Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Aga: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 9, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.053.031 orang

Aga (amanita muscaria) merupakan salah satu jenis jamur yang tumbuh di tempat yang memiliki banyak pasir dan tanah yang bersifat asam. Jamur dengan pileus berwarna merah dan titik-titik putih disekitarnya ini memiliki nama lain “fly agaric”, nama ini muncul karena kandungan ibotenic dan muscimol yang dimilikinya bersifat beracun bagi lalat rumahan.

Anda dapat menemukan Aga mulai dari warna merah terang, jingga, kuning, hingga putih. Jamur ini dapat tumbuh di tempat dengan suhu yang cukup bermacam-macam. Dari suhu paling dingin seperti di kutub sampai dengan daerah tropis sekalipun.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jamur ini sudah dikenal dengan sifatnya yang sangat beracun. Senyawa asam ibotenat dan muscimol didalamnya memiliki sifat halusinogen dan psikoaktif.

Saking beracunnya, penghisapan essence jamur ini dalam kurun waktu 2 sampai dengan 3 jam, dapat menyebabkan diare, vertigo, muntah, sampai dengan koma.

Namun beberapa suku di Siberia menggunakan Aga sebagai alternatif dari alkohol sebelum Rusia mengenalkan apa itu minuman keras terhadap mereka. Orang-orang Siberia tersebut akan mengumpulkan jamur ini, dikeringkan, kemudian langsung dikonsumsi secara utuh atau dibarengi dengan susu rusa untuk memberi rasa manis. 

Meskipun begitu, praktik ini sudah tidak dilakukan lagi oleh suku tersebut mengetahui bahaya dari jamur ini.

Manfaat penggunaan Aga

Disamping racun berbahaya yang dikandungnya, Aga juga memiliki sifat hallucinogen yang dapat digunakan untuk mengobati. Sebagai hallucinogen, peminuman larutan Aga dapat digunakan untuk menangani :

  1. Sakit syaraf
  2. Demam
  3. Kegelisahan
  4. Alcohol poisoning
  5. Sakit sendi

Dosis penggunaan Aga

Dalam menentukan dosis penggunaan Aga, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Konsentrasi alkaloids yang dimiliki oleh jamur ini bervariasi tergantung dari ketinggian dan ekosistem jamur ini tumbuh.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Oleh karena itu, dosis yang tepat menjadi cukup sulit untuk ditentukan. Oleh karena itu, jika Anda membeli suplemen yang mengandung Aga, Anda dapat mengikuti instruksi yang telah disediakan dari panduan penggunaan suplemen tersebut.

Atau Anda dapat langsung datang ke dokter terdekat yang Anda percaya, sebagai profesionnal yang dapat membantu Anda dalam menentukan takaran penggunaan Aga.

Hindari penggunaan Aga kepada anak, ibu hamil, dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena belum ada bukti penelitian lebih lanjut tentang efeknya terhadap mereka.

Efek samping penggunaan Aga

Melalui pengawasan medis yang tepat pengkonsumsian jamur ini tentunya dapat membawa efek positif bagi Anda yang mengkonsumsinya. Namun, tetap ada efek samping yang masih dapat timbul akibat satu alasan atau yang lain.

Muscimol dan ibotenic acid memiliki efek psikotropika. Setelah peminuman, biasanya diperlukan 2 sampai dengan 3 jam untuk mencapai efek maksimum, dengan durasi 6 sampai dengan 8 jam.

Beberapa efek samping yang dapat timbul seiring pengkonsumsian Aga ialah :

  1. Rasa pusing yang kuat
  2. Mengantuk
  3. Delirium
  4. Menjadi linglung
  5. Kematian

Perhatian dan peringatan

Aga memiliki konsentrasi selenium yang cukup tinggi didalamnya. Dengan mengkonsumsi Aga, Anda juga dapat meningkatkan konstentrasi selenium didalam tubuh. Percobaan mengenai peningkatan level selenium ini sudah dibuktikan pada hewan, namun bukti kongkrit kenaikan selenium belum terlihat pada manusia.

Serta setelah penggunaan dari Aga, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp