulating, dan anti-inflamasi.

Manfaat penggunaan Agrimony

Mengkonsumi Agrimony sebagai sarana pengobatan alternatif tentunya memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Secara tradisional Agrimony telah digunakan sebagai zat yang memiliki manfaat detoxifying, astringent, coagulating, dan anti-inflamasi bagi tubuh.

Agrimony juga digunakan untuk menangani :

  1. Tenggorokan gatal
  2. Sakit perut
  3. IBS
  4. Diabetes
  5. Gallbladder disorders
  6. Corns
  7. Warts

Tidak hanya itu, Agrimony juga dapat diaplikasikan di kulti sebagai astringent bagi kulit yang mengalami inflamasi.

Dosis penggunaan Agrimony

Dosis penggunaan Agrimony akan bervariasi tergantung dari bentuk dari pengobatan yang akan dilakukan.

  1. Daun dari tanaman ini dapat dijadikan larutan yang dapat diminum dengan dosis 3-5 mililiters dalam 1 gelas, yang digunakan setiap 2 sampai 3 jam. Kurangi dosis jika gejala sudah mereda
  2. Sebagai water infusion dosis yang direkomendasikan ialah 2-4 gram 3 kali sehari
  3. Dosis yang direkomendasikan dalam meminum teh Agrimony ialah 1 sendok teh dengan 8 ons air setiap 2 sampai dengan 3 jam untuk gejala yang sudah tergolong akut.
  4. Dan sebagai tapal, Agrimony dapat diaplikasikan beberapakali dengan ekstrak air sebanyak 10%

Tidak disarankan untuk menggunakan Agrimony pada wanita yang sedang mengandung atau menyusui karena akan mempengaruhi siklus menstruasi mereka. Dan hindari penggunaan terhadap anak-anak karena belum ada penelitian lebih lanjut mengenai efeknya kepada mereka.

Tata cara penggunaan Agrimony

Agrimony dapat Anda gunakan dalam bentuk water infusion atau diseduh menjadi teh yang dapat diminum selagi hangat untuk merasakan manfaatnya.

Tanaman ini juga dapat dibuat menjadi ekstrak yang nantinya dapat dicampurkan kedalam air sesuai dosisnya untuk menangani penyakit Anda.

Efek samping dari penggunaan Agrimony

Agrimony jika digunakan secara tepat dan melalui pengawasan medis yang benar tentu saja akan memberi efek baik bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, tetap ada efek samping yang dapat terjadi akibat satu alasan atau lain.

Pengkonsumsian Agrimony yang terlalu banyak dapat menjadi berbahaya karena kandungan tannin yang dimilikinya.

Beberapa efek samping yang dapat timbul berupa :

  1. Menurunkan tekanan darah
  2. Photodermatitis
  3. Gastrointestinal upsetting
  4. Meningkatkan resiko kanker esophageal
  5. Meningkatkan resiko pendarahan
  6. Nephrotoxicity

Perhatian dan peringatan

Meskipun Agrimony memiliki efek positif sebagai pengobatan alternatif bagi keluhan Anda, Anda tetap harus memperhatikan hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam mengkonsumsi herbal ini.

Sangat disarankan untuk menghentikan pengkonsumsian Agrimony bagi Anda yang akan menjalankan operasi, paling tidak 2 minggu sebelum tanggal operasi Anda.

Serta setelah penggunaan dari herbal Acai, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp