8 Manfaat Minum Air Putih 8 Gelas dalam Sehari

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Manfaat Minum Air Putih 8 Gelas dalam Sehari

Mengkonsumsi banyak air putih setiap harinya tidak hanya membantu tubuh terhidrasi saja, akan tetapi air putih juga bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh, maka manusia disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 2-liter atau 8 gelas setiap harinya.

Meskipun Anda mengkonsumsi berbagai jenis minuman dengan rasa dan warna apapun, namun Anda tetap diharuskan untuk mengkonsumsi air putih. Karena memang air putih tidak hanya mengatasi rasa haus Anda, akan tetapi air putih juga memiliki banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika dikonsumsi secara rutin setiap harinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berikut ini manfaat yang akan Anda dapatkan, diantaranya:

Air putih dapat mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan dapat diatasi melalui air putih yang Anda konsumsi, salah satunya yaitu penyakit sembelit. Apabila tubuh Anda kurang air putih maka akan menimbulkan penyakit sembelit. Tubuh yang terpenuhi air putih dengan baik, juga akan membantu asupan makanan yang dicerna nya masuk dalam usu dengan sangat mudah.

Air putih sangat bagus untuk Anda yang sedang diet

Air putih dapat berguna untuk mengendalikan kalori yang Anda konsumsi, dengan demikian, air putih sangat tepat dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, karena air putih dapat menurunkan berat badan dalam waktu yang lebih cepat. Air putih dapat dijadikan sebagai pengganti minuman berkalori.

Air putih dapat membangkitkan otot

Otot tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar bisa mempertahankan elektrolit nya. Namun jika otot kekurangan cairan, maka otot akan mengalami kelelahan

Jika otot mengalami kelelahan, maka akan berdampak buruk pada kemampuannya dan tidak bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Air putih sangat dibutuhkan, terlebih lagi saat Anda sedang melakukan olahraga.

Air putih untuk memelihara kesehatan ginjal

Ginjal yang terjaga kesehatannya, maka akan terhindarkan dari yang namanya serangan penyakit. Namun jika kondisi ginjal tidak sehat, maka akan berdampak buruk pada kesehatan seseorang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Melalui air putih inilah yang akan melarutkan racun-racun dalam tubuh melalui urine yang dikeluarkan. Dengan demikian, air putih dapat mencegah kerusakan pada ginjal.

Dapat melancarkan makanan yang dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi akan berjalan dengan lancar melewati usus berkat dari air putih yang Anda konsumsi. Secara tidak langsung, air putih berguna untuk mempertahankan fungsi usus. 

Jika pencernaan berjalan dengan lancar, maka akan menghindarkan dari sembelit. Jika Anda kurang air putih, maka akan mengalami kesulitan untuk buang air besar.

Menjadikan kulit tampak bercahaya

Banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan agar kulit tampak lebih cerah. Padahal, mencerahkan kulit tubuh tidak perlu menghabiskan banyak uang. Cukup dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya Anda sudah bisa melihat perubahan yang terjadi pada kulit Anda.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Air putih yang Anda konsumsi dapat melawan dan mengeluarkan racun jahat dalam tubuh. Racun yang dikeluarkan dapat melalui urine, keringat buang air besar dan yang lainnya. Zat-zat dalam tubuh yang mengganggu akan dengan mudah dikeluarkan melalui air putih yang Anda konsumsi.

Kesehatan kulit dapat terjaga sempurna

Kesehatan kulit tubuh berasal dari pola dan gaya hidup yang baik. Jika Anda membiasakan pola gaya hidup mengkonsumsi air putih 8 gelas dalam sehari, kulit akan terjaga kesehatannya.

Air putih menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi agar tubuh terhindarkan dari segala jenis penyakit, terlebih lagi air putih memiliki banyak manfaat seperti yang ada di atas.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Drink 8 Glasses of Water a Day: Fact or Fiction?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/8-glasses-of-water-per-day)
Mayo Clinic Staff. (2017). Water: How much should you drink every day? (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app